Lingkungan Mgr. Sugiyopranoto Ziarah ke 7 Gua Maria

August 12, 2019
Lingkungan Mgr. Sugiyopranoto Ziarah ke 7 Gua Maria

Lingkungan Mgr. Sugiyopranoto merupakan salah satu Lingkungan yang ada di Wilayah 6  dan sekitar 30 an umat mengadakan ziarah ke 7 Gua Maria untuk memohon rahmat dan berkat Tuhan melalui restu Bunda Maria, Minggu 11 Agustus 2019. Gua Maria yang dikunjungi, yaitu : Taman Maria Santo Yoseph Palembang, Gua Maria Biara Charitas, Gua Maria Seminari Santo Paulus, Taman Devosi Maria Mater Dei, Gua Maria Santo Petrus Kenten, Gua Maria Rosa Mystica Podomoro dan Gua Maria Rumah Retret Km 7 Palembang.

Kegiatan diawali dengan mengikuti Perayaan Ekaristi bersama di Gereja Santo Yoseph Palembang pukul 06.30 Wib dilanjutkan doa di Taman Bunda Maria Santo Yoseph Palembang yang dipimpin oleh FAY. Sukarman.  Setelah sarapan rombongan berjalan kaki menuju ke Biara Charitas untuk melanjutkan ziarah menuju ke Gua Maria Biara Charitas dan rombongan disambut oleh Sr. Yohani dkk, Suster Fransiskus Charitas. Sebelum berdoa di Gua Maria Biara Charitas umat Lingkungan Mgr. Sugiyopranoto melayat jenazah Sr. Dionisio, FCh di Kapel Biara Charitas Pusat. yang meninggal dunia hari Sabtu 10 Agustus 2019 dalam usia 88 tahun.  Doa bersama di Gua Maria Biara Charitas dipimpin oleh Lela kurang lebih sekitar 30 menit .

Perjalanan ziarah berikutnya dlanjutkan dengan menggunakan 1 bus pariwisata menuju ke Seminari Santo Paulus di Jl. Bangau No. 60 Palembang, suasana hening menuju ke lokasi Gua Maria Seminari karena ada kegiatan rekoleksi. Cuaca yang mulai panas tidak menyurutkan rombongan dengan menggunakan payung dan topi  mulai berdoa bersama dipimpin oleh Tuti Windarti. Setelah itu rombongan kembali meneruskan perjalanan menuju ke Paroki Sanfrades di Sungai Buah untuk berdoa bersama di Taman Devosi Maria Mater Dei dipimpn oleh F. Suparjo. Tak lupa umat memanfaatkan kesempatan untuk berfoto-foto apalagi dengan lokasi yang bagus.  

Menjelang siang hari perjalanan rombongan ziarah Lingkungan Mgr. Sugiyopranoto tiba di Paroki Santo Petrus Kenten dan menikmati santap siang bersama sebelum berdoa di Gua Maria. Seusai santap siang  rombongan kembali berdoa di Gua Maria Santo Petrus Kenten yang dipimpin oleh Triongko dengan mendaraskan Doa Rosario bersama-sama. Ada 2 tempat lagi yang akan dikunjungi yaitu : Gua Maria Rosa Mystica Podomoro dan Gua Maria Rumah Retret Km 7 Palembang. Perjalanan menuju Gua Maria Rosa Mystica Podomoro bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dengan kondisi normal.

Rombongan tiba di Gua Maria Rosa Mystica Podomoro kuarng lebih pukul 14.00 Wib dan satu-persatu umat menyalakan lilin dan berdoa secara pribadi untuk menyampaikan ujud-ujud di hadapan Bunda Maria. Kemudian diteruskan dengan doa bersama yang dipimpin oleh MG. Tusirah dan umat diajak untuk mendaraskan Doa Rosario, setelah itu rombongan bersiap untuk melanjutkan perjalanan terakhir ke Gua Maria Rumah Retret Km 7 Palembang. Menjelang sore rombongan tiba di Rumah Retret Km 7, setelah beristirahat sejenak umat menuju ke Gua Maria Rumah untuk berdoa bersama yang dipimpin oleh Redemta Sumaryati dan mengucap syukur atas perjalanan ziarah ke 7 Gua Maria yang berjalan dengan lancar dan diharapkan lebih mempertebal Devosi kepada Bunda Maria. Rangkaian perjalanan ditutup dengan foto bersama di depan Gua Maria dan Bangunan Candi di Rumah Retret Km 7 Palembang.

Leave a Reply


1 + 4 =