Umat Santo Yoseph Memasuki Masa Adven

December 3, 2017
Umat Santo Yoseph Memasuki Masa Adven

      

Perayaan Minggu Advend 1 di Gereja Santo Yoseph Palembang

Bulan Desember merupakan bulan yang penting bagi umat Kristiani yang akan menyambut kelahiran Yesus Kristus setiap 25 Desember. Banyak persiapan yang dilakukan diawali dengan Masa Adven dimana umat Katolik menunggu kedatangan Tuhan Yesus selama 4 Minggu.

Umat Santo Yoseph Palembang  mengikuti Minggu Adven pertama ditandai dengan penyalaan lingkaran lilin Adven oleh RD. Stefanus Surawan, Sabtu 2 Desember 2017 pukul 17.30 Wib. Sebelum penyalaan lilin Adven, RD. Surawan memberkati lingkaran lilin Adven umat yang akan digunakan untuk pertemuan lingkungan selama masa Adven.

      

Pemberkataan rangkaian lilin  dan penyalaan lilin Advend oleh RD. Stefanus Surawan

Dalam homilinya RD. Surawan menyampaikan tentang sejarah  korona Adven/lingkaran Adven yang memiliki makna yang dalam menantikan kehafiran Kristus. Makna lingkaran Adven menyimbolkan keberadaan Allah yang sudah ada sejak semula/Allah yang abadi, hiasan dengan warna selalu hijau/evergreen merupakan warna kehidupan menyimbolkan Kristus yang wafat tetapi kemudian hidup kembali. Dipangkal lilin diberi hiasan berwarna biru yang identik dengan peran Bunda Maria  dalam sejarah keselamatan.

4 lilin yang menunjukkan 4 hari minggu masa adven yang memiliki arti tersendiri, yaitu : Adven 1 adalah pengharapan, Adven ke 2 adalah cinta, Adven ke 3 disebut sukacita/Gaudette yang dilambangkan dengan lilin warna merah muda bahwa hari kedatangan Tuhan sudah semakin dekat dan Adven ke 4 adalah damai.

Adven mengingatkan kepada kita bahwa hidup kita di dunia ini akan berakhir yang diawali dengan kedatanganya Kristus yang pertama dan akan mencapai puncaknya kedatangan Kristus yang kedua yang tidak tahu kapan saatnya karena itu berjaga-jagalah. RD. Surawan mengajak umat agar jangan malas dan berusaha menjadi hamba yang selalu siap, setia, bertanggung jawab meskipun kita tidak tahu kapan akan datang supaya kita tidak tertidur dan ketinggalan. Semoga selama masa adven pertama dengan warna dasar ungu ini kita nantikan dengan penuh pertobatan yang berarti pembaharuan setiap hari dengan sikap siap menyambut Sang Mesias datang.

      

Umat yang hadir                        Koor Wilayah V                                     Misdinar, Prodiakon, Lektor, Pemazmur

Leave a Reply


4 + 6 =