7 Bayi Menerima Sakramen Baptis Menjadi Anggota Gereja Katolik

January 27, 2016
7  Bayi Menerima Sakramen Baptis Menjadi Anggota Gereja Katolik

7 Bayi Menerima Sakramen Baptis Menjadi Anggota Gereja Katolik

rm avien      umat

Sakramen Baptis adalah sakramen pertama yang diterima oleh seseorang yang hendak menjadi anggota Gereja Katolik. Hari Sabtu 23 Januari 2016, hari yang berbahagia bagi 7 bayi di Gereja Santo Yoseph Palembang yang akan menerima sakramen baptis. Misa yang dipimpin oleh Romo Avien, Pr di Kapel Santa Faustina, pukul 15.30 WIB dihadiri oleh orang tua, wali dan keluarga para baptisan

Dalam kotbahnya Romo Avien, Pr mengatakan : ” Pembaptisan membebaskan penerimanya dari dosa asal serta semua dosa pribadi dan dari hukum akibat dosa-dosa tersebut, dan membuat orang yang dibaptis itu mengambil bagian dalam kehidupan Tritunggal Allah melalui “rahmat yang menguduskan”. Melalui sakramen baptis seseorang dilahirkan kembali dalam air dan roh “.  Orang tua yang anaknya dibaptis iingatkan karena memiliki tanggung jawab untuk mendidik anaknya untuk menjadi orang baik, takut akan Tuhan, saling mengasihi dan tolong menolong.

sak ok   sak 4

Upacara sakramen baptis bayi untuk bulan Januari 2016 diawali dengan pemberian air suci di atas dahi bayi, dilanjutkan dengan pemberian minyak suci, kain dputih dan lilin bernyala yang melambangkan baptisan baru sudah diterangi oleh Kristus dan harus senantiasa berusaha dalam terang Kristus.

Bapak Nur, pembimbing baptisan mengucapkan selamat bagi para orang tua yang anaknya sudah dibaptis dan terima kasih karena sudah meluangkan waktunya untuk mengikuti pembekalan.

lilin      pak nur

Paroki Santo Yoseph Palembang sendiri sepanjang tahun 2015 sudah memberikan sakramen baptis untuk 180 orang, terdiri dari : 94 bayi dan 86 orang dewasa.

sak 2   sak 1

Leave a Reply


9 + 3 =