27 Orang Menjadi Anggota Gereja Katolik

December 30, 2019
27 Orang Menjadi Anggota Gereja Katolik

Menjelang Perayaan Natal 2019 sebanyak 27 orang menjadi anggota Gereja Katoik melalui penerimaan Sakramen Baptis oleh RD. Laurentius Rakidi Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang. Penerimaan Sakramen Baptis diadakan 2 kali yang pertama ada 2 orang dilaksanakan  Kamis, 20 Desember 2019, pukul 17.00 Wib di Kapel Santa Faustina dan Minggu 22 Desember 2019 pukul 10.30 Wib di Gereja Santo Yoseph Palembang serta 1 orang mengikuti upacara penerimaan ke dalam Gereja Katolik.

Dalam homilinya RD. Rakidi mengatakan melalui baptisan saudara-saudari akan mempercayakan hidup kepada Tuhan Yesus dan menjadi tanda bahwa saudara-saudari sungguh percaya kepada Yesus yang mau menyelamatkan kita semua. Bapa menyerahkan saudara-saudari kepada Yesus Kristus supaya mendapatkan jaminan keselamatan. Sauara-saudari merupakan orang-orang yang dikaruniai dan dipilih oleh Bapa untuk diperkenalkan kepada Yesus supaya percaya sehingga mendapatkan keselamatan. Diharapkan dengan baptisan membawa sungguh-sungguh mempercayakan diri sepenuhnya kepada Kristus jangan hanya ritual.

Melalui baptisan selain mendapat jaminan keselamatan, dimasukan ke dalam kekudusan, diangkat menjadi anak-anak Allah dan dengan dibaptis juga harus berani berjuang bersama dengan Kristus serta ikut ambil bagian dalam tugas perutusan Kristus. Menjadi pengikut Kristus harus terlibat aktif dan berani memberi kesaksian tentang kebenaran di tengah-tengah kehidupan, harus sungguh-sungguh menampilkan wajah Kristus dimanapun berada. Kristus selalu menunjukkan yang benar, menampilkan kebaikan, melakukan tindakan-tindakan kasih dan itulah yang harus diperjuangkan ketika kita sudah dipersatukan dengan Kristus. Kalau kita sungguh-sungguh mau memberikan diri kita untuk Tuhan dan mempercayakan diri sepenuhnya kepada Tuhan meskipun berat tugas panggilan hidup kita sebagai murid Kristus pasti akan bisa kita laksanakan asal kita sungguh mau bekerjasama dengan Kristus.

Prosesi  penerimaan Sakramen Baptis diawali dengan penyerahan 24 Calon Katekumen oleh Sr. M. Petra, FCh kepada Pastor Paroki Santo Yoseh Palembang, RD. Laurentius Rakidi. Kemudian RD. Rakidi menanyakan kepada Calon Katekumen kesiapan untuk menjadi pengikut Kristus dan mengucapkan Doa Syahadat. Setelah itu satu persatu calon Baptisan maju untuk dibaptis didampingi oleh Wali Baptis dan RD. Rakidi mengguyur calon Baotisan dengan air auci sebanyak 3 kali dengan menyebutkan nama baptisan.

Seusai dibaptis mereka mendapatkan urapan minyak Krisma di dahi, mendapatkan kain putih dan lilin bernyala. Dalam kesempatan ini ada salah satu Katekumen yang melakukan upacara penerimaan masuk ke dalam Gereja Katolik dengan mengucapkan Doa Syahadat dan mendapat urapan minyak Krisma dari Rd. Rakidi sebagai tanda diterima menjadi anggota Gereja Katolik.

Nama Bapatisan, Kamis 20 Desember 2019

  1. Yohanes Raphael Kiyo Kenzie Cen
  2. Flavia Mega Silviana

Nama Baptisan, Minggu 22 Desember 2019

  1. Katarina Alisa
  2. Michelina Callista Gunawan
  3. Priscilla Celine Patricia Suyono
  4. Filipus Chandra
  5. Camilla Desi Yanti Yohanes Lauw
  6. Louis Erloy Dillon
  7. Florensya Yuliani
  8. Vincentius Hadi Chandra
  9. Antonius Hardi Kusuma
  10. Gabriel Harry Setiawan
  11. Genoveva Ismawati
  12. Getrudis Jevelin Chandra
  13. Gregorius Justin Chandra
  14. Yuliana Lim Lie Chui
  15. Laurensius Muhammad Agus
  16. Agatha Natasya
  17. Theresia Neti Iriyanti
  18. Marcella Nicholette Steffa Culinz
  19. Lusia Nikita Steffi Culinz
  20. Lazarus Stephen
  21. Priscilla Vionna Aurelia
  22. Fidelis Wahyu Apriansyah
  23. Fransisca Widya Fitri Yanti
  24. Brigitta Yuliana Sinaga (Masuk menjadi anggota Gereja Katolik)
  25. Yulianus Togi Hartono The

Leave a Reply


7 + 9 =