Penutupan Kursus Dasar Akutansi Gelombang 1

May 11, 2018
Penutupan Kursus Dasar Akutansi Gelombang 1

 

 

 

 

 

Peserta kursus dasar akutansi gelombang 1

Kursus dasar akutansi gelombang 1 yang diadakan oleh DPP Santo Yoseph Palembang mulai 12 Maret sampai 10 Mei 2018 sebanyak 14 kali pertemuan ditutup secara resmi oleh Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidi, Kamis 10 Mei 2018 di Aula Pastoran. Kursus dasar akutansi ini diikuti oleh pengurus dan bendahara lingkungan, wilayah serta kelompok kategorial yang ada di Paroki Santo Yoseph Palembang. Dalam laporannya  pelaksana kegiatan Petrus Loekito mengatakan kursus ini diadakan supaya bisa membuat laporan keuangan dengan benar dan petunjuk Monev agar laporan keuangan wajib dibuat oleh semua komponen yang ada di Paroki Santo Yoseph Palembang.

Program kursus akutansi ini dibuat 2 gelombang dan untuk gelombang 1 awalnya diikuti oleh 38 orang terdiri dari : Lingkungan Santo Antonius, Lingkungan Santo Stefanus, Lingkungan Santo Agustinus, Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario, Toko Buku Rohani, Lingkungan Santa Regina, Lingkungan Santo Thomas, Wilayah 10, Lingkungan Santo Titus, Lingkungan Santa Agatha, Lingkungan Santa Lusia, PSPK, Lingkungan Santa Maria Ratu Damai, Lingkungan Romo Sanjoyo, Misdinar Santo Yoseph, Lingkungan Santo Fransiskus Xaverius, Lingkungan  Santo Andreas serta Komunitas Pastoran dan akhirnya hanya 19 orang yang masih bertahan hingga akhir kursus.

 

 

 

 

 

Pemberian penghargaan dan sertifikat kepada para peserta

Pelajaran yang diberitakan, yaitu : akutansi, persamaan dasar akutansi, jurnal umum, buku besar, neraca saldo, laporan komponen (laporan riil, perubahaan modal dan neraca) serta penyesuaian. Dari hasil kursus dasar akutansi ini maka ada 11 Lingkungan yang akan membuat laporan keuangannya secara baik dan diserahkan akhir bulan Mei kepada DPP untuk diteliti kebenarannya serta dilaporkan kepada Tim Monev yang akan datang ke Paroki Santo Yoseph Palembang pada bulan Juli 2018 mendatang.

Para peserta yang sudah mengikuti lebih dari separuh jumlah kehadiran sebanyak 50 % atau 8 kali hadir akan mendapatkan sertifikat. Penghargaan juga diberikan kepada peserta yang setia mengikuti kursus dengan jumlah kehadiran 90 % akan diberikan bingkisan. Penilaan juga diberikan kepada 5 peserta terbaik selama mengikuti kursus dengan melihat pekerjaan, cara kerja dan cara menjawab pertanyaan dengan benar dan lebih mengerti, yaitu : Anita, Evi Yulianti, Dewi Heriyanti, Hilaria Lena dan Yenny Hartono.

 

 

 

 

 

 

Sambutan dari Petrus Loekito, C. Wintoko & RD. Rakidi                            Kesan dari peserta

Lingkungan yang akan membuat laporan keuangan, yaitu : Lingkungan Santo Paulus, Lingkungan Santa Maria Ratu Damai, Lingkungan Santo Stefanus, Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario, Lingkungan Santo Thomas, Lingkungan Santo Titus, Lingkungan Santa Agatha, Lingkungan Santa Regina, Lingkungan Santo Agustinus dan Lingkungan Santo Fransiskus Xaverius.

Dalam sambutannya Ketua DPP Santo Yoseph Palembang C. Wintoko menyatakan bahwa para peserta yang sudah mengikuti kursus bisa membuat laporan keuangan dengan benar dan menerapkan ilmu yang sudah didapatkan karenaini  berguna untuk diri sendiri, lingkungan dan Paroki. Sementara itu RD. Laurentius Rakidi semoga kursus ini bermanfaat dan para peserta bisa mengetahui laporan keuangan yang ada di lingkungan, wilayah dan Paroki.

Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan untuk Petrus Loekito yang sudah memberikan ilmunya untuk para peserta dan juga pemberian bingkisan untuk 10 peserta dengan tingkat kehadiran 90 % dan 5 peserta terbaik. Acara diakhiri dengan foto bersama seluruh pesertta, pengurus DPP dan RD. Laurentius Rakidi.

Leave a Reply


4 + 3 =