Baptisan Bayi dan Dewasa

October 4, 2018
Baptisan Bayi dan Dewasa

Baptisan Dewasa

 

RD. Markus mengucurkan air baptis

Selasa 11 September 2018 pukul 09.30 Wib di Kapel Santa Faustina diadakan upacara baptisan yang dipimpin oleh RD. Markus.  2 orang baptisan dewasa dengan diantar oleh wali baptis dan keluarga mengikuti prosesi baptisan yang merupakan peristiwa penting bagi kehidupan mereka.

Dalam homilinya RD. Markus mengatakan hari ini merupakan hari yang penuh rahmat bagi saudara kita yang dibaptis. Sesudah mengikuti tahapan sebelum dibaptis dengan dibaptis mereka lahir kembali dan dengan pencurahan air baptis akan dihapuskan dari dosa dan menjadi anak Allah. Kita setiap saat diajak untuk tergantung dengan Bapa yang membutuhkan keteladanan dan menjadi anggota Gereja.

Baptisan mendapat urapan minyak krisma

Semoga baptisan baru dapat menemukan Yesus dalam kehidupan sehari-hari dan mengamalkan ajaranNya. Dengan Sakramen Baptis kita diajak diajak untuk menjadi imam dan menguduskan dengan mendoakan orang-orang  yang ada di sekitar, musuh kita serta menjadi pemimpin  dengan memberikan teladanan. Tidak kalan penting adalah peran wali baptis  karena mereka harus membimbing baptisan dalam iman dan mengingatkan jika sudah menyimpang.

Prosesi baptisan diawali dengan pemberkatan air baptis setelah itu RD. Markus mulai membaptis dengan mengucurkan air sebanyak 3 kali di dahi baptisan. Setelah itu mereka mendapatkan minyak krisma, kain putih dan lilin bernyala sebagai tanda sudah diterima menjadi anggota Gereja Katolik.

Baptisan baru mendapatkan lilin bernyala

Nama Baptisan Dewasa Bulan September 2018

  1. Aloysius P. Chandra
  2. Fransiskus Harry Hasan

 

Baptisan Anak

Suasana upacara baptisan

Sabtu 29 September 2018 ada 7 anak yang dibaptis oleh RD. Stefanus Surawan dalam upacara baptisan di Gereja Santo Yoseph Palembang pukul 15.30 Wib. Para baptisan diantar oleh orang tua, wali baptis dan keluarga untuk mengikuti prosesi baptisan.  Surawan mengatakan bahwa Sakramen Baptis merupakan pintu gerbang menuju keselamatan dan masuk ke dalam Kerajaan Allah karena itu anak diajak untuk bisa mencintai Allah dan sesama.

RD. Surawan melakukan baptisan

Upacara  baptisan  diawali dengan pemberkatan air baptis  oleh RD. Stefanus Surawan dilanjutkan pemberian tanda salib di dahi anak-anak yang akan dibaptis. Kemudian RD. Surawan mulai membaptis  dengan mengucurkan air sebanyak 3 kali di dahi anak dilanjutkan pemberian minyak krisma, kain putih dan lilin bernyala. Seusai baptisan RD. Surawan mengucapkan selamat untuk baptisan baru dan tak lupa foto bersama dengan keluarga baptisan.

Nama Baptisan Bayi Bulan Bulan September 2018

  1. Hilarius Dave Ifander Wijaya
  2. Mikhael Aldrich Pranata Wijaya
  3. Maria Johana
  4. Fransiskus Alexander King Kohar
  5. Brigitta Vania Putri
  6. Jeanne Giselle Kimora Ricky Lie
  7. Margaretha Jetsi Olivia

 

 

Leave a Reply


7 + 6 =