Pelantikan Komunitas Evangelisasi

February 10, 2020
Pelantikan Komunitas Evangelisasi

Komunitas Evangelisasi Paroki Santo Yoseph Palembang bertugas untuk membantu pelayanan pembinaan iman, pewartaan Injil dan pelayanaan kerasulan. Setelah mengadakan persiapan selama 1 tahun dengan mengikuti Kursus Evangelisasi Pribadi maka terbentuklah kepengurusan untuk masa bakti 8 Februari 2020 sampai 8 Februari 2023 sehingga bisa memperlancar tugas pelayanannya. Pelantikan Pengurus Komunitas Evangelisasi diadakan dalam Perayaan Ekaristi , Sabtu 8 Februari 2020 pukul 17.30 Wib oleh Pastor Paroki RD. Laurentius Rakidi.

Dalam homilinya RD. Rakidi mengatakan iman harus ditampakkan dalam perbuatan bukan hanya disimpan dalam hati tetapi harus diwujudkan dalam tindakan nyata dan perbuatan-perbuatan yang baik. Melalui doa dan peribadatan diharapkan membawa kita untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang baik dan berguna untuk org lain, peduli serta mau berkorban bagi orang lain. Orang-orang yang sudah dibaptis diberi tugas oleh Yesus untuk menjadi terang dan garam bagi dunia.

Menjadi garam berarti dimanapun kita berada diharapkan bisa membuat situasi dalam kebersamaan dengan orang lain menjadi enak, nyaman dan damai baik di tengah keluarga, di tempat kerja, jangan sampai merepotkan, jangan menjadi batu sandungan dan merugikan orang lain. Kita juga diajak untuk menjadi terang, memberi kesaksian yang baik dan benar di tengah-tengah kehidupan ini dan jangan sampai kita orang-orang Katolik justru melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak baik sehingga bisa menghancurkan kehidupan ini.

Hendaklah kita menjadi teladan bagi orang-orang yang ada disekitar dan kalau kita mau sungguh-sungguh menjadi garam dan terang dunia maka kita harus mau membaur dengan siapapun, jangan menjadi kelompok yang eksklusif, hebat dan merasa suci. Berada bersama mereka, berjuang bersama masyarakat untuk mengupayakan kebenaran dan kebaikan. Perbuatan baik yang sudah dilakukan, kita perjuangkan selama ini maka mari kita kembangkan supaya menjadi semakin baik dan kehadiran kita di tengah-tengah masyarakat sunghuh-sungguh berguna dan menjadi berkat bagi orang lain.

Perbuatan-perbuatan baik yang kita lakukan jangan sampai menggiring kita kepada kesombongan, merasa berjasa lalu mengharapkan penghormatan, penghargaan dan keistimewaan dari orang lain. Kalau bisa berbut baik itu bukan karena kehebatan kita tetapi karena Tuhan. Kita mohon agar semua dimampukan untuk melaksanakan tugas perutusan sebagai murid-murid Kristus sebagai orang Katolik di tengah-tengah kehidupan, masyarakat dan dunia ini dengan menjadi garam dan terang dimanapun berada sehingga hidup kita sungguh berguna untuk sesama.

Upacara pelantikan dipandu oleh FX. Suwajib Sekretaris DPP Santo Yoseph Palembang dengan membacakan SK Pengangkatan. Kemudian RD. Rakidi menanyakan kesediaan para pengurus untuk dilantik, setelah itu mereka mengucapkan janjinya di hadapan Tuhan dan seluruh umat. Dalam kesempatan ini Ketua DPP Santo Yoseph Palembang C. Wintoko menyerahkan SK Pengangkatan kepada Koordinator Komunitas Evangelisasi T. Subandi Sulistyo.

Upacara pelantikan diteruskan dengan pemberian berkat oleh RD. Rakidi kepada para pengurus serta memerciki dengan air suci, diakhiri pemberian ucapan selamat oleh RD. Rakidi dan Ketua DPP Santo Yoseph Palembang C. Wintoko. Diharapkan dengan pelantikan ini para pengurus dapat melaksanakan tugas pelayanan dengan hati yang murni dan diberkati oleh Tuhan.

Susunan Pengurus Komunitas Evangelisasi Paroki Santo Yoseph Palembang Peeiode 8 Februari 2020 -8 Februari 2023

Koordinator : T. Subandi Sulistyo

Wakil Koordinator : Yakobus Salim

Sekretaris I : Andreas Daris Awalistyo

Sekretaris II : Antonius Anton Wijaya

Bendahara : Rita Chandra

Seksi-Seksi :

  1. Seksi Pengajaran : Ign. Kusuma Wijaya, Ign. Suwardiyono, Ign. Stefanus Sugiyanto, Isodorus Edy Purwanto dan Marcus Darma Setiawan
  2. Seksi Kunjungan : Sr. Antonia, CM, MG. Lisnawati, Sany Yanuar, drg. So Liong Kim, Stefanus Triongko, Yohanes Subardan, Br. Mateus Sumarjo, SCJ, Yohanes Maria Sofyan, B. Heri Ismanto, Emi Darwin, Sr. M. Susana, FCh dan A. Yani Sumantri
  3. Seksi Acara : FX. Indra dan Billy Jaya
  4. Seksi Dokumentasi : Andreas Sukristiadi
  5. Seksi Publikasi : Lukas Hasta dan Jimmy Anto N.
  6. Seksi Perlengkapan : Thomas Hendro Sutoyo, Michael Sumarli dan Albertus Acil Jauhari

Leave a Reply


9 + 3 =