Dengan Wafat Yesus Membuat Kita Setia dan Bersukacita kepadaNya

March 26, 2016
Dengan Wafat Yesus Membuat Kita Setia dan Bersukacita kepadaNya

Dengan Wafat Yesus Membuat Kita Setia dan

Bersukacita kepadaNya

    salib 10         salib 7

Perayaan Jumat Agung dirayakan umat Paroki Santo Yoseph Palembang dengan penghormatan salib, misa berlangsung sebanyak 2 kali, pukul 15.00 dan 18.00 Wib Dalam misa pukul 15.00 Wib dipimpin oleh Rm. Suprapto, Pr didampingi Rm. Avien, Pr. Misa diawali dengan mendengarkan kisah sengsara Tuhan Yesus dilanjutkan dengan penghormatan salib.

salib 8                    salib 9

Jumat Agung diperingati untuk mengenangkan perjalanan hidup Yesus Kristus yang mengalami sengsara hingga wafat di kayu salib. Untuk menghormati wafatnya maka umat diajak untuk menghormati salib karena Yesus telah mengorbankan dirinya untuk penebusan dosa manusia. Prosesi pembukaan selubung salib dilakukan oleh Rm. Avien mulai dari luar gereja hingga ke dalam gereja. Semua umat boleh menghormati salib dengan cara mencium atau memegang patung Yesus. Satu persatu umat menghormati salib Yesus dari anak-anak hingga orang lanjut usia.

salib 1       salib 6

Penghormatan Salib

Dalam homilinya Rm. Suprapto, Pr mengatakan : “ Kejahatan dan dosa manusia membuat Yesus, sengsara menderita dan wafat di kayu salib tetapi Yesus menerima jalan penderitaan itu dengan sukarela karena jalan itulah yang harus dilalui supaya penyelamatan terjadi pada manusia, pada orang-orang berdosa. Sengsara, wafat dan penderitaan Kristus itu merupakan  jalan penebusan yang dilakukan oleh Tuhan. Kini kita telah ditebus oleh Tuhan lewat sengsara, lewat derita dan wafatnya. Marilah kita senantiasa setia kepadanya dan selalu bersukacita karena Dia.”

salib 4         salib 5

Misa Jumat Agung berlangsung selama kurang lebih 2 jam diiringi dengan kelompok paduan suara Gregorius yang menambah suasana hikmat dalam perayaan ini. Umat yang mengikuti perayaan ini selain di dalam gereja juga ada juga yang duduk luar gereja dibawah tenda, walaupun demikian mereka dapat mengikuti misa ini dengan baik melalui LCD yang sudah disiapkan.

salib 2     salib 3

Kelompok Paduan Suara Gregorius

 

Leave a Reply


3 + 6 =