Misdinar Mengisi Liburan Dengan Retret Bersama

July 11, 2017
Misdinar Mengisi Liburan Dengan Retret Bersama

      Kegiatan Retret Misdinar Santo Yoseph Palembang di Wismalat Podomoro

Hal yang berbeda di Lebaran tahun 2017 ini terjadi di kalangan Misdinar Santo Yoseph Palembang, para  pengurus dan pendamping Misdinar membuat acara retret bersama dengan tema “ Kita Bersukacita Karena Melayani Tuhan “ Seluruh anggota Misdinar termasuk teman- teman misdinar  KM 7 yang  masuk dalam lingkup Paroki Santo Yoseph Palembang mengikuti kegiatan ini  terdiri dari 49 peserta, 11 Pengurus, 13 Pendamping, 1 Frater dan 1 Romo. Acara retret bersama diadakan selama 3 hari mulai tanggal 29 Juni sampai 1 Juli 2017.

Hari pertama dimulai dengan registrasi, kumpul bersama di Gereja, lalu berangkat  menuju Wismalat Podomoro. Kegiatan diawali dengan ice breaking dan kata sambutan dari Ketua Penyelenggara, Galuh Pramesti yang mengharapkan semoga retret ini membuat Misdinar Paroki Santo Yoseph Palembang semakin dekat satu sama lain dan bersukacita dalam melayani Tuhan.

     

Perayaan Ekaristi                                                                     Santap Siang Bersama

Kemudian acara dilanjutkan dengan misa Hari Raya Santo Petrus dan Paulus pukul 08.15 Wib serta pembukaan oleh RD. Laurentius Rakidi, selaku Pastor Paroki. Dalam homilinya, Romo Rakidi mengatakan “ Kita sebagai Misdinar seharusnya melayani Tuhan secara mendalam dan bersukacita sebagaimana Santo Petrus dn Paulus menghayati kasih Bapa dalam tugasnya.”  Setelah misa pembukaan, acara dilanjutkan dengan menikmati snack, persiapan pribadi, materi, persiapan yel-yel,  acara bersama, dan ditutup dengan renungan.

Materi dibawakan oleh Romo Rakidi dengan pertanyaan tentang Misdinar Santo Yoseph serta refleksi dari Injil Matius 9: 16-22, dalam pesannya mengajak anggota Misdinar  dalam melayani Tuhan tidak setengah-setengah melainkan seutuhnya, tidak memilih jadwal tugas dan selalu siap sedia kapanpun harus ditugaskan. Malam harinya seluruh peserta retret diajak mengikuti renungan malam yang dibawakan oleh Frater Ryanto.

 

     

Olah Raga Bersama                                                                       Renungan Malam

Acara hari kedua diawali dengan doa pagi dan olah raga bersama,  sarapan dan penjelasan tentang outbond yang dibawakan oleh Kak Sutan Bonamora setelah itu peserta langsung memasuki pos-pos outbond.  Mas Agus Susanta, Trainer outbond  mengatakan  dalam  pasar permainan  mengajarkan anggota Misdinar  harus bisa beradaptasi dengan teman baru, tidak boleh pilih-pilih teman ketika melayani Tuhan,  harus saling peduli dan berbagi terhadap sesama.

Pada malam harinya para peserta menampilkan pentas seni perkelompok lalu bersama-sama menghidupkan api unggun sambil menonton video yang berisi foto-foto liputan selama acara berlangsung serta penarikan benang merah oleh Kak Sutan.  Kak Sutan juga menceritkan pengalamanya saat menjadi misdinar dan menyampaikan bahwa pelayanan itu harus tulus, harus dianggap sebagai kesenangan dan harus selalu siap sedia kapanpun kita diutus  untuk bertugas. Acara hari ini ditutup dengan doa malam oleh Fr. Ryan.

     

Outband Bersama

Hari terakhir retret dimulai dengan doa pagi, sarapan lalu bersama- sama menuju Goa Maria untuk berdoa Rosario dan mengikuti misa penutupan penutupan yang dipimpin oleh RD. Laurentius Rakidi,  harapannya  acara berikutnya dapat diikuti oleh lebih banyak lagi anggota misdinar. Selesai misa dilanjutkan dengan sesi berfoto bersama di Goa Maria lalu berjalan bersama menuju Wismalat Podomoro untuk menikmati snack, pemberian kesan, pesan, pembagian  hadiah, serta sayonara dan perjalanan pulang menuju Gereja.

   

Foto Bersama RD. Laurentius Rakidi Seusai Retret

Penulis : Laurensia Virginia Wijaya (Pendamping Misdinar)

Dokumentasi Foto : Cornelia Mega,  Laurensia Virginia Wijaya, Sutan Bonamora

Leave a Reply


4 + 2 =