Santo Frumentius Lingkungan Pemekaran Ke 2

November 23, 2019
Santo Frumentius Lingkungan Pemekaran Ke 2

Ratusan umat Lingkungan Theovanus Venard hadir dalam Misa peringatan arwah semua orang beriman sekaligus pelantikan Pengurus Lingkungan Santo Frumentius yang merupakan pemekaran dari Lingkungan Theovanus Venard, Jumat 22 November 2019 dan Perayaan Ekaristi dipimpin oleh RD. Laurentius Rakidi pukul 19.00 Wib. Hadir dalam acara ini Ketua Wilayah I-XII,  Ketua Lingkungan Theovanus Venard, Ketua Lingkungan Santo Ignasius Loyola, Ketua DPP dan Anggota DPH Santo Yoseph Palembang dan umat Theovanus Venard yang terdiri dari keluarga muda dan anak-anak.

Pemekaran dilakukan karena jumlah Kepala Keluarga di Lingkungan Theovanus Venard hampir 80 Kepala Keluarga dan ini sudah melebihi batas ketentuan dari Keuskupan Agung Palembang sehingga harus  dimekarkan agar pelayanan terhadap umat tetap berjalan dengan ba

Prosesi pelantikan Pengurus Santo Frumentius dipandu oleh FX. Suwajib Sekretaris 1 DPP Santo Yoseph Palembang, diawali dengan pembacaan penetapan berdirinya Lingkungan Santo Frumentius, dilanjutkan dengan pembacaan susunan pengurus. Kemudian RD. Laurentius Rakidi menanyakan kesediaan para pengurus untuk mengemban tugasnya dan dilantik. Setelah itu dilakukan penyerahan berkas dari Ketua DPP C. Wintoko kepada Thomas Budhy Hartanto sebagai Ketua Lingkungan Santo Frumentius periode 2019-2022. RD. Rakidi meneruskan pelantikan dengan pemberian berkat dengan percikan air suci dan pemberian ucapan selamat kepada pengurus yang dilantik. Rangkaian acara pelantikan diakhiri dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua DPP C. Wintoko, Ketua Wilayah IX, Koordinator Bidang Penataan Lingkungan dan Wilayah serta RD. Laurentius Rakidi selaku Pastor Paroki.

Dalam sambutannya Ketua Lingkungan Santo Frumentius Thomas Budhy Hartanto menceritakan mengenai nama yang digunakan, yaitu : Santo Frumentius seorang Uskup dan Rasul dari Syria yang ditugaskan di Ethiophia. Keytika berkumpul bersama dengan Pengurus Lingkungan Theovanus Venard tangga 27 Oktober merupakan hari peringatan Santo. Terima kasih atas kebercayaan warga Basis 1 Lingkungan Theovanus Venard yang telah memberikan beban dan tanggung jawab luar biasa, mohon doa, supportnya, dukungan, teguran bila salah  dari Pastor Paroki, Prodiakon , Komunitas Propinsialat SCJ, Ketua DPP dan Ketua Wilayah XII.

Yohanes Supeno Ketua Lingkungan Theovanus Venard mengatakan ini peristiwa istimewa dimana Lingkungan Tehovanus Venard menjadi dua, dulu Basis 1 dan Basis 2 awalnya merupakan rintisan untuk pemekaran Lingkungan. Ketika terjadi pemekaran ada rasa sedih dan senang, dengan pemekaran ini diharapkan bisa memberikan pelayanan yang optimal dan terbaik, sedihnya dulu banyak umatnya sekarang menjadi sedikit, dulu bisa berkumpul bersama sekarang menjadi terpisah. Harapannya ketika ini sebuah perubahan akan menjadi sebuah semangat untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Terima kasih utk Basis 2 yang sekarang menjadi Lingkungan Santo Frumentius, selama ini sudah membantu Lingkungan Theovanus Venard yang begitu bersemangat untuk melayani. Semoga dengan Lingkungan baru ini para pengururus lebih semangat lagi memberikan pelayanan yang terbaik.

Sementara itu Ketua Wilayah XII Martinus Herianto mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Lingkungan Santo Frumentius yang berani untuk ambil bagian dalam hidup menggereja, mudah-mudahan dari satu dengan yang lain bisa terus bertumbuh dan berkembang. Diharapkan Lingkungan Theovanus Venard bisa memecahkan sehingga menjadi 4 Lingkungan artinya : iman kita tumbuh, kita merasa bangga dan senang mengimani Kristus.

Ketua DPP Santo Yoseph Palembang C. Wintoko  turut mengucapkan selamat kepada Lingkungn Theovanus Venard yang sudah berkembang menjadi dua dan selamat pada pengurus baru semoga selalu sehat sehingga bisa melaksanakan tugasnya dan semoga Lingkungan Santo Frumentius akan berkembang lebih baik lagi.

Di akhir sambutan Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidirm mengucapkan selamat bagi Lingkungan Theovanus Venard yang sudah berhasil memekarkan diri ini merupakan suatu pretasi karena sudah 6 tahun ditunggu untuk pemekaran Lingkungan-Lingkungan di Paroki Santo Yoseph Palembang. Pemekaran bukan perpisahan karena kita hidup dalam persekutuan dan tetap dalam kebersamaan hanya membentuk persekutuan tersendiri yang diharapkan bisa menumbuh kembangkan iman apalagi sekarang ada 27 Kepala Keluarga di Lingkungan Frumentius. Diharapkan semangat Rasul Frumentius harus ditumbuh kembangkan dalam kehidupan umat di Lingkungan ini, Rasul berarti menjadi utusan. memberikan kesaksian di tengah masyarakat.

Susunan Pengurus Lingkungan Santo Frumentius periode 2019-2022

Penasehat : Ketua Wilayah XII : Martinus Herianto

Ketua : Thomas Budhy Hartanto

Wakil Ketua : Lukas Daryadi

Sekretaris : Robertus Maria Juvitra

Bendahara : Maria Chandra Rini

Seksi Liturgi : Anne Yunika

Seksi Katekese : Heribertus Supriadi

Seksi Humas & Sosial : Gregorius Indriarto

Seksi Pengembangan Orang Muda : Yulius Mali Seo

Leave a Reply


6 + 2 =