Kebangkitan Kristus Menjadi Jaminan Kepastian Iman Kita

March 29, 2016
Kebangkitan Kristus Menjadi Jaminan Kepastian Iman Kita

Kebangkitan Kristus Menjadi Jaminan Kepastian Iman Kita

   paskah 1         rm

Upacara Cahaya                 Rm. Suprapto, Pr & Rm. Rakidi, Pr

Minggu 27 Maret 2016 merupakan perayaan hari raya Paskah,  di Gereja Santo Yoseph misa diadakan 2 kali yaitu : pukul 06.00 Wib dan pukul 08.30 Wib. Misa kedua dipimpin oleh Rm. Laurentius Rakidi, Pr didampingi oleh Rm. Guido Suprapto, Pr. Perayaan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus berlangsung dengan meriah terlebih lagi dengan kehadiran sekitar 300 anak-anak yang akan merayakan pesta paskah seusai misa.

      cantemus 3         misdinar

PS. Cantemus                       Misdinar Santo Yoseph

Misa dimeriahkan dengan paduan suara Cantemus yang dipimpin oleh Ibu Helen Pende,  diawali dengan perarakan menuju ke dalam gereja diteruskan dengan upacara cahaya yang dipimpin oleh Rm. Rakidi.

pembawa persembahan ok       pembawa persembahan

Anak-anak sekolah minggu menjadi pembawa persembahan

Dalam kesempatan ini Rm. Guido Suprapto, Pr membagikan makna paskah bagi umat Santo Yoseph Palembang : “ Bagi kita paskah,  perayaan kebangkitan Tuhan adalah hal yang penting bagi kita bukan hanya dipenuhi dan dipahami  tetapi menjadi sebuah keyakinan yang harus kita miliki. Paskah adalah jaminan kepastian akan kebenaran iman kita, dengan kebangkitan Kristus. pengharapan kita dipastikan jadi janganlah berhenti untuk berharap kepada Kristus karena akan terjadi dan akan terselenggara dalam hidup kita. Dengan kebangkitan Kristus kasih kita semakin diteguhkan dan kita membutuhkan pertobatan atau pembaharuan diri terus-menerus  dalam kehidupan sehari-hari.”

       air 2      air suci

Rm. Rakidi memerciki air suci kepada umat

Seusai homili, misa diteruskan dengan pembaharuan janji baptis, kemudian imam berkeliling memerciki umat dengan air suci. Kemudian dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi, umat yang sudah dibaptis secara Katolik boleh menerima komuni dan mereka yang belum dibaptis hanya mendapat berkat saja termasuk anak-anak yang mengikuti misa minggu paskah di Gereja Santo Yoseph Palembang.

      komuni     berkat 1

Rm. Rakidi memberikan komuni & berkat untuk anak

 

Pesta Paskah Anak Santo Yoseph Palembang

Sementara itu untuk memeriahkan Paskah bertempat di Aula Santo Yoseph Palembang Sekolah Minggu mengadakan pesta paskah anak-anak yang diikuti kurang lebih 300 anak.

      rm 1                    anak

Rm. Rakidi membuka pesta paskah     Anak-anak yang ikut pesta

Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang, Rm. Laurentius Rakidi, Pr  sempat menyapa anak-anak dan berdoa bersama untuk membuka acara dengan memberikan pesan paskah : “ Kita mau bergembira bersama merayakan kebangkitan Kristus, dengan pesta ini anak-anak diajak untuk bangkit dalam arti anak-anak diajak menjadi semakin baik dengan belajar sekolah minggu, belajar di rumah dan sekolah, maka mari kita bergembira bersama supaya paskah ini menyemangati dan memberkati kita semua  dalam menjalani hidup ini.”

   anak 2     sulap

Anak bernyanyi & menari                   Atraksi sulap

Acara diisi dengan bernyanyi, menari dan menyaksikan atraksi sulap dan dalam acara ini juga diberikan piala kepada para pemenang dari lomba menghias telur paskah dan keranjang paskah, di akhir acara anak-anak juga mendapat bingkisan.

       piala         pembina

Piala untuk pemenang lomba     Pembina Sekolah Minggu

Leave a Reply


9 + 5 =