Masa Penantian di Tengah Pandemi Covid 19

December 5, 2020
Masa Penantian di Tengah Pandemi Covid 19

Umat Katolik memasuki masa penantian menyambut kedatangan Tuhan Yesus 25 Desember 2020 di tengah pandemi covid 19 masih berlangsung. Gereja Santo Yoseph Palembang mengadakan Perayaan Minggu Adven I pada hari Sabtu-Minggu 28-29 November 2020. Selama 4 Minggu umat Katolik menantikan kedatangan Tuhan ditandai dengan penyalaan lilin yang berwana ungu sebanyak 3 buah dan 1 lilin merah jambu. Penyalaan lilin ini melambangkan cahaya Kristus dan Minggu Adven I lilin yang dinyalakan berwana ungu merupakan tanda pengharapan,  Minggu Adven Il lilin warna ungu melambangkan kestiaan dan cinta, Minggu Adven III lilin warna merah jambu yang menjadi tanda sukacita dan Minggu Adven IV lilin warna ungu yang melambangkan perdamaian.

Umat Paroki Santo Yoseph Palembang mengadakan Perayaan Minggu Adven I pada hari Sabtu-Minggu, 28-29 November 2020. Dalam Perayaan hari Sabtu, 28 November 2020 pukul 17.30 Wib dipimpin oleh RD. Laurentius Rakidi didampingi oleh Rm. Hans Rettob, MSC dan  dilakukan penyalaan lilin berwarna ungu sebagai tanda memasuki masa penantian.

Lewat homilinya RD. Laurentius Rakidi mengatakan masa Adven mengingatkan kita  bahwa hidup ini seluruhnya adalah sebuah penantian. Kita harus selalu setia kepada Tuhan kalau mau mendapatkan ketentraman, kedamaian dan sukacita,  tidak boleh meninggalkan Tuhan  karena akan kehilangan keselamatan, kedamaian dan ketentraman dalam hidup. Dalam menjalani hidup ini kita juga harus berjaga-jaga jangan terlena, waspada dan siap sedia, sikap inilah yang harus kita miliki dalam rangka menantikan kedatangan Tuhan pada akhir zaman dan saat kedatangan Tuhan dalam Perayaan Natal.

Kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, membersihkan kekurangan dan dosa kita yang harus kita perjuangkan dalam masa penantian. Melalui Gereja telah memberikan Sakramen-Sakramen semuanya diharpakn untuk membantu orang yang percaya kepada kristus supaya menghayati masa penantian ini dengan baik, misanya : rajin Gereja merayakan Ekaristi, Sakramen Tobat dan lain-lain. Gereja juga mengajak kita untuk menghayati masa penantian dengan panggilan hidup kita masing-masing sehingga jika waktunya tiba kita semua siap untuk membukakan pintu bagi kedatangan Tuhan.

Selain itu kita diajak untuk ikut ambil bagian dalam aksi sosial dan aneka macam kegiatan lain yang diselenggarkan oleh Gereja, sehingga masa penantian ini sungguh bermanfaat bagi kehidupan kita dan sesama.  Mari kita bersama menghayati masa penantian dengan sebaik mungkin dan melakukan yang terbaik sesuai panggilan hidup dan tugas  yang dipercayakan supaya membawa hidup kita ini semakin hari berkembang semakin suci.

Selama masa pandemic covid 19 umat yang akan mengikuti Misa di Gereja Santo Yoseph Palembang harus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona. Sebelum memasuki Gereja umat harus mencuci tangan, diperiksa suhu tubuhnya, duduk sesuai dengan jarak yang ditentukan dan tetap memakai masker sampai Misa berakhir.

Leave a Reply


5 + 6 =