Anita Ketua Lingkungan Santo Antonius

July 19, 2019
Anita Ketua Lingkungan Santo Antonius

Ratusan umat menghadiri pelantikan Pengurus Lingkungan Santo Antonius periode 2019-2022, Selasa 16 Juli 2019 dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidi pukul 19.00 Wib. Acara dihadiri oleh para suster, Pengurus DPH Santo Yoseph Palembang, Sekretaris Wilayah 10, anggota Prodiakon, Ketua Lingkungan dan umat Santa Lusia, Ketua Lingkungan dan umat Titus, Ketua Lingkungan dan umat Santo Antonius.

Dalam homilinya RD. Rakidi mengatakan dalam Gereja ada kepengurusan sebenarnya mau menunjukkan bahwa Allah sendiri yang selalu menuntun, membimbing dan mendampingi orang-orang yang percaya kepadaNya. Pelantikan Pengurus Lingkungan tidak lain mau menyatakan bahwa diantara kita Allah menunjuk, memberi kepercayaan kepada orang-orang tertentu untuk masa tertentu guna menjadi pemimpin falam suatu persekutuan tertentunyang disebut dengan lingkungan. Bagi bapa-ibu, saudara-saudari yang terpilih sebagai Pengurus Lingkungan masa bakti 2019-2022 diberi kepercayaan oleh Tuhan untuk membawa persekutuan umat beriman supaya bertumbuh dan berkembang dalam iman dan supaya akhirnya bisa mengalami penyertaan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kepengurusan Lingkungan, Wilayah dan Paroki juga dipilih dan ditunjuk untuk menyumbangkan dirinya sesuai dengan talenta-talenta yang dimiliki. Diharapkan sungguh-sungguh bertanggung jawab atas pekerjaan dan tugas-tugas yang dipercayakan kepadanya. Kepada para pengurus yang baru supaya betul-betul memahami tugasnya masing-masing dan diharapkan supaya sungguh-sungguh bisa mendukung kemajuan lingkungan. Umat Lingkungab juga harus ikut terlibat dan saling mendukung.

Kepemimpinan dalam Gereja kita adalah sungguh-sungguh mau mengayomi, mau mengabdi dan mau melayani semua orang. Semangat seorang hamba harus dimiliki oleh kita semua sebagai pemimpin-pemimpin dalam Gereja dan juga siapa saja sebagai murid Kristus. Semangat hamba yang siap sedia untuk melayani ini harus menjiwai kehidupan kita sebagai murid Kristus maka akan sungguh-sungguh tercipta kebersamaan yang bisa membawa kemajuan bersama dan menjadi persekutan yang hidup.

Kehadiran kita di tengah masyarakat hendaknya mau terlibat untuk kebaikan bersama sebagai anggota masyarakat jangan menjadi kelompok yang eksklusif. Sebagai orang Katolik juga harus terlibat, peduli terhadap situasi kongkrit yang terjadi di tengah masyarakt. Kita harus ikut ambil bagian untuk membuat masyarakat berkembang menjadi semakin baik, kita harus berani melawan aneka ketidak adilan, ketidak benaran di tengah masyarakat karena kita semua diutus oleh Yesus untuk menjadi pejuang-pejuang yang bisa mewujudkan situasi kerajaan Allah.

Kita semua mempunyai tugas untuk menjalankan tugas perutusan dari Kristus. Dengan pelantikan ini kita diingatkan akan tugas -tugas sebagai murid Yesus untuk menjadi saksi-saksi utusan-utusan yang bisa membawa kedamaian, membawa keadilan dan membawa kesejahteraan dimanapun kita berada untuk membangun persekutuan yang hidup, menjadi semakin berkembang dan semakin baik.

Upacara pelantikan Pengurus Lingkungan Santo Antonius periode 2019-2022 dipandu oleh Sekretaris 1 DPP Santo Yoseph Palembang F.X. Suwajib diawali dengan penyerahan berkas oleh F.X. Asan Ketua Lingkungan Santo Antonius yang lama kepada Al. Purwonugroho mewakili Ketua DPP Santo Yoseph Palembang. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Pengangjatan Pengurus Lingkungan Santo Antonius periode 2019-2022. Kemudian RD. Laurentius Rakidi menanyakan kesediaan para pengurus untuk dilantik setelah itu mereka mengucapkan janjinya.

Rangkaian prosesi pelantikan diteruskan dengan penyerahan berkas dari Al. Purwonugroho Koordinator Bidang Pengembangan Wilayah dan Lingkungan mewakili Ketua DPP kepada Anita Christine Ketua Lingkungan Santo Antonius yang baru. Setelah itu RD. Rakidi memberkati para pengurus baru dan memercikkan air suci, kemudian memberikan ucapan selamat diikuti oleh DPH Santo Yoseph, Ketua Lingkungan dan Sekretaris Wilayah 10. Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua Lingkungan Santo Antonius Anita Christine, Yakobus Salim Wakil Ketua DPP, Rendra (Een) Sekretaris Wilayah 10, RD. Laurentius Rakidi Pastor Paroki dan F.X. Suwajib Sekretaris 1 DPP Santo Yoseph Palembang.

Dalam sambutannya Ketua Lingkungan Antonius yang lama F.X. Asan mengucapkan terima kasih atas kerjasama selama 3 tahun kepada Rm Rakidi, umat Lingkungan Lusia, Lingkungan Antonius dan Ketua Wilayah 10. Sementara itu Ketua Lingkungan Antonius yang baru Anita Christine, meminta bantuan umat dalam memimpin Lingkungan Santo Antonius bersama-sama membangun karena memiliki persaudaraan yang kuat dan saling membantu. Sekretaris Wilayah 10 Rendra mewakili Ketua Wilayah 10 yang berhalangan hadir mengucapkan terimakasih atas pengadiannya selama 3 thn telah bekerjasama dgn baik dgn wilayah 10. Diharapkan ibu anita ingin kerjsamanya berkelanjutan sehingga lebih baiknlagi. Pengurus wulayah 10 membuka hati dan tangan bagi umat lingkungan Titus, Lusia dan antonius yg membutuhkan bantuan daripengurus wikayah 10 siap membantu yg penting ada kmunikasi.

Koordinator Bidang Pengembangan Lingkungan dan Wilayah Al. Purwonugroho mengatakan umat Wilayah 10 cukup besar dan perlu dimekarkan sehingga umatnya lebih efektif dan semua bisa terlibat. Kerjasama antar Ketua Wilayah dan DPP lebih diperkuat lagi dan apabila diperlukan DPP bersedia untuk hadir. RD. Rakidi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para pengurus yang lama atas pengorbanan dan pengabdiannya semoga membawa berkat bagi bapa-ibu dan umat yang telah dilayani. Selamat kepada pengurus yang baru dilantik karena ini merupakan anugerah dari Tuhan dengan menjadi Pengurus Lingkungan berarti bapa-ibu diberi kesempatan oleh Tuhan untuk melayani secara khusus sesuai dengan bidangnya masing-masing. Ini kesempatan yang baik untuk memberikan pelayanan, memberikan diri untuk perkembangan persekutuan umat Allah khususnya di Lingkungan Santo Antonius. Terimakasih atas kesediaannya menerima jabatan untuk mengemban tugas pelayanan dan jangan takut karena Tuhan bertanggung jawab yg pening adalah mau belajar, mau bertanya dan bekerjasama dengan yang lain. Tuhan pasti akan membantu asal kita sungguh-sungguh mau melaksanakan tugas ini dengan baik, dengan penuh keterbukaan dan ketulusan.

Susunan Pengurus Lingkungan Santo Antonius  Periode 2019 – 2022

Penasehat : F.X. Indra, Felix Usmaja & F. X Asan

Ketua Lingkungan : Anita Christine

Wakil Ketua : Helen Sunarti & Markus Hartanto

Sekretaris : Veronica Yuli Kurniasari & Fredy Gunawan Sucipto

Bendahara : Sisilia Fiani & Veronica Yuliana

Seksi Katekese

Koordinator ; F. X Indra

Anggota :  Felix Usmaja, Bernardus Santoso & Yoseph Rudy Chandra

Seksi Liturgi

Koordinator :  Cornelius Wahyu Harjanto

Anggota :  Florentina Prita Ardianti, Bernadetha Bertha Yulia,

                  Maria Evitha Siahaan,  Martina Susi Widayanti, Kristina Nita,

                  Cristin & Lie May Sin

Seksi Sosial

Koordinator : Zita Sukarmi

Anggota : Virginia Ng Meying, Sisilia Maria Ina, Maria Maryanti &

                  Maria Magdalena Wong Mei Fang

Seksi Pelayanan Kematian

Koordinator : Roswitha Soemarni

Anggota :  F.X Asan, Stefanus Iskandar, Hendry Hiemawan, Veronika Lili &

                  Maria Gabriela Falensia

Seksi Kepemudaan

Koordinator : Yoseph Rudy Chandra

Leave a Reply


7 + 8 =