Rekoleksi Keluarga Wilayah XI dan XII

August 15, 2017
Rekoleksi Keluarga Wilayah XI dan XII

     

Umat Wilayah XI dan XII mengikuti rekoleksi keluarga

Umat Wilayah XI dan XII mengikuti rekoleksi keluarga di Aula Serbaguna Santo Louis Palembang, Minggu 13 Agustus 2017, mulai pukul 09.00 Wb. Acara yang merupakan program kegiatan Bidang Persekutuan DPP Santo Yoseph Palembang yang dipimpin oleh Ignasius Suwardiyono dilaksanakan oleh Seksi Kerasulan Keluarga mulai bulan Agustus 2017 sampai Januari 2018. Rekoleksi ini diikuti 51 orang terdiri dari ibu, bapak dan anak-anak wilayah 11 dan 12,  yaitu : Lingkungan Loyola, Lingkungan Theovanus Vynard, Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario, Lingkungan Santo Andreas dan Lingkungan Kristoforus Martir.

Sebagai pendamping kegiatan rekoleksi, yaitu : RD. Avien beserta, Tim Kerasulan Keluarga Bapak & Ibu Soedadi, Bapak & Ibu Harliem, dengan tema : Keluarga Katolik Di Era Digital. Dalam rekoleksi ini RD. Avien menyampaikan materinya disertai dengan pemutaran film-film yang menginspirasi, dilanjutkan sharing dan diskusi kelompok membahas masalah yang menjadi beban dalam keluarga dan  mencari solusinya.

     

Sharing kelompok dalam rekoleksi keluarga dan Tim Kerasulan Keluarga

Sebelum masuk segmen sharing dan diskusi kelompok para peserta diajak bernyanyi bersama, kemudian Ibu Tien Soedadi memberikan penjelasan tentang diskusi kelompok dan membagi peserta menjadi 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 8 orang, didampingi anggota Seksi Kerasulan Keluarga, mereka   saling menceritakan  pengalaman konkrit dalam keluarga dan problem yang menjadi beban.

Diskusi kelompok berlangsung sangat seru yang membahas kesulitan yang dihadapi dalam keluarga, kemudian setiap kelompok menyampaikan hasilnya melalui Ketua dan Sekretaris di hadapan semua peserta rekoleksi, kemudian ada juga pasangan Bapak dan Ibu yang menceritakan pengalaman hidupnya dalam mendidik anak-anaknya dalam kaitannya dengan era teknologi saat ini.

       

Tien Soedadi  dan  hasil sharing 4 kelompok disampaikan olek Ketua dan Sekretaris

Ibu Tien Soedadi yang mendampingi peserta dalam diskusi kelompok mengatakan bahwa orang  tua boleh tegas jangan keras, mendidik anak muda zaman sekarang sangat sulit apalagi dengan sopan dan  tata karma sehingga harus dilakukan pendekatan pribadi yang baik. Harus ada contoh-contoh konkrit yang bisa dipakai, pembatasan pemakaian Handphone dibuat dengan kesepakatan bersama dalam keluarga dan ada kode kebersamaan dalam keluarga.

Kegiatan rekoleksi ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RD. Avien, setelah itu  RD. Avien memperkenalkan permainan Domino Youcat kepada peserta rekoleksi agar lebih memahami ajaran-ajaran Gereja Katolik dan mendapat sambutan baik dari seluruh peserta. Dalam kesempatan ini Pastor Paroki Santo Yoseph, RD. Laurentius Rakidi dan Ketua DPP Santo Yoseph Palembang, C. Wintoko melihat secara langsung kegiatan tersebut  hingga pukul 16.00 Wib. Hadir juga dalam rekoleksi keluarga ini  Ketua Wilayah XI, Simbolon, Ketua Wilayah XII & Ketua Lingkungan Loyola, Ngadimin, Ketua Lingkungan Theovanus Veynard, Ignasius Sulistiyo serta Ketua Lingkungan  Santa Maria Ratu Rosario, Indra dan acara diakhiri dengan foto bersama.

     

Peserta bermain Domino Youcat dan foto bersama RD. Rakidi, RD. Avien, Ketua Wilayah XI & XII

Leave a Reply


9 + 2 =