Pelantikan Pengurus Lingkungan Santo Petrus

August 9, 2019
Pelantikan Pengurus Lingkungan Santo Petrus

Pelantikan Pengurus Lingkungan Santo Petrus periode 2019-2022 dilaksanakan dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RD. Markus, Rabu 7 Agustus 2019 pukul 19.00 Wib dihadiri oleh umat Lingkungan Santo Petrus, pengurus Lingkungan Santo Yoseph I,  Lingkungan Yoseph II, Yohanes Paulus II, Ketua Wilayah 4, anggota DPP Santo Yoseph Palembang.

Dalam sambutannya RD. Markus mengatakan sebagai Pengurus Lingkungan Santo Petrus yang baru diajak untuk membawa seluruh umat mengalami, kebahagiaan, sukacita dan kegembiraan. Kita semua diajak dan dituntut untuk mengemban tugas yang dipercayakan dengan sukacita. Semoga Pengurus Lingkungan  bisa mengajak umatnya menjadi Lingkungan yang guyub dan gayeng sehingga ada harmonisasi, menghidupi visi misi Paroki kita “ Semakin beriman, sehati dan sejiwa “ karena itu harus saling mengenal satu sama lain dengan situasi dan kondisi masing-masing kita diajak  untuk hidup bersama, Iman kita akan berkembang karena kita hidup bersama dengan orang lain, bersama umat sesama seiman maupun yang tidak seiman dengan kita, hingga akhirnya bisa saling menghormati dan menghargai seperti yang diteladankan Yesus. Kerjasama antar Pengurus Lingkungan, Ketua Wilayah, Pengurus DPP dan Pastor Paroki agar terus dilakukan dan kita dituntut memberikan hidup secara total.

Upacara pelantikan Pengurus Lingkungan Santo Petrus periode 2019-2022 diawali dengan pemberian berkas oleh Ketua Lingkungan Santo Petrus periode 2016-2019 Hendrikus Eko Budianto kepada Ketua DPP Santo Yoseph Palembang C.Wintoko. Kemudian Sekretaris II DPP Ririen F. Kusumawardhani membacakan nama-nama pengurus yang baru dan memanggil satu-persatu untuk dilantik oleh RD, Markus. Sebelum dilantik RD. Markus menanyakan kesediaan para pengurus baru untuk dilantik dan melaksanakan tugasnya, kemudian mereka megucapkan janji di hadapan umat yang hadir.  Setelah itu C. Wintoko Ketua DPP menyerahkan berkas kepada Paulinus Iskendiarso Adjie Ketua Lingkungan Santo Petrus yang baru. Acara dilanjutkan dengan pemberian berkat oleh RD. Markus sekaligus memerciki para pengurus baru dengan air suci. tak lupa ucapan selamat disampaikan oleh RD. Markus, Ketua PP dan anggota DPH dan Ketua Wilayah. Upacara pelantikan diakhiri dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Paulinus Iskendiarso Adjie, C. Wintoko, Ignas Iwan Waning dan Ririen F. Kusumawardhani.

Pada kesempatan ini ada beberapa sambutan yang disampaikan, Ketua Lingkungan Santo Petrus periode 2016-2019 Hendrikus Eko Budianto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kerjasama dengan Pengurus Wilayah dan  Lingkungan lain di Wilayah 4 dan mohon maaf kalau selama mengabdi sebagai pengurus ada hal-hal yang tidak berkenan. Terima kasih juga atas bimbingan dari para sesepuh kami menyadari bahwa kepengurusan kami  masaih banyak kekurangan disana sini tapi tanpa terasa sudah 3 tahun bertugas. Selamat bertugas kepada pengurus yang baru dan terima atas kesediaanya untuk meneruskan tongkat estafet kepengurusan Lingkungan Santo Petrus.

Sementara itu Paulinus Iskendiarso Adjie mewakili Pengurus Lingkungan yang baru akan mencoba melanjutkan apa yang pernah dilakukan oleh pengurus lama. Kami masih butuh dampingan dari para sesepuh dan seluruh umat atas usulan-usulan untuk kebersamaan dalam menjalankan tugas  pelayanan ini dan  semoga kami mendapat bimbingan dari para Romo, DPP, Paroki, Ketua Wilayah dan para Ketua Lingkungan di Wilayah 4 untuk berkembangnya kepengurusan baru ini.

Ignas Iwan Waning Ketua Wilayah 4 menyatakan dalam kepengurusan baru ini ada 6 pasang suami istri yang masuk menjadi anggotanya. Banyak klelebihan dan kekurangannya, keuntungannya saling mengingkatkan dan kelemahnnya miskin kaderisasi. Tugas kepengurusan ini  bukan pekerjaan tetapi pelayanan dalam Gereja karena itu harus tulus, iklas mau untuk melayani umat maka tidak elok kalau kita menolak tugas ini. Sebagai Ketua Lingkungan baru Mas Adji jangan terkejut, marah dan jangan cepat lemah ketika mengundang warga lingkungannya tidak mendapat sambutan yang baik, itu harus dihadapi terus, jangan putus asa dan selalu berjuang,  semoga dalam kebersamaan, kita semua saling mengingatkan, saling meneguhkan semoga lingkungan ini semakin baik di kemudian hari.

Ketua DPP Santo Yoseph Palembang C. Wintoko mewakili teman-teman DPP mengucapkan terima kasih kepada pengurus lama atas pelayannya dan selamat bertugas kepada pengurus yang baru, semoga bisa meneruskan hal-hal yang sudah dilaksanakan bahkan akan lebih baik lagi. Mereka yang mendapat gilran menjadi pengurus dimohon tidak menolak. Semoga Pengurus Lingkungan baru ini akan siap dan terutama bagi mereka yang sangat membutuhkan pelayanan segera. Dimohon juga laporannya setiap akhir tahun dan terutama laporan keuangan supaya Paroki mengetahui pengeluaran untuk kegiatan Gereja.

RD. Markus mewakili Pastor Paroki mengatakan menjadi Pengurus Lingkungan sama dengan menjadi pemimpin kristiani memiliki 3 keutmaan ; ujung tombak, ujung tembok  dan ujung tombok. Terima kasih kepada pengurus lama atas pemberian dirinya dan selamat kepada yang baru, mari kita bersinergi bersama-sama karena Pengurus Lingkungan dibentuk agar pelayanan Pastoral dan kegiatan beriman kita dapat berkembang bersama-sama.

Rangkaian pelantikan Pengurus Lingkungan Santo Petrus periode 2019-2022 diakhiri dengan santap malam bersama dan ramah tamah.

Susunan Pengurus Lingkungan Santo Petrus Periode 2019-2022

Ketua Lingkungan : Paulinus Iskendiarso Adjie

Wakil Ketua I : Leonardo

Wakil Ketua II : Hendrikus Eko Budianto

Sekretaris I : Bernardus Kristianto

Sekretaris II : Yohanes Mujimim

Bendahara I : Rigeria Andarwindiantaji

Bendahara II : Valentina Melany Puji Lestari

Seksi Liturgi : Agustinus Agus Surono, Bibiana Dewisanti & Aloysius Gonzaga Mardjono

Sub Seksi Tata Laksana : Fransiska Estrela Ester & Ratna Rosdiana Silitonga

Seksi Pelayanan Kematian : Christina Widyastuti P & Leonardus

Seksi Sosial : Donatiana Wiwik Kusumastuti & Martha Yuli Pratiwi

Seksi Katekese : Ignas Iwan Waning, Tarsicius Soekandi & Albertus Samingin

Leave a Reply


5 + 2 =