Pembekalan Dan Penyegaran Pengurus Wilayah Serta Lingkungan

January 27, 2019
Pembekalan Dan Penyegaran Pengurus Wilayah Serta Lingkungan

Ketua Wilayah foto bersama DPP dan Rm Paulus Harnasa Purba, SCJ

55 peserta mengikuti pembekalan dan penyegaran Ketua Wilayah dan Lingkungan Paroki Santo Yoseph Palembang, Minggu 27 Januari 2019 pukul 09.00 Wib di Gedung Aula Serbaguna Santo Louis Palembang.

Dalam sambutannya Al. Purwo Nugroho Ketua Bidang Pemberdayaan Wilayah dan Lingkungan mengatakan kegiatan pembekalan dan penyegaran Wilayah dan Lingkungan merupakan implementasi Program Kerja untuk menyatukan persepsi akan tugas dan tanggung jawab sebagai pelayan umat yang dipercaya Wilayah dan Lingkungan. Semoga pencerahan yang disampaikan Rm. Paulus Harnasa Purba, SCJ nanti menjadi pedoman dalam tugas sebagai Pengurus Wilayah dan Lingkungan.

Peserta sedang mendengarkan materi yang disampaikan oleh Rm. Harnasa Purba, SCJ

Tidak kalah penting adalah tanggung jawab untuk pemekaran Lingkungan, kelancaran pelayanan Liturgi (tata laksana dan koor), pembinaan anak-anak muda dan pembentukan WKRI Ranting dan Wilayah yang merupakan aset organisasi Katolik.

Rm. Paulus Harnasa Purba, SCJ menyampaikan materi tentang : Manajemen dan Manajerial Gereja, Organisasi vs Organisme. Dalam kesemoatan ini Rm. Harnasa mengatakan menjadi anggota DPP merupakan jalan menuju surga dengan memberikan diri secara tulus untuk melayani umat.

Umat Wilayah 1 sedang mengadakan diskusi bersama

Rangkaian acara penyegaran dan pembekalan dilanjutkan dengan sosialisasi tentang WKRI yang disampaikan oleh Y.D Murwatiningsih tujuannya selain untuk memperkenalkan keberadaan WKRI juga mengajak kaum wanita di Wilayah dan Lingkungan untuk bergabung serta membentuk ranting.

Ketua DPP Santo Yoseph Palembang C. Wintoko juga memberikan evaluasi tentang berbagai hal terkait dengan kegiatan liturgi di Gereja Santo Yoseph Palembang dan mengharapkan agar kedepan  Wilayah dan Lingkungan bisa lebih baik lagi untuk melaksanakan tugasnya.

Al. Purwo Nugroho Ketua Bidang Pemberdayaan Lingkungan dan Wilayah DPP Santo Yoseph Palembang sedang memberikan kata sambutan

Sementara itu Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidi mengatakan kita hari ini bersama Rm. Purba diajak untuk menyadari kembali  keberadaan kita sebagai umat Allah. Kita mengandalkan kekuatan dan campur tangan Tuhan inilah dimensi iman yang harus tetap kita pegang teguh dalam menghayati kehidupan menggereja. Disamping kita mengandalkan kekuatan Roh Kudus juga harus ada upaya untuk mengelola supaya Gereja persekutuan kita  sungguh-sungguh berkembang  secara Illahi dan mnusiawi pengelolaannya harus disertai dengan semangat pelayanan.

Keterlibatan umat sangat diperlukan dalam kehidupan menggereja dan semangat melayani harus kita miliki dengan murah hati, tanpa lelah dan tanpa batas. Kita semua sebagai Pengurus Wilayah, Lingkungan dan DPP dan kepengurusan Gereja ini keterlibatannya bersifat partisipatif yang menekankan unsur konsultasi, dialog dan pelayanan . Maka dalam kehidupan kita sebagai  seorang pemimpin, kita diajak untuk sungguh-sungguh melaksankan tugas yang partisapasi, kita diajak untuk mendialogkan, mengkonsultasikan dan membagikan peristiwa hidup para anggota kita sehingga jika ada kesulitan bisa dipecahkan dan yang membutuhkan pertolongan bisa dilayani dengan baik.

 

 

 

 

 

 

 

YD. Muwartiningsih Dan D. Ruth Biarsih anggota WKRI DPC Santo Yoseph sedang mengadakan sosialisasi tentang wKRI

Dalam acara pembekalan dan penyegaran Pengurus Wilayah dan Lingkungan diadakan penandatangan kesepakatan bersama, yaitu : melakukan pemekaran Lingkungan, melaksanakan pelayanan Liturgi, melakukan pembinaan kaum muda di Wilayah dan Lingkungan, membentuk WKRI Ranting di Wilayah dan Lingkungan serta terlibat secara aktif dalam aneka kegiatan menggereja. Penandatangan dilakukan oleh perwakilan Wilayah dan Lingkungan yang hadir dalam acara ini, Ketua DPP C. Wintoko dan Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidi.

Lingkungan dan Wilayah yang mengikuti pembekalan dan penyegaran terdiri dari : Lingkungan Santo Yohanes, Lingkungan Santo Aloysius, Lingkungan Fransiskus Xaverius, Lingkungan Mgr. Sugiyopranoto, Lingkungan Santa Regina, Lingkungan Emmanuel 1, Lingkungan Christoforus Martir, Lingkungan Theovanus Venard, Lingkungan Santo Andreas, Lingkungan Santo Antonius, Lingkungan Santo Agustinus, Lingkungan Ignasius Loyola, Lingkungan Santo Petrus, Lingkungan Santa Agatha, Lingkungan Romo Sanjoyo, Lingkungan Emmanuel 3, Lingkungan Santo Paulus, Lingkungan Santa Maria Magdalena, Lingkungan Pater Leo Dehon, Lingkungan Santa Lusia, Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario, Lingkungan Santo Beda, Lingkungan Santo Blasius, Lingkungan Emmanuel 2, Ketua Wilayah 2, Wilayah 5, Ketua Wilayah 6, Ketua Wilayah 7, Ketua Wilayah 8, Ketua Wilayah 9, Ketua Wilayah 10 dan Ketua Wilayah 11.

Penandatanganan kesepakatan.bersama Pengurus Lingkungan dan Wilayah

Bertepatan dengan acara penyegaran dan pembekalan Pengurus Wilayah dan Lingkungan Pengurus DPP Santo Yoseph Palembang mengajak peserta untuk merayakan HUT ke 20 Imamat RD. Laurentius Rakidi dengan menyanyikan selamat ulang tahun, kemudian RD. Rakidi meniup lilin dan memotong kue setelah itu memberikan potongan kuenya kepada Ketua DPP C. Wintoko.

Hut ke 20 Imamat RD. Laurentius Rakidi dirayakan oleh Pengurus DPP, Pengurus Lingkungan dan Wilayah

Leave a Reply


3 + 9 =