Tim MONEV Di Paroki Santo Yoseph Palembang

July 18, 2016
Tim MONEV Di Paroki Santo Yoseph Palembang

Tim MONEV Di Paroki Santo Yoseph Palembang

     monev 3        monev 1       mgr
                    Tim Monev                               Kelompok katekese                 Uskup Agung Palembang

Hari Jumat dan Sabtu, 15 dan 16 Juli 2016  Paroki Santo Yoseph Palembang kedatangan tamu Tim Monitoring dan Evaluasi Keuskupan Agung Palembang yang disambut oleh Pastor Paroki dan anggota DPP Santo Yoseph Palembang. Tim MONEV Keuskupan Agung Palembang terdiri dari :  RP. Felix Astono Atmaja, SCJ, RD. Emmanuel Belo Sede, RD. Anton Sugianto, RP. Harnasa Purba, SCJ, RD. Edi Prasetya dan RD. Slamet Antono sebagai konsultan. Monitoring dan evaluasi  (MONEV) tahap III tetap dilakukan bukan hanya untuk mengevaluasi tetapi juga memberi  animasi tata kelola paroki dalam rangka mewujudkan visi dan misi KAPal.

Pembukaan kegiatan MONEV diadakan pukul 16.00 WIB bertempat di aula gedung serba Paroki Santo Yoseph Palembang dihadiri oleh para romo, frater, bruder, anggota komunitas, karyawan pastoran, dewan harian , seksi pewartaan, liturgi, sosial, sekretaris paroki, katekese, perwakilan prodiakon, perwakilan KAR, wakil komunitas biara, pengurus wilayah dan pengurus lingkungan.

       rm.rakidi         rm.edy        wintoko       rm felix
RD. Rakidi                   RD. Edy P                  Ketua DPP, C. Wintoko                    RP. Felix Astono, SCJ

MONEV yang dilakukan selama 2 hari pada hari Jumat 15 Juli 2016 narasumbernya adalah umat dan romo untuk mendapatkan data, sedangkan Sabtu 16 Juli 2016 tim MONEV bertemu dengan para romo, bruder dan frater.

Dalam kata sambutanya Rm. Laurentius Rakidi, Pr selaku pastor paroki memaparkan gambaran umum tentang Paroki Santo Yoseph Palembang yang berdiri sejak 15 Januari 1967 supaya menjadi masukan bagi tim Monev memperdalam lagi dan menjadi landasan bagi narasumber menjawab pertanyaan dari tim MONEV.

hari  monev 14  monev 13  harmadi            Hari Hartanto                        Yoseph Handoko                        Martinus Ngatimin                          Harmadi

Paroki Santo Yoseph Palembang merupakan hasil  dari pemekaran dari Paroki Hati Kudus Palembang dan menurut data statistic di akhir tahun 2015 jumlah umatnya 6001 jiwa, terbagi dalam 12 wilayah serta 39 lingkungan yang tersebar sebagian di wilayah kecamatan Sukarame, wilayah kecamatan Alang-Alang Lebar,  kecamatan Ilir Barat  1, kecamatan Ilir Timur 1, kecamatan Ilir Timur 1 dn kecamatan Kemuning.

Sampai saat ini Paroki Santo Yoseph Palembang dilayani  oleh 3 pastor terdiri dari :  1 pastor paroki, 1 pastor rekan, 1 pastor yang tinggal di paroki dan 1 frater top. Para pastor dan frater tinggal bersama dalam komunitas pastoran dan  berusaha untuk menghayati kebersamaan yang harmonis,  saling mendukung, saling berbagi sehingga melalui kebersamaan  ini bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk melayani umat dan diharapkan terpancar komunitas rohani yang memancarkan kedamaian serta memberi inspirasi bagi keluarga-keluarga Kristiani dalam menghayati kebersamaan. Di akhir kata sambutannya Rm. Takidi mengatakan “ Diharapkan melalui proses monev  ini banyak masukan yang berguna agar menjadi semakin baik  dan membawa sesuatu yang berguna untuk perkembangan/kemajuan Paroki Santo Yoseph Palembang “.

       monev 15      monev 18      monev 17

Kelompok paguyuban

Sementara itu mewakili tim Monev,  RD. Edy Prasetya,  menyatakan “ Tahun 2014   Santo Yoseph Palembang menjadi  salah satu paroki yang nilainya paling tinggi dari hasil audit dan banyak romo yang belajar ke Santo Yoseph. Melalui MONEV  umat diajak untuk membantu melihat lebih obyektif kondisi Paroki Santo Yoseph saat ini,  seperti apa dan menjadi bagian untuk mewujudkan visi serta misi keuskupan “.

Setelah kata sambutan acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok oleh Ketua DPP C. Wintoko, terdiri dari : Kelompok Liturgi dan katakese/pewartaan di ruang aula serbaguna didampingi oleh RD. Edi Prasetya, kelompok paguyuban di ruang aula paroki 1 bersama RP. Felix Astono Atmaja, SCJ, kelompok harta benda paroki di ruang aula paroki 2 didampingi oleh RD. Anton Sugianto, kelompok administrasi paroki dan DPP di ruang taman maria dengan RP. Harnasa Purba, SCJ dan kelompok keuangan di ruang rapat DPP bersama RD. Emmanuel Belo Sede.

rm anton  monev 16  monev 6  monev 7

RD. Anton Sugianto dan  kelompok harta benda                           RD. Eman dan kelompok keuangan

Kegiatan MONEV berlangsung mulai pukul 17.00 Wib dalam kelompok liturgi dan katakese/pewartaan di ruang aula serbaguna bersama RD. Edi Prasetya berlangsung cukup cepat, para narasumber menjawab semua pertanyaan yang diajukan dan menyampaikan tanggapan yang diajukan, kegiatan berakhir pukul 19.00 Wib.  Uskup Agung Palembang, Mgr. Aloysius, Sudarso, SCJ sempat meninjau kegiatan MONEV di aula serbaguna Santo Yoseph dan memantau kegiatan di ruang sekretariat Paroki Santo Yoseph Palembang. Harnasa Purba, SCJ yang melakukan pemeriksaan di ruang sekretariat Paroki Santo Yoseph Palembang mengajukan pertanyaan kepada 2 orang petugas sekretarian yaitu : Erly dan Yohanes Kosat serta memberi pengarah dan masukan untuk tertib administrasi di Paroki Santo Yoseph Palembang. Kegiatan juga dihadiri oleh Ketua DPP. C. Wintoko, sekretaris DPP Lany Melati dan FX. Suwajib, serta para ketua wilayah dan lingkungan. Seusai melakukan pemeriksaan di sekretariat paroki, RP. Harnasa Purba, SCJ sempat melihat dari dekat ruang DPP dan melakukan foto bersama.

monev 11  sekretariat 1  monev 12 monev 10
RD. Harnasa Purba  dan kelompok administrasi paroki dan DPP                            Uskup memantau kegiatan

Sampai pukul 21.00 Wib 3 kelompok sudah menyelesaikan tugasnya : kelompok liturgy dan katekese/pewartaan, kelompok harta benda, kelompok administrasi paroki dan DPP, 2 kelompok terakhir yang belum selesai, yaitu : kelompok paguyuban dan kelompok keuangan. Hari Sabtu 16 Juli 2016 tim MONEV kembali akan datang untuk bertemu dengan para romo, bruder dan frater, mulai pukul 08.00 WIB.

     arsip 2      arsip 1      foto bareng
        Erly dan Yohanes Kosat            Suasana sekretariat paroki                     Foto bersama

Leave a Reply


1 + 2 =