Umat Diajak Merenungkan Jalan Salib

March 9, 2019
Umat Diajak Merenungkan Jalan Salib

Suasana jalan salib di Gereja Santo Yoseph Palembang

Umat Katolik dalam masa Prapaskah ini diajak untuk  merenungkan Jalan Salib Kristus sebagai rangkaian  Aksi  Puasa Pembangunan Tahun 2019 dengan tema : Literasi  Teknlogi dan Keutuhan Ciptaan.  Jalan Salib merupakan jalan  belas kasih, jalan kemurahan hati dan pepulih kerusakan ciptan semesta serta jalan keselamatan. Dengan mengenangkan sengsara dan wafat Tuhan Yesus Kristus umat diajak menyadari tanggng jawab sebagai pengikutNYa yang dipanggil untuk menggunakan kemajuan teknologi demi semakin menghormati dan menghargai keutuhan Ciptaan untuk kesejahteraan hidup bersama. Melalui jalan salib semoga Tuhan membangkitkan semangat, selaras dengan karya penebusan Kristus yang ingin membaharui segenap ciptaan.

Umat mengikuti kegiatan jalan salib dalam masa Prapaskah setiap hari Jumat pukul 17.30

Kegiatan  Jalan Salib di Gereja Santo Yoseph Palembang diadakan setiap hari Jumat pukul 17.30 Wib selama masa Prapaskah dan dihadiri ratusan umat pada hari Jumat 8 Maret 2019 yang dipimpin oleh 2 orang Prodiakon yang secara bergantian berdoa bersama umat melalui 14 perhentian.   14 perhentian dalam jalan salib, yaitu : Yesus dijatuhi hukuman mati, Yesus memanggul salib, Yesus jatuh pertama kalinya di bawah salib, Yesus berjuma dengan BundaNya, Yesus ditolong Simon dari Kirene, Veronika mengusapi wajah Yesus, Yesus jatuh kedua kalinya di bawah salib, Yesus menghibur perempuan yang menangisiNya, Yesus jatuh ketiga kalinya di  bawah salib. Pakaian Yesus ditanggalkan, Yesus dipaku dan disalibkan, Yesus wafat di kayu salib, Yesus diturunkan dari salib dan Yesus dimakamkan.

Seusai Jalan Salib umat diajak untuk mengikuti Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RD. Avien dan didampingi oleh RD. Gono. Dalam homilinya RD. Avien mengatakan masa puasa dan pantang  yang kita lakukan,  membuat kita tidak boleh egois dan sibuk dengan diri kita sendiri tetapi lebih peduli dengan orang lain yang membutuhkan.

Leave a Reply


3 + 4 =