Bangkit Bersama Kristus Membuat Dunia Semakin Baik

April 20, 2017
Bangkit Bersama Kristus Membuat Dunia Semakin Baik

RD. Avien membasuh dan mencium kaki 12 orang

Dalam Pekan Suci umat diajak untuk memasuki suasana khusus yang disebut dengan Trihari Suci yang dimulai pada perayaan Kamis Putih sampai Malam Paskah.  Perayaan Kamis Putih merupakan peringatan akan perjamuan Tuhan yang mendahului kesengsaraanNya, diadakan 13 April 2017, pukul 18.00 Wib dipimpin oleh RD. Avien didampingi oleh RD.Laurentius Rakidi dan Rm. Tarsis.

Pada Perjamuan Malam terakhir ada hal yang sangat penting yang ditunjukkan Yesus Kristus, yaitu :  pembasuhan kaki dan menyerahkan hidupnya sebagai tanda cinta. RD. Avien melakukan pembasuhan dan mencium kaki 12 orang yang mewakili umat Paroki Santo Yoseph Palembang, yang melambangkan tanda kasih dengan mau menjadi pelayan/hamba.

     

Perarakan dan pentahtahan Sakramen Maha Kudus

Sesudah misa berakhir Sakramen Maha Kudus diarak menuju aula serbaguna Santo Yoseph Palembang untuk ditahtahkan disana dan umat diajak untuk mengadakan tuguran berjaga-jaga, berdoa dan merenungkan sengsara Yesus yang wafat untuk umat manusia.

     

Ibadah Jumat Agung

Peringatan Jumat Agung 14 Apri 2017 diawali dengan Ibadat Jalan Salib pukul 09.00 Wib di Gereja Santo Yoseph Palembang yang dipimpin oleh RD. Laurentius Rakidi, untuk mengenang peristiwa sengsara Yesus Kristus.

Wafat Yesus disalib merupakan wujud cinta kasih yang mendalam kepada umat manusia dan umat Santo Yoseph mengikuti Ibadah Jumat Agung, pukul 15.00 Wib yang dipimpin oleh RD. Avien didampingi oleh Rm. Tarsis. Sesudah perarakan masuk ke dalam gereja RD. Avien tiarap di depan altar dan Rm. Tarsis berlutut untuk mengenangkan sengsara Yesus Kristus yang wafat disalib. Dalam Ibadah Jumat Agung umat diajak untuk memberi penghormatan kepada Yesus dengan cara mencium salib sebagai permenungan bagi kita dengan penderitaan Yesus dan ikut ambil bagian dalam kurban Kristus.

  

Penghormatan Salib

Rangkaian penutup Trihari Suci yaitu : Perayaan Malam Paskah sebagai perayaan kebangkitan Yesus, umat Santo Yoseph Palembang merayakannya pada tanggal 15 April 2017, pukul 19.00 Wib yang dipimpin oleh RD. Laurentius Rakidi didampingi RD. Avien dan Rm. Tarsis. Diawali dengan upacara cahaya/penyalaan lilin paskah yang melambangkan kehidupan baru dan menyala. Api melambangkan semangat yang berkobar-kobar dan lilin melambangkan kebangkitan Yesus.

 

Upacara Cahaya/Penyalaan Lilin Paskah

Perayaan Malam Paskah  merupakan malam kebangkitan Tuhan, perayaan ucapan syukur agung dengan perayaan Ekaristi yang paling utama selama tahun liturgi. Dalam perayaan ini  RD. Rakidi juga memberkati air suci yang dipakai untuk memberkati umat Santo Yoseph Palembang sesudah memperbaharui janji baptisnya.

Dalam homilinya RD. Rakidi menyatakan “ Semoga paskah tahun ini menjadi hari yang penuh berkat bagi kita semua, sehingga kita disemangati untuk bangkit berjuang bersama Kristus dan membuat dunia ini menjadi semakin baik.”

Perayaan  Malam Paskah                                  Pemberkatan Air dan Rm.Rakidi memercikkan air suci

Leave a Reply


1 + 3 =