Pelantikan Pengurus Wilayah & Lingkungan XIII

February 17, 2020
Pelantikan Pengurus Wilayah & Lingkungan XIII

Pemekaran Wilayah dan Lingkungan kembali terjadi di Paroki Santo Yoseph Palembang diawal tahun 2020, kali ini bertambah 1 Wilayah yaitu : Wilayah XIII serta 2 Lingkungan baru : Lingkungan Santo Theodorus dan Lingkungan Santo Yakobus yang merupakan pemekaran dari Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario. Inilah merupakan karya Tuhan yang mau menyebarluaskan kerajaanNya di dunia. Pelantikan Pengurus Wilayah dan Lingkungan XIII periode 2020 sampai 2023 diadakan dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Paroki RD. Laurentius Rakidi, Minggu 16 Februari 2020 pukul 07.00 Wib di Gedung Serbaguna Santo Louis Palembang.

Dalam homilinya RD. Rakidi menyoroti mengenai kebutuhan aturan dan kesepakatan-kesepakatan yang mengikat kehidupan kita supaya tercipta kebaikan, keharmonisan dalam kehidupan bersama, dalam keluarga lingkup Gereja dan masyarakat. Kita semua sebenarnya bisa menatati peraturan demi kebaikan bersama asal mampu dan menaati peraturan bukan karena terpaksa, bukan karena kewajiban tetapi ini dibutuhan demi kebaikan hidup kita secara pribadi maupun dalam kebersamaan.

Perlu ada ketentuan/aturan/ hukum yang harus kita ikuti agar manusia tidak berbuat jahat dan berkembang menjadi baik, melalui sabda Tuhan ini kita diingatkan lagi agar jangan alergi dengan aturan/hukum/ketentuan-ketentuan dan harus melihatnya demi kebaikan diri kita dan bersama. Sebagai pengikut Kristus kita diajak untuk mentaati ketentuan/ peraturan yang berlaku baik di lingkup Gerejani dan di tengah masyarakat.

Kita diajak untuk menjadi orang yang taat pada aturan dan hukum dalam rangka mengelola hidup kita supaya bekemnbang menjadi semakin baik, menjadi orang yang bijaksana dan ikut ambil bagian atau memberi sumbangsih untuk kebaikan bersama itulah fungsi hukum dalam kehidupan sebagai orang Katolik. Kalau kita menghayati ketentuan dan hukum dengan landasan kasih ini maka hidup kita akan berkembang menjadi semakin baik, memberi kontribusi kepada masyarakat untuk menciptakan kebaikan dan kesejahteraan bersama.

Sekretaris 1 DPP Santo Yoseph Palembang FX. Suwajib memandu upacara pelantikan Pengurus Wilayah XIII dan Pengurus Lingkungan Santo Theodorus dan Santo Yakobus diawali dengan penyerahan berkas oleh Ketua Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario Theodorus Budi Prihanto kepada Ketua DPP Santo Yoseph Palembang C. Wintoko. Kemudian RD. Rakidi menanyakan kesediaan para pengurus untuk dilantik dan mengucapkan janjinya di hadapan Tuhan dan umatbyang hadir.

Dilanjutkan dengan penyerahan berkas kepada Ketua Wilayah XIII Yakobus Wakijo, Ketua Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario Yohanes Richard, Theodorus Budi Prihanto sebagai Ketua Lingkungan Santo Theodorus dan Yakobus Purwanto sebagai Ketua Lingkungan Santo Yakobus. Acara berikutnya RD. Rakidi memberkati para pengurus baru dan memerciki dengan air suci.

Sebelum berkat perutusan RD. Rakidi mengajak umat untuk bersukacita karena sudah terjadi pemekaran Wilayah yaitu : Wilayah XIII dan pemekaran Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario menjadi Lingkungan Santo Theodorus dan Lingkungan Santo Yakobus. Selamat kepada Pengurus Wilayah dan Pengurus Lingkungan XIII semoga dengan pelantikan ini sungguh-sungguh merupakan suatu peristiwa iman dimana Tuhan sungguh-sungguh menggunakan saudara-saudari sekalian untuk mendampingi dan melayani umat beriman melalui kepengurusan Gereja.

Dengan dilantik berarti saudara-saudari digunakan oleh Tuhan untuk melanjutkan karya Tuhan untuk mendampingi dan menjaga umat beriman. Selamat menjalankan tugass sebagai Pengurus Wilayah dan Lingkungan dan smoga diberkati oleh Tuhan, umat di Lingkungan XIII diharapkan sungguh-sungguh mau bekerjasma, membangun Wilayah dan Lingkungan serta membangun umat yang merupakan tugas kita sebagai murid2-murid Kristus.

Yakobous Wakijo Ketua Wilayah XIII mengatakan mohon bimbingan dan.petunjuknya supaya Lingkungan kami bisa berjalan dengan baik untuk mengabdi kepada Gereja sehingga visi misi Gereja Santo Yoseph Palembang bisa terlaksana dengan baik. Khusus Wilayah XIII dan 2 Lingkungan yang baru bisa berjalan dengan baik berkat bimbingan Pengurus-Pengurus Wilayah dan Lingkungan yang sudah beepengalaman.

Pada acara ramah tamah yang digelar seusai Perayaan Ekaristi Ketua DPP Santo Yoseph Palembang bersyukur dan sangat senang karena umat Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario yanhg berjumlah 107 KK sudah bisa berkembang sehingga diharapkan umat bisa mengikuti kegiatan dan ikut ambil bagian dalam setiap kegiatan.

Kepada Pengurus Lingkungan Santo Theodorus dan Santo Yakobus selamat bertugas dan mudaha-mudahaan kita semua bisa terlayani dengan baik, Ketua Wilayah XIII tolong teman-teman dikoordinir supaya kegiatan tetap jalan karena aslinya semua dari Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario sehingga keakraban tetap terjalin. Menjadi hal yang baru di Paroki Santo Yoseph Palembanb karena Lingkungan langsung menjadi Wilayah baru semoga kita semua bisa menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu Theodorus Budi Prihanto sekarang menjabat sebagai Ketua Lingkungan Santo Theodorus menceritakan bahwa Kepengurusan Santa Maria Ratu Rosario sebenarnya baru 1 thn dan sekarang sudah dimekarkan sebelum kami sudah diberi masukan untuk dimekarkan tetapi umat lingkungan masih menunda karena tidak mau berpisah tetapi akhirnya harus dilaksanakan karena ini merupakan tugas kita bersama mengembangkan kerajaan Allah.

Awalnya jumlah KK di Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario hanya 84 tetapi dalam waktu 1 tahun sudah ada 107 KK maka ini memang harus dimekarkan. Kemungkinan Lingkungan lain juga seperti ini maka diharapkan ada Lingkungan-Lingkungan lain yang dimekarkan. Umat Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario sangat kompak karena cara pendekatannya sehingga umat bisa menyadari bawa kita semua adalah keluarga dan Gereja.

Leave a Reply


9 + 7 =