Ziarah Pintu Suci Umat Wilayah 11 dan 12 Paroki Santo Yoseph Palembang

October 26, 2016
Ziarah Pintu Suci Umat Wilayah 11 dan 12 Paroki Santo Yoseph Palembang

ziarah-1      rekoleksi-10      anak-1

Umat  mengikuti rekoleksi dan ziarah pintu suci

Untuk mengisi Tahun Yubelium Luar Biasa “ Belas Kasih Allah “ dan memeriahkan  HUT Emas Paroki Santo Yoseph Palembang diadakan kegiatan Ziarah Pintu Suci (Porta Sancta) yang dimulai tanggal 21 Mei 2016 dan  terakhir diadakan untuk umat wilayah 11 dan 12, hari Sabtu 22 Oktober 2016, pukul 08.30 Wib di Gereja Katedral Santa Maria Palembang diikuti oleh 129 orang terdiri dari : murid-murid SD. Xaverius 5, umat Paroki Katedral Santa Maria serta umat wilayah 11 dan 12 Paroki Santo Yoseph Palembang.

Acara diawali dengan rekoleksi yang dibawakan oleh RD. Vinsensius Setiawan Triatmojo yang mengambil tema “ Tahun Yubelium Cinta Kasih / Kerahiman “. Setelah materi selasai umat diberi kesempatan untuk bertanya dan ada beberapa orang yang berpartisipasi hingga pukul 10.00 Wib dilanjutkan dengan acara Sakramen Tobat yang dipimpin oleh Rm. Avien, Pr. Umat satu persatu mulai memasuki ruang pengakuan yang dilayani oleh 6 orang pastor sampai pukul 12.00.

rm-avien         ziarah-2      rm-1

RD. Avien memimpin rekoleksi                      Umat mengikuti rekoleksi sebelum ziarah

Sesudah semua umat melakukan sakramen tobat, kemudian berkumpul di depan pintu suci dan disambut oleh Pastor Paroki Gereja Katedral Santa Maria Palembang, RD. Simon Margono. Kemudian umat mulai memasuki pintu suci dengan berlutut terlebih dahulu dan berdoa sejenak, setelah itu mengikuti perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RD. Simon Margono didampingi oleh RD. Tugiyo dan RD. Yustinus.

Masih ada kesempatan umat yang ingin melakukan ziarah karena ziarah pintu suci terakhir akan dilaksanakan hari Sabtu 19 Nopember 2016 di Gereja Katedral Santa Maria Palembang mulai pukul 08.30 Wib dan misa penutupan Tahun Yubelium Belas Kasih/Kerahiman  akan dilaksanakan hari Minggu 20 Nopember 2016.

rekoleksi-3      rekoleksi-6      rekoleksi-5

Umat bertanya dalam rekoleksi ziarah pintu suci

Pelaksanaan Ziarah mempunyai tempat istimewa dalam Tahun Suci ini karena menggambarkan perjalanan hidup setiap orang di bumi ini. Ketika berziarah kita meninggalkan kesibukan sehari-hari dan berjalan menuju tempat tujuan tanah air surgawi. Tahun Yubelium Luar Biasa “ Belas Kasih Allah “ yang dimulai tanggal 8 Desember 2015 akan berakhir 20 Nopember 2016 dan ziarah yang dilakukan dalam tahun ini adalah ziarah pertobatan yang akan menjadi tanda bahwa belas kasihan merupakan tujuan yang akan dicapai.

Pada tanggal 8 desember 2015 bertepatan dengan hari raya Maria Dikandung Tanpa Noda, Paus Fransiskus membuka Pintu Suci Basillica Santo Petrus di Roma. Seminggu sesudahnya Pintu Suci Katedral Roma dibuka, selannjuutnya semua pintu katedral sedunia juga dibuka. Secara simbolis Pintu Suci menggambarkan Yesus Kristus sendiri yang melambangkan Pintu Kerahiman Allah yang selalu terbuka bagi seluruh umat manusia.

rekoleksi-9      rekoleksi-8      rekoleksi-12
RD. Simon menyambut umat                                Umat memasuki pintu suci

Ketika Pintu Suci dibuka secara meriah ini melambangkan rahmat dan kerahiman Allah yang terbuka dan mengalir memenuhi seluruh umat beriman, supaya umat disucikan maka perlu melewatinya sebagai ziarah pertobatan untuk memperoleh pengampunan/indulgensi. Indulgensi adalah penghapusan siksa-siksa sementara di depan Allah untuk dosa-dosa yang sudah diampuni. Hanya umat beriman yang benar-benar siap menerimanya saja, sesuai persyaratan yang telah ditetapkan dengan jelas dapat memperolehnya dengan bantuan Gereja.

Pada Tahun Yubelium Belas kasih / Kerahiman indulgensi dapat diperoleh dengan cara :

  • Mengadakan ziarah rohani dan memasuki pintu suci Basilica/Katedral/co-Katedral atau gereja/tempat ziarah yang ditentukan
  • Menerima sakramen tobat / pengakuan dosa
  • Menerima komuni suci dengan merenungkan belas kasih Allah
  • Mendaraskan syahadat para rasul
  • Mendoakan intensi Bapa Suci

 rekoleksi-11          rm-2               rekoleksi-7

RD. Simon memimpin misa      Suster membacakan Injil dan Mazmur     Umat keluar lewat pintu suci

Leave a Reply


8 + 6 =