Mgr. Yohanes Harun Yuwono Uskup Agung Palembang

October 11, 2021
Mgr. Yohanes Harun Yuwono Uskup Agung Palembang

Umat Keuskupan Agung Palembang bersukacita dengan dilantiknya Uskup Agung Yohanes Harun Yuwono menggantikan Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ yang purnabakti setelah selama 27 tahun menjabat sebagai Uskup. Instalasi Kanonikal Uskup Agung Palembang diadakan di Gereja Santo Yoseph Palembang, Minggu 10 Oktober 2021. Dalam Possesi Kanonika Uskup Agung yang baru dibacakan Bula dari Tahta Suci (Surat Keputusan Pemilihan dan Pengangkatan Uskup Agung baru) yang dibacakan oleh Mgr. Kornelius Sipayung, OFM dan kemudian menunjukkan surat tersebut kepada seluruh umat yang hadir.

Dalam homilinya Bapak Ignatius Kardinal Suharyo mengatakan Sinode ke 3 akan dilanjutkan oleh Mgr. Harun Yuwono dan semoga Keuskupan Agung Palembang menumbuhkan Keuskupan ini sebagai suatu persekutuan dimana semua warganya berpartisipasi mencari dan menemukan kreativitas-kreativitas baru mewartakan wajah Allah yang penuh kasih.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru dalam acara ramah tamah dengan para uskup mengucapkan terima kasih atas pengabdian Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ dan meskipun sudah pensiun sebagai Uskup Agung tetap memberikan ilmu-ilmunya bagi masyarakat Sumatera Selatan bukan hanya pada umat Katholik saja tetapi untuk umat yang universal

Dalam kesempatan ini Uskup Agung Palembang Mgr. Yohanes Harun Yuwono mengajak umat dimana saja berada hendaklah kita menjadi garam dan terang dunia yakni hidup benar, adil dan jujur dalam semangat Allah. Kasih yang jujur adalah selalu bebuat baik tanpa pamrih, tanpa membedakan dan itu akan mendatangkan sukacita, kedamaian, ketentraman dalam hidup. Juga berharap domba-domba yang digembalakan juga mengikuti semangat hidup gembalanya, maka hendaklah kita bersatu seia sekata, senasib sepenanggungan, seiring sejalan, berjalan bersama dengan semua orang yang berkehendak baik.

Pada acara ramah tamah dengan para uskup seusai kegiatan Instalasi Kanonikal Uskup Agung Palembang di Aula Gedung Serbaguna Paroki Santo Yoseph Palembang dilakukan pemotongan tumpeng oleh Mgr. Yohanes Harun Yuwono dan Mgr. Aloysius Sudarso sebagai ucapan syukur.

Leave a Reply


8 + 2 =