4 Anak Menjadi Pengikut Kristus

September 6, 2018
4 Anak Menjadi Pengikut Kristus

Anak yang akan dibaptis bersama orang tuanya

Sakramen Baptis merupakan Sakramen yang sangat penting sebelum menerima Sakramen lainnya bagi mereka yang ingin menjadi pengikut Kristus dan anggota Gereja Katolik. Sebanyak 4 anak menerima baptisan dalam upacara yang diadakan di Kapel Santa Faustina, Sabtu 25 Agustus pukul 15.30 Wib dipimpin oleh RD. Markus Edi Sucipto.

Anak yang dibaptis diberi tanda salib oleh RD. Markus

Dalam homilinya RD. Markus mengatakan membaptis bayi merupakan salah satu tugas otg tua yang merupakan bagian dari iman maka org tua wajib membina dan dalam mendidik anak harus didampingi. Wali baptis juga berperan aktif sebagai orang tua. Ketika orang tua lalai dalam mendidik dalam iman dan moralnya maka wali baptis berhak menegur dan mengingatkan karena perannya  dan pendidikan iman anak merupakan tugas serta tanggung jawab orang tua dan wali baptis.

Anak yang sudah dibaptis diberi lilin bernyala agar menjadi terang Kristus

Prosesi baptisan diawali dengan pemberkatan air baptis oleh RD. Markus kemudian pemberian tanda salib di dahi anak-anak yang akan dibaptis diikuti oleh orang tuanya. Setelah itu RD. Markus mulai membaptis dengan mengucurkan air di kepala anak-anak sebanyak 3 kali dilanjutkan dengan pemberian minyak krisma di dahi anak. Dalam kesempatan ini juga diberikan kain putih dan lilin bernyala sebagai tanda sudah disucikan menjadi milik Kristus dan diharapkan memancarkan terang Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

Nama Baptisan Bulan Agustus 2018

  1. Christabel Angelica Vianni
  2. Hilarius Arvind Abercio Vinando
  3. Ireneus Gefariel Radeva
  4. Agatha Clarina Santoso

 

Leave a Reply


8 + 9 =