Rapat Pleno DPP 2018

March 3, 2019
Rapat Pleno DPP 2018

RD. Laurentius Rakidi memberikan sambutan

Dewan Pastoral Paroki (DPP) Santo Yoseph Palembang mengadakan rapat pleno untuk menyampaikan laporan kegiatan selama tahun 2018, Sabtu 2 Maret 2019 pukul 15.30 Wib di Gedung Aula Serbaguna Santo Yoseph Palembang. Namun rapat pleno kali ini  mengecewakan karena banyak Pengurus Lingkungan, Pengurus Wilayah dan Kelompok Kategorial dan lain- lain yang tidak hadir sehingga kegiatan yang sudah dilakukan oleh DPP tahun 2018 dan rencana program kerja tahun 2019 belum bisa disosialisasikan dengan baik kepada umat.

Peserta rapat pleno DPP

Dalam sambutannya Ketua DPP Cyrillus Wintoko mengatakan dalam rapat pleno ini Pengurus DPP selama tahun 2018 sudah melaksanakan kegiatan bersama-sama dan nanti masing-masing bidang akan menyampaikan laporannya. Salah satu tugas besar di tahun 2018 adalah tahbisan imam dan program rutin. Nanti setelah semua bidang menyampaikan laporan silahkan ditanggapi dan memberikan masukan dan nanti kalau menyampaikan program kerja tolong dicermati kalau ada program kerja yang terlewati.

Diharapkan apa yang sudah diprogramkan dapat dilaksanakan walaupun sebagian kegiatan tahun 2019 sudah mulai dilaksanakan. Semoga semua yang kita laksanakan di tahun 2018 akan  menjadi penyemngat dalam melaksanakan program kerja tahun 2019.

Peserta rapat pleno DPP

Sementara itu Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidi sebagai Ketua Umum DPP sempat menyoroti tingkat kehadiran peserta rapat pleno yang mengecewakan namun demikian kegiatan ini harus ttap berjalan karena tanggung jawab untuk mengelola Paroki kita terletak dalam diri kita semua bukann hanya DPP atau Pengurus Gereja.

Rapat pleno ini sudah menjadi ketentuan di  Keuskupan Agung Palembang dan Paroki-Paroki diminta setidak-tidaknya diharapkan mengadakan rapat pleno 1 atau 2 kali dalam 1 tahun. Dalam rapat inilah diharapkan kita bisa saling memberikan masukan atau saran atas laporan kegiatan yang sudah dilaksanakan demi pengembangan pelayanan Pengurus DPP. Koordinator Bidang Litugi, Pelayanan, Persekutuan, Pewartaan, Penataan Lingkungan dan Wikayah serta Umum sudah menyiapkan rencana kegiatan atau program untuk tahun 2019, mudaha-mudahan informasi yang sudah disiapkan oleh para Pengurus DPP bisa sampai kepada umat.

Ignas Waning Ketua Wilayah 4 memberikan pertanyaan dan saran

Dalam laporannya RD. Laurentius Rakidi mengatakan sampai akhir tahun 2018 jumlah umat di Paroki Santo Yoseph Palembang sebanyak 6298 jiwa dan 2010 KK. Tenaga Pastoral ada 6 orang, 1 Pastor Paroki dan 5 Pastor Rekan, meskipun ada 6 pastor tapi masih belum bisa melayani umat secara maksimal karena masih banyak tugas-tugas lain yang dipercayakan kepada para Pastor yang diberikan oleh Bapa Uskup. Memang untuk pelayanan Misa bisa diberikan tetapi dalam rangka pelayanan lain misalnya : pengajaran-pengajaran belum berjalan dengan maksimal.

Sofyan Ketua Lingkungan Fransiakus Xaverius sedang mengajukan pertanyaan

Para Koordinator Bidang yang menyampaikan laporan kerjanya yaitu : Koordinator Bidang Liturgi Stefanus Jeffry, Koordinatir Bidang Pelayanan Agustinus Yani, Koordinator Bidang Pewartaan Petrus Rudi Hasmin, Koordinator Bidang Persekutuan Andreas Daris Awalistyo dan Koordinator Bidang Umum Fortunatus Sujadiyanto. Setelah mendengarkan laporan dari para Koordinator Bidang DPP peserta rapat pleno diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan. Ada 7 peserta yang mengajukan pertanyaan dan memberikan saran kepada DPP dan secara umum Pengurus DPP menerima kritikan dan saran yang diberikan serta akan menindaklanjuti.

 

 

Leave a Reply


6 + 6 =