Umat Paroki Santo Yoseph Palembang Mulai Memasuki Pekan Suci

March 21, 2016
Umat Paroki Santo Yoseph Palembang Mulai Memasuki Pekan Suci

Umat Paroki Santo Yospeh Palembang Memasuki Pekan Suci

             palma 6               palma 3 

Gambar : Prosesi pemberkatan daun palma di Taman Maria

Umat Katolik di seluruh dunia memasuki pekan suci yang dimulai dengan Minggu Palma. Di kota Palembang umat Paroki Santo Yoseph mengikuti Misa Palma hari Sabtu 19 Maret 2016, pukul 17.30 WIB diawali dengan upacara pemberkatan daun palma yang dilaksanakan di Taman Maria, Rm.Laurentius Rakidi, Pr,  berkeliling untuk memberkati daun-daun palma dengan air suci dan umat mengangkat daun-daun palma tersebut.

Acara dilanjutkan dengan prosesi perarakan menuju Gereja Santo Yoseph Palembang diiringi dengan nyanyian oleh Koor Wilayah 9 beserta umat. Upacara perarakan ini menggambarkan kembali ketika Yesus memasuki kota Yerusalem disambut orang banyak, dielu-elukan dan diakui sebagai seorang raja meskipun naik seekor keledai. Hal ini mau menegaskan kepada kita semua bahwa Yesus diterima oleh orang banyak dan hanya segelintir orang yang tidak menerima kehadiran Yesus pada waktu itu.

      palma 4          palma 8

Gambar : Pemberkatan daun palma dan perarakan menuju Gereja

Melalui peristiwa ini menggambarkan bahwa Yesus sungguh-sungguh raja yang rendah hati, mau melayani rakyatnya , raja yang mau menjadi tebusan dosa banyak orang. Kita mengimani dan mengakui bahwa Yesus adalah sungguh-sungguh raja, raja yang mau menyelamatkan kita semua yang menyerahkan diri untuk keselamatan kita semua.

      palma 7         palma 2

Gambar : Umat dalam gereja dan pembacaan kisah sengsara Yesus

Dalam homilinya Rm Rakidi menyatakan : “ Minggu Palma adalah pintu masuk pekan suci, yaitu : Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Paskah dan Paskah. Kita diajak untuk mengkhususkan waktu supaya bisa mengikuti dan memfokuskan perhatian kita untuk merenungkan peristiwa-peristiwa penting dalam hidup Yesus yang rela mati dalam rangka penebusan umat manusia dengan mengikuti misa Tri Hari Suci. Mari kita memasuki pekan suci dengan iman yang mantap, dengan penyerahan total kepada Yesus dan keterbukaan untuk meneladan Dia supaya berkat kebangkitananNya kita  menjadi semakin baik”.

Dalam misa ini umat juga diajak untuk mendengarkan kisah sengsara Yesus Kristus dan misa berlangsung dengan hikmat. Selamat memasuki pekan suci.

   palma 1         palma 5

Gambar : Anggota Koor Wilayah 9

Leave a Reply


9 + 4 =