Misa Perdana RD. Antonius Manik di Palembang

July 21, 2019
Misa Perdana RD. Antonius Manik di Palembang

RD. Antonius Manik sudah ditahbiskan menjadi Imam Diosesan, Kamis 11 Juli 2019 lalu di Gereja Santo Gregorius Agung Jambi oleh Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SCJ. Selama 2 hari Sabtu-Minggu, 20-21 Juli 2019 RD. Manik memimpin Misa Perdana di Paroki Santo Yoseph Palembang yang pernah menjalani Tahun Orientasi Pastoral (TOP) selama 1 tahun di Paroki Santo Yoseph Palembang mulai 2015-2016. Lulusan SMP Muhamadyah Sungai Bahar ini juga dikenal sebagai orang yang ramah dan supel dalam pergaulan.

RD. Antonius Manik menjadi pemimpin Perayaan Ekaristi, Sabtu 20 Juli 2019 didampingi oleh RD. Avien. Pada pengantarnya RD. Avien mengatakan hari ini hadir diantara kita RD. Antonius Manik yang sudah ditahbiskan oleh Bapa Uskup beberapa waktu lalu dan pernah menjalani TOP di Paroki Santo Yoseph Palembang. Lewat Misa Perdana kita bersukacita karena boleh mendapat pelayanan yang baru, melengkapi barisan pembantu Bapa Uskup di Keuskupan Agung Palembang sebagai Imam Diosesan yang ditugaskan menjadi Pastor Rekan di Paroki Sang Penebus Batu Putih.

Dalam homilinya RD. Antonius Manik mengatakan panggilan kita sebagai ornag Katolik adalah menjadi orang yang baik dan benar. Sumber kebenaran adalah Yesus sendiri maka agar kita dapat bertindak dengan baik dan tepat sesuai dengan kehendak Tuhan marilah kita.juga mendengarkan suara Tuhan, apa yang dikatakan Tuhan di dalam kehidupan kita.

Agar kita dapat mendengar suara Tuhan maka kita juga menjalin relasi akrab dan intim dengan Tuhan Yesus sendiri melalui keheningan di dalam doa dan dekat dengan Sabda Tuhan. Kita bertindak dan berkarya hendaknya sesuai dengan kehendak Tuhan apa yang diharapkan Tuhan di dalam kehidupan kita disitulah kita menjadi pembawa pewarta yang baik. Semoga kita menjadi pewarta yang baik, menjadi orang baik dan benar di dalam karya dan kehidupan kita.

RD. Antonius P. Manik, Putera Batak yang lahir di Partambatan 28 Maret 1987, dibaptis 6 September 1987 dan menerima Sakramen Krisma 23 Oktober 2003 berasal dari Paroki Santo Gregorius Agung Jambi. Merupakan anak ke 4 dari 5 bersaudara dari pasangan Morhen Manik seorang petani dan Juliana Br. Simarmata, ibu rumah tangga yang tinggal di Sungai Bahar Unit IX Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi.

RD. Manik kecil bercita-cita menjadi polisi dan cita-citanya berubah ketika SMP dan masuk Katolik maka benih-benih panggilan mulai tumbuh ketika sering melihat Pastor yang melakukan pelayanan Ekaristi. Ketika Pastor memimpin Ekaristi lengkap dengan pakaiannya terlihat unik dan menarik penuh dengan ketenangan dan adem.

Perjalanan RD. Manik menjadi imam tidak terlepas dari peran Rm. Petrus Sugiarto, SCJ yang sering melayani di Stasi. Sempat tidak dizinkan karena kurang pemahaman iman Kekatolikan dan masih dangkal karena tidak pernah mendapat pendiddikan agama Katolik di SMP Muhamadyah. RD. Manik dianjurkan sekolah di Jambi dan tinggal di Pastoran Santa Teresa. Selama tinggal di Jambi dan sekolah di SMA Nusatara juga bertugas sebagai koster dan belajar iman Katolik serta semakin banyak mengenal para imam dan lebih mengetahui kehidupannya.

Selama menjalankan studi sebagai calon imam di Seminari Menengah Santo Paulus Palembang dan Seminari Tinggi RD. Manik merasakan belas kasih Allah yang luar biasa dan mantap serta berani menjadi imam. Karena besarnya kasih Allah yang diterima maka RD. Manik harus mampu membagi dan menjadi saluran kasih Allah dimanapun berada sesuai dengan moto tahbisannya : ” Hendaklah Kamu Murah Hati, Sama Seperti Bapamu Adalah Murah Hati. (Lukas 6:36). ”

Pernah sekolah di SDN No. 102070 Pondok Ulu Dolokmasihul (1995-2002), SMP Muhamadyah Sungai Bahar (2003-2005), SMA Nusantara Jambi (2005-2008) dan Retorika B Seminari Menengah Santo Paulus Palembang (2008-2010).

Sejak Tahun 2011-2015 menjalani pendidikan Filsafat di Fakultas Filsafat Unika Santo Thomas Sumatera Utara, kemudian melakukan TOR di Santo Markus Pematangsiantar (2010-2011) dan menjadi Lektor Akolit 22 Februari 2014. Menjalani TOP  di Paroki Santo Yoseph Palembang selama 1 tahun 2015-2016, melanjutkan pendidikan Teologi di STFT Santo Yohanes Pematang Siantar tahun 2016-2018. Dilanjutkan dengan PENPAS di Paroki Sang Penebus Batu Putih 2018-sekarang dan melaksanakan masa Diakonat di Paroki Sang Penebus Batu Putih  25 Januari dan menerima Tahbisan Diakon 25 Januari 2019.

RD. Antonius Manik juga memimpin Misa Perdana Perayaan Ekaristi hari Minggu, 21 Juli 2019 pada Misa ke 1, pukul 06.30 Wib didampingi oleh RD. Guido Suprapto. Dalam Misa ke 2 RD. Manik didampingi oleh RD. Gading Sianipar dan RD. Laurentius Rakidi.

Leave a Reply


6 + 4 =