Menghormati Salib dan Memberi Hidup Kepada Sesama

April 3, 2021
Menghormati Salib dan Memberi Hidup Kepada Sesama

Ratusan umat Katolik Gereja Santo Yoseph Palembang mengikuti Perayaan Jumat Agung, 2 April 2021 pada pukul 15.00 yang dipimpin oleh Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SCJ dan pukul 18.00 oleh RD. Joko Susanto Silvester. Peristiwa Jumat Agung didahului dengan kegiatan Jalan Salib dengan pada pukul 09.00 Wib umat merenungkan sengsara Tuhan Yesus.

Jumat Agung merupakan hari di mana umat Katolik memperingati penyaliban dan kematian Yesus Kristus. Peristiwa tersebut mengarah pada Kebangkitan Yesus dan kemenangannya atas kematian serta penghapusan dosa. Perayaan Paskah menjadi puncak terpenting dari perayaan umat Kristiani. Peristiwa tersebut juga mengarah pada Kebangkitan Yesus dan kemenangannya atas kematian serta penghapusan dosa.

Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SCJ dalam homilnya mengajak umat untuk memandang Yesus yang tertikam hatiNya untuk manusia dan tergerak hati kita untuk memberi hidup kepada sesama serta mohon ampun atas dosa-dosa kita. Yesus masih menderita dalam diri kita karena dosa, dalam diri banyak orang karna penderitaan dan dalam diri semua manusia karena harus mati dan Yesus menawarkan kehidupan dengan kematiannya di salib. Marilah kita menghormati salib dan mempersembahkan hidup kita satu sama lain karena kita beriman kepada Yesus yang wafat di kayu salib.

Biasanya dalam Perayaan Jumat Agung umat menghormati Tuhan Yesus secara pribadi namun karena pandemi covid 19 untuk memghindari penularan maka penghormatan secara pribadi ditiadakan. Umat diajak menghormati Tuhan Yesus dengan cara berlutut dan menundukkan kepala juga menerapkan protokol kesehatan selama Perayaan Jumat Agung berlangsung.

Leave a Reply


8 + 7 =