Hidup Kita Dibaharui Oleh Roh Kudus

September 6, 2023
Hidup Kita Dibaharui Oleh Roh Kudus

Seusai pandemi covid 19 kegiatan Kebangunan Rohani Katolik (KRK) kembali digelar salah satunya diadakan oleh PDKK Santo Yoseph Palembang dengan mengundang pembicara RD. Steve Winarto, Moderator BPN PKKI & Charis Imdonesia, Senin 4 September 2023 mulai pukul 18.30 Wib. Kegiatan KRK dihadiri kurang lebih 700 umat dengan tema : Kuasa Roh Kudus Perbaharui Hidup Kita.

KRK juga dihadiri oleh Uskup Agung Palembang Yohanes Harun Yuwono, Ketua DPP Santo Yoseph Palembang Fortunatus Sujadiyanto, Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Silvester Joko Susanto, Romo Louis Antony Wijaya, SCJ, Koordinator Badan Pelayanan Karismatik (BPK) Keuskupan Agung Palembang Elisa Satrini, Wakil Koordinator BPK KaPal Djunaidi dan Whira Wanagiri Koordinator Catholic Family Ministry (CFM) KaPal.

F. Hengky T.P selaku Koordinator PD. Santo Yoseph Palembang mengawali kegiatan dengan mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua panitia dan mari kita satukan hati, mari kita buka hati, mari kita menerima kehadiran Roh Kudus yang sudah ada dalam diri kita, kita bangkitkan kembali Roh Kudus yang akan berkobar-kobar untuk siap dan setia pada Yesus.

Sementara itu dalam sambutannya Uskup Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono mengatakan KRK sesungguhnya suatu gerakan devosional salah satunya berdevosi kepada pribadi tertentu menuju kepada Allah, berdevosi kepada Roh Kudus. Kelompok ini sungguh-sungguh ingin menghadirkan Allah Tritunggal dengan tiga pribadi yang sering kita lupakan yaitu : Roh Kudus. Jarang yang mengingat Roh Kudus padahal Roh Kudus adalah Allah Tritunggal yang setara, sebanding, semartabat dengan Bapa dan Putera karena itu tak pernah boleh dilupakan peran Roh Kudus dalam keberimanan kita karena kekuatan Allah Roh Kudus sebanding dengan kekuatan Bapa dan Putera.

Kebangunan Rohani ini bawalah dalam hidupmu, dalam keluarga, satu sama lain mengasihi seperti Allah Roh Kudus yang merupakan pengikat Bapa dan Putera yang karena itu tidak pernah berseberangan. Roh Kudus menyertai kita bersama Bapa dan Putera, Allah dalam kebersamaan dan dalam tiga pribadi yang tak terpisahkan, dalam kesatuan yang utuh, karena itu juga tak pernah sedetikpun meninggalkan kita karena kehendak Bapa, kasihNya menghendaki keselamatan untuk kita semua.

Dalam keluarga kasih Allah harus mendasari kehidupan dan kebersamaan, hidup dalam iman akan Allah Tritunggal yang kita hayati dalam keluarga harus sungguh-sungguh nampak. Orang Katolik seharusnya adalah orang yang paling harmonis dalam kehidupan keluarga dan dalam keluarga kita hidup baik, saling mengasihi, masyarakat akan sehat, negara akan bermartabat tidak akan ada kekacauan, kebencian atau perselisihan karena sudah didasari oleh kasih yang tak terpisahkan dan mengikat Bapa, Putera dan Roh Kudus, hanya kehendak baik yang harus ada dalam keluarga.

RD. Steve Winarto dalam paparannya mengatakan Allah Roh Kudus jarang disebut oleh kita padahal Allah Roh Kudus yang selalu memberikan pembaharuan dalam hidup kita, ketika hidup kita menjadi lebih baik disitulah Roh Kudus bekerja. Yesus mengajak kita untuk bangkit dan bangunlah dari kegelapan, terbuka dari ketertutupan agar kita sadar dari situasi kenyamanan masing-masing. Kata bangunlah dan angkatlah oleh Yesus mau mengajak kita untuk berani mengevaluasi diri dari kebutaan, ketimpangan dan kelumpuhan kita masing-masing. Kalau mau hidup anda dibaharui oleh Tuhan, kalau anda mau merasakan kuasa Tuhan jangan ragu-ragu, jangan ditahan untuk diangkat tilam anda, sungguh-sungguh perbaharui hidup anda.

Mohonkanlah rahmat Roh Kudus supaya kita masing-masing dapat mengangkat tilam-tilam supaya kita dibaharui oleh Tuhan sendiri. Mari ketika kita mau diperbaharui oleh Roh Tuhan, kuasa Roh Kudus angkatlah tilam kita supaya bisa bangkit, hidup dengan baik, kita bisa hidup dengan lebih sukacita dan lebih terbuka. Semoga dari malam ini kita punya semangat baru, kita dibaharui bukan hanya fisik, roh, jiwa dan diri kita dibaharui oleh Tuhan. Kita mohonkan supaya kuasa Roh Tuhan bisa menyembuhkan, memulihkan, mengangkat segala luka dan beban semua buka sama Tuhan, mari buka hati kita dan biarkan Roh Tuhan mengalir untuk memampukan, menguasai dan membaharui hidup kita.

Dalam Kebangunan Rohani Katolik umat diberi kesempatan untuk melakukan pelayanan doa secara pribadi yang dilayani oleh para imam dan awam diawali dengan pujian pengantar pencurahan Roh Kudus oleh Favor Wordship Band.

Leave a Reply


8 + 7 =