Umat Sedekanat I Mengenang Santa Faustina

October 6, 2017
Umat Sedekanat I Mengenang Santa Faustina

      

Prosesi perarakan gambar dan relikwi Santa Faustina

Gereja Paroki Santo Yoseph Palembang hari Kamis 5 Oktober 2017  tampak semarak karena umat Sedekanat I dari Paroki Santa Maria, Paroki Hati Kudus, Paroki Sanfrades, Paroki Santo Stefanus dan Paroki Santo Yoseph Palembang mengenang Santa Faustina yang meninggal tanggal 5 Oktober 1938 dengan devosi utamanya Kerahiman Illahi. Perayaan mengenang Santa Faustina dihadiri 200 umat Katolik mulai pukul 17.30 Wib yang dipimpin oleh Rm. Tarsisius Leisubun, MSC dan tema  yang diambil dalam peringatan ini, yaitu : Demi sengsara Yesus yang pedih, tunjukkanlah belas kasihMu kepada kami dan seluruh dunia.

Acara diawali dengan perarakan gambar dan relikwi Santa Faustina masuk ke dalam gereja, kemudian Suster Margrit, FCh meletakkan relikwi di dekat gambar Santa Faustina, diiringi lagu yang dinyanyikan oleh Kelompok Koor Kerahiman Sedekanat I.  Rm. Tarsisius Leisubun, MSC menyampaikan kata pengantar tentang riwayat hidup Santa Faustina yang memiliki relasi khusus dengan Tuhan, ia menyerahkan hidupnya sebagai silih demi keselamatan para pendosa dan mendapat rahmat  stigmata.

      

Suasana  Adorasi Mahakudus

3 tugas perutusan  Santa Faustina bagi kita semua , yaitu : memaklumkan kebenaran iman tentang kasih penuh belas kasih Alah kepada setiap manusia termasuk para pendosa, mohon belas kasih Tuhan melalui praktek beberapa bentuk devosi, yaitu : jam kerahiman, gambar kerahiman, rosario koronka, pesta kerahiman dan penyebarluasan devosi ini ke seluruh umat manusia, menjadi inspirasi ilham bagi usaha keras kerahiman illahi  yang bertujuan menyebarluaskan dan mohon kerahiman Allah kepada dunia dan umat manusia karena dunia sekarang ini sangat membutuhkan belas kasih Allah. Fasutina hadir di tengah-tengah kita lewat gambarnya dan relikwi Santa Fausina, yang ada di Palembang, Medan, Batam dan Jakarta.

Dalam perayaan ini juga diadakan Adorasi Sakramen Mahakudus, doa dan renungan Koronka dan luka-luka Yesus, RD. Avien didampingi Rm. Tarsis berkeliling memberikan berkat  Sakramen Mahakudus dengan mengaraknya berkeliling dan umat menghormatinya ketika dilewati oleh Sakramen Mahakudus.

       Perarakan Sakramen Mahakudus oleh RD. Avien dan Rm. Tarsis

Sebelum acara ditutup Liana Lesmana, Ketua Panitia Pelaksanaan Peringatan Santa Faustina, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memperlancar kegiatan ini dan boleh mengenang seorang rasul yang benar-benar mencintai Yesus sepanjang hidupnya yaitu : Santa Faustina yang mendedikasikan seluruh hidupnya pada Kerahiman Illah,   semoga keteladanan Santa Faustina semakin dapat membuat iman dan hidup kita bertumbuh di dalam kasih Kristus.

Sesudah perayaan berakhir umat diberi kesempatan untuk menghormati relikwi Santa Faustina dan  diajak untuk menikmati makanan ringan yang sudah disiapkan oleh panitia.

      

Umat menghormati relikwi Santa Faustina

 

 

Leave a Reply


8 + 7 =