Mengenang Perjamuan Terakhir dan Pelayanan Bagi Sesama

April 14, 2022
Mengenang Perjamuan Terakhir dan Pelayanan Bagi Sesama

Ribuan umat Paroki Santo Yoseph Palembang mengikuti Perayaan Trihari Suci 2022 yang diawali dengan Perayaan Kamis Putih, 14 April 2022 pukul 17.30 Wib dipimpin oleh RD. Silvester Joko Susanto dan pukul 20.00 Wib oleh RD. Yohanes agung Apriyanto. Dalam Perayaan Kamis Putih umat diajak untuk mengenang kebersamaan Yesus dengan murid-muridnya pada perjamuan malam terakhir dan ajaran untuk melayani sesama.

Dalam homilinya RD. Joko Susanto mengajak umat agar mau ikut ambil bagian dan menerima apa yang terjadi di dalam persaudaraan. Perjamuan terakhir yang Yesus alami dan diteruskan oleh Gereja untuk mengenangkan perbuatan Yesus tentang penyerahan diri, bukan hanya menyerahkan Tubuh dan Darahnya tetapi juga memberikan pembelajaran yang luar biasa bagi para murud-muridnya untuk ikut ambil bagian. Pembasuhan kaki tetap menjadi simbol sebagaimana Yesus menerima para muridnya dalam keadaan apapun walaupun kamu semua belum bersih.

Pada Perayaan Kamis Putih dilakukan upacara pembasuhan kaki wakil umat yang merupakan simbol kerendahan hati dan melayani sesama. Ada 2 hal penting yang harus dilakukan umat Katolik yaitu : perintah untuk merayakan Ekaristi dan untuk menghidupi kasih persaudaraan dengan selalu berbuat baik, mengampuni sesama, melayani siapa saja yang membutuhkan.

Seusai Perayaan Kamis Putih dilakukan Perarakan Sakramen Mahakudus yang akan ditahtahkan di Gedung Aula Serbaguna Santo Yoseph Palembang, pukul 21.30 Wib dan dilanjutkan dengan Tuguran yang diadakan mengikuti ajakan Tuhan untuk selalu berjaga-jaga.

Leave a Reply


7 + 2 =