Palembang Menjadi Tuan Rumah Munas Unindo XII Mei 2017

August 13, 2015
Palembang Menjadi Tuan Rumah Munas Unindo XII Mei 2017

OLYMPUS DIGITAL CAMERAPALEMBANG, SONORA

UNIO adalah wadah persaudaraan imam-imam diosessan, untuk tingkat Internasional UNIO Apostolik, sekretariatnya di Roma, untuk tingkat nasional UNIO Indonesia (UNINDO) dan di masing-masing keuskupan,  ada UNIO Keuskupan.  Rm. Simon Margono, Pr  merupakan Ketua Unio keuskupan Agung Palembang menyatakan “ Anggotanya saat ini ada 34 orang dan kegiatannya setiap 3 bulan smengadakan pertemuan rutin dan  setiap 1 tahun  mengadakan retret bersama serta pertemuan-pertemuan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Hari Kamis 4 Juni 2015 berlangsung misa pembukaan launching Unio Indonesia  di Gereja Santo Yoseph Palembang pukul 17.30 WIB dipimpin oleh uskup agung Palembang, Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ yang dihadiri oleh seluruh umat di keuskupan agung Palembang,  pengurus Unio Indonesia, anggota unio keuskupan agung Palembang dan tokoh umat katolik.OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Uskup Agung Palembang, Mgr.Aloysius Sudarso, SCJ mengharapkan agar  seluruh umat katolik  untuk mendukung karena imam diosesan adalah mereka yang bersedia  seumur hidup  memberikan pelayanannya bagi wilayah ini dan mereka siap untuk memberikan diri dengan segala tantangannya.

Paguyuban persaudaraan Imam Projo Indonesia (Unio Indonesia)  setiap 3 tahun  mengadakan Musyawarah Nasional  dan  Munas Unio ke XI  akan dilaksanakan  pada bula Mei 2017 di  Keuskupan Agung Palembang. Palembang dipilih karena anggota unio Indonesia  ingin belajar dan melihat lebih dekat Keusukupan Agung Palembang karena umat katolik yang terpencar di tengah-tengah umat beragama lain tersebar di 3 propinsi. Unio Indonesia ingin belajar bagaimana cara umat membangun persaudaraan sejati dengan umat beragama lain dan bagaimana gereja Keuskupan Agung Palembang bisa hadir di tengah-tengah masyarakat yang mayoritas beragama muslim. Diperkirakan sebanyak kurang lebih 350 s/d 400 imam diosessan menghadiri acara ini yang berasal dari 37 keuskupan di Indonesia.OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tema yang diambil dalam MUNAS UNIO KE XII, yaitu :  “ Imam Berbau Domba “ Imam diosesan  sehati sejiwa bersama umat membangun gereja yg beriman, mandiri dan missioner.

Tema ini lebih merupakan perwujud nyataan  yang disampaikan Paus Fransiskus dalam surat apostoliknya “ sukacita injili “, bagaimana karya misi gereja harus mulai dengan karya terbuka menjumpai umat  dimana saja berada dalam situasi apa saja.  Menjumpai umat dlm pergumulan mereka, apa yg menjadi sukacita mereka, kegembiraan, harapan, berjumpa dan merasakan kebersamaaan. Ini bisa terjadi jika  imam projo dekat dengan umatnya.

Munas dilaksanakan sebagai  ajang bagi imam projo seluruh Indonesia berkumpul bersama untuk mendiskusikan apa yg menjadi keprihatinan dalam kaitannya dengan tugas-tugas perutusan gereja melalui para imam khususnya imam projo.OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ketua Unio Indonesia, Romo Siprianus Hormat, Pr mengatakan : “ Jumlah imam diosessan per Oktober 2014, 2008 org, tersebar di 37 keuskupan di seluruh Indonesia, jumlah ini sangat tidak signifikan karena wilayah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke “.

Dalam kesempatan ini Romo Siprianus mengharapkan agar  kegiatan unio Indonesia mendapat dukungan penuh dari Bapak uskup dan umat karena imam ada hanya mempunyai arti  jika ada umat. Imam projo akan bertumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu sehingga pelayanan gereja indonesia bisa mencukupi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Setelah misa dilanjutkan dengan acara launching Unindo 2017 di halaman gereja Santo Yospeh Palembang. Rangkaian acara diisi dengan kata sambutan dari Ketua Unindo Indonesia, Romo Siprianus Hormat, Pr, Romo Simon Margono, Pr ketua Unio Kapal dan Uskup Agung Palembang, Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ. dilanjutkan dengan persembahan tarian dari SDK Frater Xaverius 2 Palembang.

Dalam kesempatan ini  juga dilaksanakan pengukuhan panitia munas unio 2017 yang diketuai oleh Romo Laurentius Rakidi, Pr dan juga diberikan bantuan operasional  untuk kegiatan Munas Unindo 2017 sebesar 100 juta rupiah

OLYMPUS DIGITAL CAMERAAcara dihadiri oleh uskup agung Palembang, para romo, suster, frater serta seluruh umat di keuskupan agung Palembang berlangsung dengan meriah dan diakhiri dengan santap malam bersama.

 

Sumber : Endah (Radio Sonora Palembang, FM 102,6)

Leave a Reply


7 + 8 =