14 Anak Menerima Rahmat Keselamatan

February 9, 2020
14 Anak Menerima Rahmat Keselamatan

Sakramen Baptis adalah rahmat awal keselamatan dan menerima rahmat Allah yang membuat kita lahir/hidup batu melalui pencurahan Roh Kudus. Sebanyak 14 anak menerima Sakramen Baptis di Gereja Santo Yoseph Palembang, 1 Februari 2020 pukul 15.30 Wib dan upacara Baptisan dipimpin oleh RD. Laurentius Rakidi.

Dalam homilinya RD. Rakidi aas nama Gereja mengucalkan terima kasih kepada para orang tua yang membawa anak-anaknya untuk dibaptis dan sebagai otang Katolik telah memenuhi salah satu janji perkawinan yaitu : bersedia untuk mendidik anak-anaknya sebagai orang Katolik. Diharapkan setelah anak-anak ini menjadi Katolik orang tua dan wali baptis supaya membawa anak-anaknya sungguh-sungguh bertumbuh dan berkembang dalam Kekatolikan.

Tanggung jawab pendidikan iman Kekatolikan pertama-tama ada dalam diri orang tua yang harus diwujudkan sejak dini. Setelah anak-anak dibaptis maka orang tua sungguh-sungguh memelihara anak-anak ini supaya bertumbuh dan berkembang dalam rahmat baptisan maka anak harus dibiasakan untuk ikut ke Gereja pada hari Minggu, melatih anak berdoa bersama keluarga, menerima Komuni pertama, menerima Sakramen Krisma dan lain-lain. Orang tua juga mengarahkan anak-anak supaya mendapatkan pendidikan iman sebagaimana mestinya dan akhirnya anak-anak sungguh bertumbuh dan berkembang menjadi orang Katolik yang berkualitas, bermutu dan sungguh-sungguh berani menampilkan wajah Kristus dimanapun berada.

Dengan membaptiskan anak berarti kita bersiap untuk membuat anak sungguh bertumbuh dan berkembang dalam kekudusan maka kita mohon agar Tuhan sungguh-sungguh bekerja dalam diri anak-anak ini dan membantu para orang tua dan wali baptis sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk mendidik anak-anak dengan baik.

Dalam upacara baptisan ada air yang digunakan untuk membaptis melambangkanpembersihan, tanda kelahiran baru. Baptisan baru menerima kain putih sebagai lambang martabat baru/ manusia baru yang mengenakan Kristus dan lilin bernyala merupakan lambang Kristus Cahaya Dunia.

Wali Baptis yang dibutuhkan pada penerimaan Sakramen Baptis merupakan seorang penjamin, orang yang dikenal dan ditunjuk oleh calon baptis, seorang saksi iman yang dapat diandalkan, orang yang ikut bertanggung jawab supaya rahmat baptisan dapat berkembang, harus mampu dan siap memberi teladan, membimbing serta mendampingi anak baptisnya pada jalan kehidupan Kristus.

Nama-nama Baptisan 1 Februari 2020

  1. Max Evander
  2. Clementius Gavriel Callister Arnas
  3. Johanna Ibrani Emmanuella Ola Jari
  4. Geraldus Valka Alvaro
  5. Katarina Rahayu Setiabudi
  6. Raphael Ezra Depari
  7. Brigitta Keana Evelyn
  8. Rodrigo Axel Goran Geleuk
  9. Maximilianus Credo Rialdis
  10. Bernadetha Kanaya Patricia Manurung
  11. Benediktus Andaru Julio Affandi
  12. Teresa Ivanna Hanafi
  13. Vincentia Jovanca Viona Br. Hutajulu
  14. Fansiskus Evano

Leave a Reply


3 + 1 =