Anak-Anak Mendapat Jalan Keselamatan

December 2, 2019
Anak-Anak  Mendapat Jalan Keselamatan

Membaptiskan anak merupakan tanggung jawab dan janji yang diucapkan orang tua dalam Sakramen Perkawinan. Untuk memenuhinya para orang tua orang mengantarkan anak-anaknya untuk mengikuti upacara baptisan di Gereja Santo Yoseph Palembang, Sabtu 30 November 2019 pukul 15.30 Wib yang dipimpin oleh RD. Laurentius Rakidi dan Sabtu 26 Oktober 2019 di Kapel Santa Faustina bersama RD. Markus Edi Sucipto.

Dalam homilinya RD. Rakidi mengatakan untuk mendidik anak-anak secara Katolik dengan cara dibaptis yang berarti menjadikan anak-anak ini menjadi anggota Gereja Katolik, membebaskan anak-anak dari belenggu dosa dan menjadikannya anak-anak Allah itulah rahmat Baptisan yang akan diterima. Baptisan bukan pekerjaan manusia tetapi pekerjaan Allah maka harus dinyatakan melalui pembaptisan ini. Allah bekerja bagi anak-anak yang akan dibaptis untuk menyelamatkan dan memberikan jalan keselamatan bagi anak-anak yang dibaptis.

Berkat Sakramen Baptis anak-anak dimasukan dalam wilayah Kekudusan, dipersatukan dengan Allah dan Kristus supaya mereka berkembang seperti yang dikehendaki oleh Kristus hidup dalam kesucian dan kekudusan. Panggilan hidup Kekatolikan membuat orang-orang yang percaya kepada Kristus berkembang semakin suci maka peran orang tua sangat diharapkan. Dengan dibaptis tugas orang tua belum selesai tetapi baru akan dimulai untuk mendidik anak-anaknya secara Katolik maka orang tua harus siap bekerjasama dengan Allah untuk membimbing mereka supaya bertumbuh dan berkembang semakin suci seperti yang diajarkan oleh Kristus.

Para orang tua dajak untuk memperhatikan perkembangan iman anak karena merupakan tanggung jawab orang tua maka harus mendidik anak-anaknya agar berkembang menjadi orang Katolik yang baik. Anak-anak diajari untuk berdoa, mengikuti perayaan Ekaristi, mengikuti kegiatan Lingkungan dan Gereja sehingga anak-anak berkembang dalam suasana Kekatolikan, mengikuti kebiasan-kebiasaan Kristiani, berumbuh dan berkembang dalam semangat Kristiani dan diharapkan orang tua memberikan teladan yang baik sebagai orang Katolik. Sementara itu wali baptis juga memiliki peran penting untuk bekerjasma menjadi pembina dan ikut bertanggung jawab atas perkembangan iman anak baptisnya.

Nama-nama baptisan bulan November 2019

  1. Imanuel Darrell Suhandi.
  2. Gabriel Dayzell Suhandi.
  3. Edmundus Amiel Benedict Elfata.
  4. Abigail Emmeline Tandry.
  5. Catharine Brielle Permana.
  6. Theresa Ariane Beiska.
  7. Katarina Talisha Adelina Beiska.
  8. Angela Merici Joanna Juvent Malik.
  9. Gabriel Nuno Wira Mamesah.

Nama-nama baptisan bulan Oktober 2019

  1. Mikhael Javier Kenrick Lim.
  2. Elisabet Ruepertinasri Wijaya.
  3. Eleanor Janice Ho.
  4. Bernice Ignatia Ingwi Simbolon.

Leave a Reply


5 + 7 =