Natal mengajak Semua Orang Bersahabat

December 30, 2019
Natal mengajak Semua Orang Bersahabat

Ribuan umat mengikuti Perayan malam Natal 2019 di gereja Santo Yoseph Palembang, Selasa 24 Desember 2019 pukul 19.00 Wib yang dipimpin oleh RD. Laurentius Rakidi dan didampingi oleh RD.Stephanus Surawan, RD. Guido Suprapto, RP. Tarsisius Leisubun, MSC, RD. Avien dan RD. Stephanus Supardi dengan tema Natal Nasional 2019 ” Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang “. Sejak pukul 17.00 Wib umat sudah mulai berdatangan untuk mengikuti Perayan Malam Natal dan ketika memasuki halaman serta melewati metal detector mereka disambut oleh Pastor Paroki RD. Laurentius Rakidi beserta Pengurus DPP Santo Yoseph Palembang.

Perayaan malam Natal diawali dengan perarakan petugas liturgi menuju ke dalam Gereja dan setelah menghormat Altar RD. Laurentius Rakidi beserta Keluarga Lukas dari Lingkungan Santo Agustinus yang membawa Kanak-Kanak Yesus menuju ke Gua Natal, kemudian RD. Rakidi meletakkan Kanak-Kanak Yesus di palungan yang ada di dalam kandang, mendupai dan berdoa bersama.

Dalam homilinya RD. Rakidi mengatakan bahwa Yesus datang ke dunia untuk menawarkan jalan, menawarkan pola hidup yang bisa membantu kita untuk terlepas dari belenggu dosa dan supaya kita beekembang menjadi semakin suci. Salah satu cara yang ditawarkan Yesus kepada kita supaya kita berkembang dalam kesucian adalah melalui persaudaraan. Persahabatan dan persaudaraan itu penting karena dengan relasi yang hangat , mesra, sungguh-sugguh dari hati ke hati akan membawa sukacita, kedamaian dan kebahagiaan.

Melalui tema Natal tahun 2019 kita diajak untuk sungguh-sunggub mewujudkan persahabatan diantara kita, mulai dari keluarga dan untuk membangun persuadraaan jangan membeda-bedakan suku, agama, status sosial dan lain-lain, hidup bersama dengan semua org. RD. Rakidi juga mengharapakan agar semua keluarga pulang dengan membawa sukacita dan mari kita bersyukur kita dididik oleh orang-orang untuk kenal dengan Krisus, mari kita laksanakan dengan hidup penuh tanggung jawab, rela berkorban dan berusaha mempunyai niat untuk mewujudkan persaudaraan di tengah masyarakat.

Dalam kesempatan ini terlihat Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru bersama Kapolda dan Pangdam II Sriwijaya meninjau secara langsung pengamanan di Gereja Santo Yoseph Palembang dan sempat berbincang dengan Pengurus DPP di Posko Pengamanan Terpadu, kemudian H. Herman Deru mengucapakan ” selamat natal ” kepada umat yang sedang mengikuti perayaan Malam Natal.

Secara umum Perayaan Malam Natal 2019 berlangsung kondusif, aman dan lancar, sebelumnya Tim Gegana Brimob Polda Sumatera Selatan juga sudah melakukan sterilisasi di dalam dan luar Gereja. Kelancaran oengamanan ini berkat kerjasama petugas keamanan gabungan dari TNI, POLRI, Pemuda Pancasila dan petugas pengamanan Gereja Santo Yoseph Palembang ditambah lagi dengan sniper yang berjaga-jaga selama perayaan Malam Natal hingga selesai.

Leave a Reply


1 + 6 =