Umat Santo Yoseph Palembang Mengikuti Ibadat Jalan Salib

March 9, 2017
Umat Santo Yoseph Palembang Mengikuti Ibadat Jalan Salib

    

Ibadat Jalan Salib di Gereja Santo Yoseph Palembang

Umat Katolik mulai memasuki masa Prapaskah 2017 dengan penerimaan Abu di dahi sebagai tanda pertobatan, puasa, pantang, matiraga dan amal kasih. Menyambut hari Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus umat diajak untuk merenungkan sengsara dan wafatnya bagi keselamatan manusia. Selama masa Prapaskah umat Gereja Santo Yoseph Palembang mengikuti Ibadat Jalan Salib, setiap hari Jumat, pukul 18.00 Wib dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi. Prosesi ibadat jalan salib dimulai 3 Maret 2017, dipimpin oleh V. Handoko dan Heri Dinata.

Seusai ibadat jalan salib dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Rm. Avien, dalam homilinya RD. Avien mengatakan “ Puasa menjadikan Tuhan dan sesama kita sebagai pusat perhatian dan pandangana selama masa tobat ini. Karena Puasa yg sejati seturut Yesaya adalah ketika kita mampu  membuka belenggu-belenggu kelaliman, iri, dengki, sifat culas, sifat ingin menguasai dan mendominasi orang lain.  Puasa yang sejati  adalah ketika kita memperbesar kasih Tuhan bagi sesama yang ada di sekitar kita dengan memperkecil ego dan juga terutama kesenangan dan kepentingan diri kita sendiri inilah yang menjadi dasar dari  masa aksi puasa pembangunan kita.”

     

Umat mengikuti ibadat jalan salib

Dalam kesempatan ini selama masa APP kita sedang bertindak atau  sedang mengadakan gerakan/aksi untuk peduli kepada kesejahteraan sesama, kita diminta untuk mengencangkan ikat pinggang dalam arti bahwa kita  mengurangi apa yg selama ini menjadi kesenangan kita  kemudian  membagikannya untuk kepentingan umum/sesama kita. Cukup banyak umat yang hadir dalam kegiatan Ibadat jalan salib dan perayaan Ekaristi hingga berakhir pukul 19.30 Wib. Mari kita isi masa Prapaskah ini dengan bertobat dan peduli dengan sesama serta mengikuti ibadat jalan salib setiap hari Jumat pukul 18.00 Wib sampai 14 April 2017 di Gereja Santo Yoseph Palembang.

Leave a Reply


3 + 9 =