Penggalangan Dana Pembangunan Gereja Stasi Vinantius Margasakti Bengkulu Utara

August 12, 2016
Penggalangan Dana Pembangunan Gereja Stasi Vinantius Margasakti Bengkulu Utara

Penggalangan Dana Pembangunan Gereja Stasi Vinantius Margasakti Bengkulu Utara

                gereja 9          gereja 6           gereja 5   

Gereja Stasi St. Vinantius Margasakti Bengkulu Utara  sedang dalam tahap pembangunan

Pastor Paroki Santo Yohanes Bengkulu, Rm. Julianus Sukamto, SCJ beserta rombongan selama 2 hari berada di Gereja Santo Yoseph Palembang  dalam rangka penggalangan dana untuk pembangunan  Gereja Stasi St. Vinantius Margasakti Bengkulu Utara. Dalam misa Sabtu sore pukul 17.30 Wib, 6 Agustus 2016 dan hari Minggu 7 Agustus 2016, misa pertama pukul 05.30 Wib, misa kedua pukul 08.30 Wib dan misa ketiga pukul 17.00 Wib, Rm. Julianus Sukamto, SCJ menyampaikan tujuannya datang ke kota Palembang.

Gedung Gereja Stasi St. Vinantius, Unit 1 Kuro Tidur sudah ada sejak tahun 1978, sejalan dengan mulainya program transmigrasi dari pemerintah. Umat Stasi Vinantius Unit 1, pada awalnya, adalah penduduk transmigran yang sebagian besar berasal dari Jawa. Seiring dengan perkembangan waktu, umat mulai bertambah dengan kedatangan para pendatang baik itu karena merantau atau tugas dinas. Gereja yang semula hanya cukup untuk menampung umat Katolik transmigran, dengan bertambahnya para pendatang Katolik, daya tampung gereja tidak memadai lagi maka gereja sempat mengalami perehaban dan penambahan.  

Waktu terus berjalan, gereja sekarang semakin sesak dengan bertumbuhnya anak-anak, para remaja dan kaum muda. Di satu sisi, pertumbuhan ini menggembirakan karena gereja masa depan stasi Vinantius sungguh menjanjikan, namun disisi lain, melihat kondisi struktur kerangka bangunan gereja yang mulai rapuh dimakan waktu ini agak mengkhawatirkan.  Atas kondisi inilah maka direncanakan membangun gedung gereja yang baru. Usaha ke arah sana sudah dilakukan dengan cara mengumpulkan dana dari tiap kepala keluarga setiap bulan yang besarannya bervariasi sesuai dengan kondisi dan kesanggupan kepala keluarga serta mengumpulkan/menabung dari hasil kebun sawit stasi.  (Dikutip : PROPOSAL PEMBANGUNAN GEREJA STASI ST. VINANTIUS UNIT I-KURO TIDUR  KEC. PADANG JAYA-BENGKULU UTARA)

                   gereja 2         gereja 3

Pastor Paroki  Santo Yohanes Bengkulu, Rm. Julianus Sukamto, SCJ  memimpin misa di Gereja Santo Yoseph

Untuk menyediakan tempat beribadah yang layak serta menghidupkan semangat menggereja, maka dimulailah pembangunan gereja/kapel yang memiliki luas 15 X 36 , berlokasi di Unit 1 Kuro Tidur, Kec. Padang Jaya-Bengkulu Utara, umat yang berjumlah 70 KK atau sekitar 400-500 orang bahu membahu selama 3 tahun sejak 2011  mengumpulkan dana untuk penyelesaian pembangunannya tetapi masih belum mencukupi. Gereja yang terlihat indah dan megah jika sudah selesai ini nantinya masih membutuhkan dana  sekitar 300 juta rupiah hingga selesai pembangunannya.  Sebelum berkunjung ke Gereja Santo Yoseph Palembang Rm. Sukamto, SCJ beserta rombongan juga datang ke Gereja Hati Kudus Palembang dan  Gereja Santo Petrus Kenten Palembang untuk menggalang dana.

Dalam pesannya Rm. Julianus Sukamto, SCJ mengatakan “ Terima kasih kepada Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang Rm. Rakidi, Pr, Dewan Pastoral Paroki Santo Yoseph Palembang dan seluruh umat yang sudah berbagi kasih memberikan bantuannya, kami berdoa semoga keluarga anda, saudara sekalian mendapatkan berkah melimpah dalam hidup, selalu diberi kedamian serta ketentraman dan rezeki berlimpah.”

gereja 12

Rm. Sukamto dan rombongan foto bersama dengan

Bendahara I DPP Santo Yoseph Palembang, Isedora Maria Herni Ishak

Bagi anda yang ingin menyumbang dana bagi pembangunan Gereja St. Vinantius bisa mengisi amplop yang sudah dibagikan atau dapat mengirimkannya lewat BRI SIMPEDES cabang Argamakmur Bengkulu Utara dengan No.Rekening : 5583-01-005651-536 a.n Gereja Katolik Stasi St.Vinansius Margasakti Padang Jaya, Bengkulu Utara

 

Leave a Reply


2 + 5 =