Gembira Bisa Melayani Umat

October 9, 2021
Gembira Bisa Melayani Umat

Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ mengakhiri tugasnya selama 27 tahun memimpin Keuskupan Agung Palembang dan akan menyerahkan estafet kepemimpinannya kepada Mgr. Yohanes Harun Yuwono, Minggu 10 Oktober 2021 dalam acara pelantikan Uskup Agung di Gereja Santo Yoseph Palembang, pukul 17.00 Wib. Selama menjabat sebagai Uskup Agung Palembangi ia mengaku gembira karena sudah mendapat kesempatan melayani dan umat menerima dengan sangat baik, terima kasih kepada seluruh umat, imam, biarawan-biarawati dan tokoh masyarakat.

Uskup Aloysius Sudarso berharap agar umat Katholik bisa membawa terang, menjadi garam ditengah-tengah masyarakat yang luas dan membangun dialog ditengah perbedaan, juga bisa menerima perbedaan untuk saling memperkaya. Umat katholik menjadi bagian penting bagi kehidupan berbangsa, bisa tumbuh dan berkembang dan Gereja juga hadir ditengah masyarakat yang luas.

Selain itu meminta kepada seluruh umat Katholik, imam, biarawan-biarawati agar menerima Uskup Agung yang baru dengan sukacita. Gereja menampakkan Tuhan yang peduli kepada sesama, yang sakit, miskin, dalam kondisi pandemi solidaritas sangat penting dan mengajak umat berdoa agar pandemi segera berlalu, diberi kekuatan untuk menghadapinya dengan iman.

Kepada uskup yang baru Mgr. Yohanes Harun Yuwono agar menerima dengan  sukacita apa yang sudah dipilih terutama sudah melalui proses dan melanjutkan para rasul membawa gereja dengan rendah hati agar menampilkan wajah Tuhan yang belas kasih. Uskup Agung yang baru akan melanjutkan apa yang sudah dirintis, kehidupan yang terus berkembang sesuai perkembangan zaman dan tantangan kedepan terus berkembang, pandemi juga merupakan tantangan baru yang harus direfleksikan.

Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ ditahbiskan sebagai Uskup sejak tahun 1994 statusnya membantu uskup yang lama kemudian tahun 2003 diangkat menjadi Uskup Agung Palembang dan Keuskupan Agung Palembang meliputi 3 propinsi yaitu : Sumatera Selatan, Bengkulu dan Jambi.

.

Leave a Reply


6 + 9 =