Pembekalan Bahan Pertemuan APP 2020

February 20, 2020
Pembekalan Bahan Pertemuan APP 2020

Sebanyak 55 orang utusan dari Lingkungan dan Wilayah Paroki Santo Yoseph Palembang mengikuti kegiatan pembekalan bahan pertemuan Aksi Puasa Pembangunan 2020, Senin 17 Februari 2020 di Aula Pastoran yang dipandu oleh Yohanes Suwarto, Seksi Pemandu Pertemuan Lingkungan DPP Santo Yoseph Palembang.

Yohanes Suwarto dalam pengantarnya mengatakan kerangka besar APP Nasional 3 tahunan, yaitu : Gerakan Melindungi dan Mengelola Sumber Hak Ekonomi Masyarakat yang Bermartabat, Berbelarasa dan Berkelanjutan. Point dari Gereja ditegaskan pada sumber daya untuk mencapai kesejahteraan, kita mau mencermati perkembangan kehidupan menggereja dan kehidupan masyarakat karena Gereja yang tidak bermasyarakat berarti Gereja tersebut tidak akan berbuah maka Gereja harus bermasyarakat dan memperjungkan masyarakat supaya semakain bermartabat hidupnya.

Sementara itu RD. Vinsensius Setiawan Triatmojo (Avien) Ketua Komisi Kateketik, Liturgi dan Kitab Suci Keuskupan Agung Palembang yang memberikan pembekalan menjelaskan bahwa bahan-bahan Aksi Puasa Pembangunan (APP) selalu terkait langsung dengan ajaran sosial Gereja dan sangat relevan ketika berbicara tentang kondisi yang seharusnya menjadi tanggung jawab Gereja dan membantu masyarakat. Cita-cita Gereja ada 2, yaitu : membantu menciptakan kesejahteraan umum unruk seluruh masyarakat karena Gereja sendiri merupakan bagian dari masyaraka dan cara Gereja untuk membantu mencapai kesejahteraan masyarakat dengan opsi dasar Gereja sendiri untuk mengabdi pada kaum miskin.

Tidak pernah akan ada kesejahteraan umum tanpa prioritas perhatian dari yang lemah dan miskin, ini sudah merupakan prinsip untuk mencapai titik tertinggi dari kebaikan bersama maka orang harus mulai dari titik nol yaitu : mereka yang paling kecil. Sebetulnya menjadi tugas dasar yang berat bagi kita semua sebagai anggota Gereja untuk bisa mewujudkan gagasan dasar sekaligus tujuan dari pekan APP tahun ini.

Hal ini merupakan tema besar selama 3 tahun dari 2020-2022 yang merupakan paket ke 2 dengan sub judul : Jangan Rampas Hak Kami sebagai tema tahun 2020. Sementara itu tema APP 2020 adalah : Membangun Kehidupan Ekonomi yang Berbelarasa dengan sub judul : Semakin Bertobat, Semakin Solider dan tema APP 2020 yaitu : Membangun Kehidupan Ekonomi yang Selaras dengan Alam, subjudul : Merusak Alam Menghancurkan Kehidupan.

Pertemuan APP diadakan sebanyak 5 kali dengan pembahasan dalam setiap pertemuanya, Membangun Kehidupan Ekonomi yang Bermartabat :

  1. Seperti Kehendak Pencipta.
  2. Menjaga daan Merawat Bumi Demi Generasi Mendatang.
  3. Feodalisme dan Intervensi Korporasi Ancaman Serius Saat Ini.
  4. Panggilan Manusia-Gereja, Mengusahakan Kesejahteraan Umum.
  5. Gerakan Pertobatan dan Aksi Solidaritas.

Leave a Reply


3 + 8 =