Novena Kanak-Kanak Yesus 2019

December 21, 2019

Paroki Santo Yoseph Palembang kembali mengadakan Novena Kanak-Kanak Yesus  menjelang Hari Raya Natal selama 9 hari mulai 11 sampai 23 Desember 2019 pukul 04.30 Wib dilanjutkan dengan Misa Ayam Berkokok. Pembukaan  Novena Kanak-Kanak Yesus Rabu 11 Desember 2019 diawali dengan perarakan Patung Bunda Maria, Kanak-Kanak Yesus. Pembukaan Novena dipimpin oleh RD. Yos Somar dari Jakarta didampingi oleh 10 Imam Keuskupan Agung Palembang, yaitu :  RP. Benedictus Mulyono, SCJ, RD. Laurentius Rakidi, RD. Guido Suprapto,  RD. Vinsensius Setiawan Triatmojo, RD. Petrus Sukino, RD. Gading Sianipar, RD. Stephanus Supardi, RD. Yohanes Kristianto, RD. Markus Edi Sucipto dan RP. Tarsisius Leisubun, MSC.

Tema dalam Novena KKY 2019 : Tuhan datang, Tuhan dekat, Tuhan membungkuk yang merupakan 3 tema besar selain itu ada juga tema harian, yaitu :.

Hari 1 : Tuhan sungguh datang, karena Gembala dan Domba menjadi saksi.

Hari 2 : Tuhan sungguh datang, karena Dia menangis seperti bayi

Hari 3 : Tuhan sungguh datang, karena Dia punya garis keturunan

Hari 4 : Tuhan sungguh mendekat, karenanya Dia berkata : Panggil saya …. Yesus

Hari 5 : Tuhan sungguh mendekat, karena saya kerja di bengkel tukang kayu

Hari 6 : Tuhan sungguh mendekat, karena Dia pernah ajak lomba naik cabang

Hari 7 : Tuhan sungguh membungkuk, karenaTuhan turun lebih rendah dari kita

Hari 8 : Tuhan sungguh membungkuk, karena Dia membasuh kaki-kaki yang kotor

Hari 9 : Tuhan sungguh membungkuk, karena Dia disalibkan

Novena Kanak-Kanak Yesus diawali dengan Doa Angelus dan pembukaan, kemudian perarakan Patung Maria, Kanak-Kanak Yesus dan petugas liturgi. Sesudah menghormat Altar RD. Yos Somar menyalakan lilin Novena yang pertama kemudian mendupai patung Maria dan Kanak-Kanak Yesus.

Dalam renungannya RD. Yos Somar mengatakan selama 9 hari umat diajak untuk melihat Allah turun kebumi mencari manusia supaya menemukan kembali jalan ke Firdaus itulah sebabnya Dia datang, Dia mendekat dan Dia memebri teladan bagi kita dengan membungku untuk hidup berbahagia bersamaNya. Allah datang mencari kita semua karena kita berharga di mataNya dan Allah tidak pernah capek memberi pengampunan kepada kita dengan  menggendong serta membelai kita,  itulah penghiburan untuk kita semua yang  terus berjuang mencapai kebahagiaan.

Dalam pembukaan Novena Kanak-Kanak Yesus 2019 di Paroki Santo Yoseph RD. Yos Somar membawa Tim Singer dari Jakarta untuk menyemarakkan suasana berkolaborasi dengan PS. Don Bosco yang bertugas selama 9 hari. Ratusan umat mengikuti Novena KKY hingga hari ke 8 dan terlihat juga beberapa Imam KAPal hadir dalam acara ini, yaitu : RD. Emmanuel Gunadi, RD. Stephanus Surawan dan Rm. Frans De Sales, SCJ. Seusai mengikuti Novena dan Misa Kudus Ayam Berkokok umat diajak menikmati sarapan pagi dan ramah tamah bersama di halaman Gereja Santo Yoseph Palembang.  Hari terakhir Novena KKY dan Misa Kudus Ayam Berkokok Senin 23 Desember 2019 dipimpin oleh RD. Emmanuel Gunadi didampingi oleh RD. Petrus, Sukino, RP. Tarsisius Leisubun, MSC, RD. Guido Suprapto, RD. Laurentius Rakidi, RD. Stephanus Surawan. RD. Vinsensius Setiawan Triatmojo, RD. Markus Edi Sucipto dan RP. Benedictus Mulyono, SCJ.

Leave a Reply


5 + 5 =