Budi Prihanto Ketua Umum Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario

February 16, 2019
Budi Prihanto Ketua Umum Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario

RD. Laurentius Rakidi memimpin Perayaan Ekaristi

Umat Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario telah memilih Pengurus Lingkungan periode 2019 – 2022 dan menjadi Ketua Umum Theodorus Budi Prihanto dengan komposisi pengurus yang cukup banyak karena ada rencana untuk pemekaran Lingkungan dan dimulai dengan perbasis. Pelantikan pengurus baru dilaksanakan dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidi, Jumat 15 Februari 2019 pukul 19.30 Wib dihadiri juga oleh anggota DPH, umat Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario, Ketua Lingkungan Kristoforus Martir, Ketua Lingkungan Santo Andreas, Ketua Wilayah 11 dan beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam homilinya RD. Laurentius Rakidi mengatakan bagi siapapun dalam menjalankan tugas kepemimpinannya sungguh memancarkan kasih Tuhan. Tugas kepemimpinan yang harus dijalankan adalah berpola kepada Yesus Kristus, sebagai seorang hamba yang mau melayani. Itulah kepemimpinan yang ditawarkan oleh Yesus kepada dunia dan kita perjuangkan sebagai pengikut Kristus supaya dunia juga semakin tahu bahwa  keemimpinan yang benar adalah kepemimpinan yang diteladankan oleh Yesus dan mari kita menerima tugas dari Gereja ini dengan penuh keiklasan dan sukacita. Bagi umat di Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario mari kita bekerjasama dengan pengurus yang baru serta saling mendukung supaya akhirnya kita menjadi persekutuan yang hidup dan berkembang bersama-sama. Melalui pelantikan ini juga dinyatakan atau dikumandangkan kepada kita orang-orang yang sudah dipilih Tuhan untuk menjalankan tugas kepemimpinannya dalam masa bakti tertentu.  Pengurus Lingkungan yang baru ini hendaknya menerima dengan tulus iklas , penuh sukacita dan bersedia, sehingga bisa membawa berkah bagi hidup kita dan akan mendekatkan diri kita dengan Tuhan.

Pelantikan Pengurus Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario Periode 2019 – 2022

Prosesi pelantikan Pengurus Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario periode 2019 – 2022 dipandu oleh Andreas Daris Awalistyo diawali dengan penyerahan berkas dari Ketua Lingkungan yang lama Andreas Indra Edy K kepada Ketua DPP Santo Yoseph Palembang C. Wintoko dilanjutkan dengan pembacaan SK Pengangkatan. Kemudian RD. Rakidi menanyakan kesediaan para pengurus baru untuk dilantik setelah itu mereka mengucapkan janjinya. Diteruskan dengan penyerahan SK Pengangkatan secara imbolis oleh Ketua DPP C. Wintoko kepada Theodorus Budi Prihanto Ketua terpilih. Acara dilanjutkan dengan pemberian berkat dan percikan air suci oleh RD. Rakidi, kemudian pemberian ucapan selamat kepada para pengurus baru oleh RD. Rakidi, Pengurus DPH, serta Ketua Wilayah 11 dan diakhir acara dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Theodorus Budi Prihanto, C. Wintoko, Tonius Manalu, F. Sujadiyanto dan RD. Lurentius Raidi.

Sebelum berkat penutup ada beberapa kata sambutan yang disampaikan, diawali oleh Andreas Indra Edy K mewakili pengurus lama yang mengatakan bagi kami pengurus lama sangat banyak hikmatnya dan pengalaman yang telah kami jalani, kami menyadari  banyak kekurangan disana-sini mungkin karena memang pengurus lama dulu agak ramping. Data terakhir Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario terdapat 102 Kepala Kelurga tapi masih banyak lagi yang belum terdata terutama untuk menjangkau daerah yang sangat luas dan besar memang banyak keterbatasan. Mngenai program memang tidak membuat yang muluk-muluk cukup melaksanakan kegiatan di Lingkungan, tugas-tugas di Gereja, Wilayah dan Paroki itu sudah cukup bagi kami dan bersyukur sudah dijalankan dengan baik.

Para Pengurus periode 2019 – 2022 yang dilantik

Theodorus Budi Prihanto Ketua Lingkungan periode 2019 – 2022,  menyatakan pengurus yang baru ini dipilih melalui proses tetapi ” dipilih ” maka tugas seberat apapun kalau dijalankan sendiri pasti berat tetapi karena ada struktural ini kita bisa bersama,  diharapkan umat juga saling timbal balik kalau ada sesuatu dari Paroki, Wilayah kita sama-sama melaksanakan tugas mulia yang diberikan Tuhan dan harus kita kembangkan. Kepenguruan kali ini memang cukup banyak kalau ini bekerja semua mungkin akan ringan dan semua bisa terselesaikan dengan baik, kami tetap akan bertanya dengan pengurus lama agar tetap berkesinambungan.

Sementara itu Ketua Wilayah 11 Tonius Manalu bersyukur karena sudah terpilih Pengurus Santa Maria Ratu Rosari, menjadi pemimpin  baik sebagai Pengurus Lingkungan, Wilayah, DPP yang terkait dengan Gereja adalah betul-betul pelayanan, kalau kita sungguh-sungguh melaksanakan tugas dari Tuhan mudah-mudahan semuanya akan lancar juga sehat.  Harapannya selain tugas-tugas pelayanan mohon nanti anggota Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario  juga aktif di Koor Wilayah.

Umat yang hadir dalam Perayaan Ekaristi dan Pelantikan Pengurus Lingkungan

C. Wintoko Ketua DPP Santo Yoseph Palembang mengucakan terima kasih kepada pengurus lama yang sudah menyelesikan tugasnya, mohon tetap mendampingi dan menyertai pengurus baru dan selamat untuk pengurus baru yang diutus oleh Tuhan dan merupakan berkat bagi kita semua walaupun pengurusnya paling banyak tetapi sesuai dengan pembagian tugasnya mohon dikerjakan jangan menunggu komndo.  Mohon nanti pengurus yang terpilih membuat laporan kepada seluruh umat setiap tahunnya dan 1 kopiannya diserahkan ke Paroki sehingga mempunyai data. Pada kesempatan ini C. Wintoko menyerahkan berkas kepada  Theodorus Budi Prihanto sebagai Ketua Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario periode 2019 – 2022.

Sambutan terakhir dari Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidi yang mengucapkan terima kasih bagi kepengurusan yang baru saja menyelesaikan masa baktinya atas pengorbanan dan kerjasama selama ini yakinlah apa yang dilakukan dalam menjalankan tugas akan menjadi berkat untuk perkembangan umat di Lingkungan ini. Selamat bagi kepengurusan yang baru semoga bisa menjalankan tugas yang dimandatkan Tuhan Yesus dan percayalah Tuhan Yesus tidak akan meninggalkan karena dia akan selalu menolong dan menemani, asal kita sungguh mau bekerjasama maka akan membawa berkat yang melimpah. Kepengurusan periode  ini memang banyak ini dalam rangka pemekaran Lingkungan agar menjadi semakin berkembang,  tetap satu Wilayah tetapi menjadi 3 Lingkungan. Diharapkan seluruh umat di Lingkungan Ratu Rosario ini supaya mendukung apa yang menjadi program besar dari pengurus baru dan semoga kedepan kita berkembang menjadi  semakin maju.

Rangkaian acara pelantikan diakhiri dengan menikmati santap malam dan ramah tamah bersama seluruh umat yang hadir.

Theodorus Budi Prihanto menandatangani berita acara pelantikan

Susunan Pengurus Lingkungan Santa Maria Ratu Rosario Periode 2019 – 2022

Ketua Umum : Theodorus Budi Prihanto

Ketua 1 : Yohanes Richard                                          Ketua 2 : Yakobus Purwanto

Sekretaris 1 : Yohanes Heri Pranoto                         Sekretaris 2 : Lucia Devi Purwaningrum

Bendahara 1 : Yulia Irawati                                        Bendahara 2 : Wanny Sidik Gunawan

 

Bidang Liturgi dan Pelayanan Gereja

Seksi Peribadatan dan Katekese, Koordinator : Yakobus Wakijo

Anggota : Andreas Indra Edy K, Sri Indrayati, Maria Jelita Boru Tinambunan

Seksi Koor, Koordinator : Yohanes Ngatiyo

Anggota : Arie Venti Krismastuti, Pranciskus Sutris, Vinsensius Didit Satriadi, Yohana Supriyati

Seksi Tata Laksana,  Koordinator : Yohanes Edysam

Anggota : Margareta Meilisia

 

Bidang Pelayanan

Seksi Sosial dan Kesehatan, Koordinator : Novendra Dery Elvantoro

Anggota : Thomas Sutoto, Antonius Agus Santoso

Seksi Kematian dan Duka, Koordinator : Alb. Yulius Thamsir

Anggota : FX. Albertus Masoko, Lina Taniawati, Petrus D. Sri Sugiyono

Seksi Bina Anak, Remaja dan OMK, Koordinator : Vitus Vinando

Anggota : Fabianus Puji Purwoko

Seksi pendampingan Keluarga : Paulus Adi Riniarno

Anggota : Victoria Maria Miswanti

Seksi Kewanitaan, Koordinator : Margaretha Ami

Anggota : A. Sri Suprapti, Arneta Dewi, Margaretha Haiti

 

Bidang Umum

Seksi Inventaris Peralatan, Koordinator : Puji Supriyanto

Anggota : Thomas Santoso

Seksi Humas dan Dokumentasi, Koordinator : Cosmas Wibisono

Anggota : Theodorus Nuswantoro

 

Leave a Reply


3 + 3 =