Bakti Sosial Operasi Katarak HUT Emas Paroki Santo Yoseph Palembang

August 30, 2016
Bakti Sosial Operasi Katarak  HUT Emas Paroki Santo Yoseph Palembang

Bakti Sosial Operasi Katarak  HUT Emas Paroki Santo Yoseph Palembang

      katarak 1        katarak 3        katarak 10

Foto Bersama                        Paramedis RS. RK Chritas                Peserta operasi katarak

Dalam rangka HUT Emas Paroki Santo Yoseph Palembang banyak kegiatan yang dilaksanakan antara lain : pemeriksaan kesehatan gratis, bakti sosial dan penyuluhan kesehatan. Salah satu kegiatan yang diadakan adalah bakti sosial operasi katarak kerjasama dengan  RS.RK. Charitas dalam rangka HUT ke 90 dan PERDAMI (Persatuan Dokter Mata Seluruh Indonesia Cabang  Sumatera Selatan).

Secara simbolis kegiatan bakti sosial dibuka  oleh Petrus Lukito mewakili Dewan Paroki Santo Yoseph Palembang, Sr. Pauline, Ketua Yayasan RS. Charitas Palembang menyampaikan doa agar kegiatan berjalan dengan lancar, juga dihadiri oleh anggota PERDAMI, panitia dan seluruh pasien. Dalam kata sambutannya Petrus Lukito mengatakan “ Kegiatan ini diadakan dalam rangka ucapan syukur pesta emas Paroki Santo Yoseph Palembang dan HUT ke 90 RS. RK Charitas. “

katarak 5                                                    katarak 4

dr. Harsono Santoso memberikan pengarahan pada pasien                  Tartisius Sugiman peserta tertua

Sebanyak 64 orang mendaftarkan diri untuk mengikuti operasi katarak ini tetapi setelah disaring hanya ada 21 orang yang bisa melakukan operasi  sementara lainnya  tidak bisa karena ada penyakit kontraindikasi,  kelainan syaraf, tekanan bola mata, belum siap dan mengundundurkan diri.  21 orang  peserta operasi katarak ini berasal dari lingkungan/kring di Paroki Santo Yoseph Palembang, Paroki San Frades, Paroki Katedral Santa Maria, Paroki Santa Maria Ratu Rosari, Lubuk Linggau, Curup dan Bengkulu.

Persiapan sudah mulai dilaksanakan bulan Februari 2016 dengan pemeriksaan kesehatan dan kesiapan mental sementara  bulan Juli dan Agustus persiapan lebih mendetail tentang pemeriksaan mata dan laboratorium, sesudah semua siap maka dilakukan operasi tanggal 28 Agustus 2016.  Operasi katarak ini dilakukan ada 3 orang dokter spesialis mata, yaitu : dr. Sumedi, dr. Astya dan dr. Linda yang mulai melakukan operasi pukul 09.00 s/d 14.30 Wib di RS.Rk Charitas Palembang.

katarak 2           katarak 9      katarak 6      katarak 8      katarak 7

Sr. Pauline & Petrus Lukito                                 Tahapan persiapan sampai operasi katarak

Sebelum dilakukan operasi dr. Harsono Santoso, salah seorang panitia memberikan pengarahan kepada seluruh pasien agar bisa mengikuti semua tahapan pelaksanaan operasi dengan baik, bisa berjalan lancar.  Semua peserta sebelum masuk ke ruang operasi diperiksa tekanan darahnya dan diberi tanda dimata yang akan dioperasi. Operasi kurang lebih 1 jam mulai dari persiapan sampai selesai, kegiatan ini diikuti oleh peserta tertua berusia 90 tahun Tartisius Sugiman dan peserta termuda 50 tahun Steven Heryanto Leonardi.

 

 

Leave a Reply


6 + 7 =