Umat Menantikan Kedatangan Yesus Kristus

December 1, 2019
Umat Menantikan Kedatangan Yesus Kristus

Minggu ini umat Katolik mulai memasuki Masa Adven yang berlangsung selama 4 minggu. Perayaan Minggu Adven pertama di Gereja Santo Yoseph diadakan, Sabtu 30 November 2019 pukul 17.30 dan Minggu 1 Desember 2019 pukul 06.30, 08.30 dan 17.00 Wib. RD. Avien memimpin Perayaan hari Sabtu, 30 November 2019 diawali dengan upacara pemberkatan lingkaran Adven dan menyalakan 1 lilin berwarna ungu yang menandai dimulainya masa Adven.

Masa Adven berlangsung selama 4 minggu ditandai dengan penyalaan 3 lilin berwarna ungu yang melambangkan pertobatan dan penantian kedatangan Yesus Kristus dan 1 lilin berwarna merah muda/pink akan dinyalakan pada Minggu ketiga/Minggu Gaudete yang melambangkan sukacita dan kegembiraan menyambut kedatangan Tuhan Yesus yang semakin dekat.

RD. Avien dalam homilinya memyoroti mengenai perkawinan Katolik yang bersifat monogami, tidak terceraikan dan sakramental yang semakin memancarkan terang yang relevan untuk masa kini karena banyaknya kasus-kasus perceraian di tengah masyarakat.

Kita juga bersyukur atas Sabda Tuhan yang sudah mengingatkan untuk kembali seperti dari nol lagi karena memulai tahun yang baru supaya dalam peziarahan setahun yang akan datang dalam tahun Liturgi A kita semua semakin teguh dalam iman dan kuat dalam panggilan kita masing-masing sebagai pengikut Kristus.

Leave a Reply


4 + 7 =