Rekoleksi dan Ziarah Pintu Suci Dekanat 1 Palembang

April 4, 2016
Rekoleksi  dan Ziarah Pintu Suci Dekanat 1 Palembang

Rekoleksi  dan Ziarah Pintu Suci Dekanat 1 Palembang

            peserta 3       peserta 2

      Peserta Rekoleksi Dekanat 1

Mengisi Tahun Yubelium Luar Biasa “ Belas Kasih Allah “ Kerasulan Kerahiman Illahi Keuskupan Agung Palembang mengadakan kegiatan rekoleksi dan ziarah pintu suci. Sebelum berziarah umat diajak mengikuti rekoleksi sebagai persiapan menjelang ziarah pintu suci hari Sabtu 2 April 2016 di Gereja Katedral Santa Maria Palembang, pukul 09.00 Wib. Rekoleksi dengan tema : Ziarah Bersama Yesus dan Indulgensi  diadakan hari Minggu, 27 Maret 2016, pukul  10.30 Wib di Gereja Santo Yoseph Palembang, diikuti sekitar 200 umat dari 5 paroki, yaitu :  Sanfrades, Santa Maria, Santo Petrus, Hati Kudus dan Santo Yoseph.

rm.tarsis            rm gun

Rm. Tarsisius Leisubun, MSC        Rm. Gunardi Emmanuel, Pr

Acara rekoleksi ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada para peziarah mengenai : Tahun Yubelium Cinta Kasih, Ziarah dan Indulgensi. Materi disampaikan oleh 2 orang pastor, yaitu : Rm. Tarsisius Leisubun, MSC dan Rm. Gunardi Emmanuel, Pr.

Rekoleksi berakhir pukul 13.00 Wib dan dilanjutkan dengan Doa Koronka yang dipandu oleh Devosan Kerahiman Illahi.

     peserta 4           devosan

Peserta Rekoleksi Dekanat 1       Devosan Kerahiman Illahi

 

Ziarah Pintu Suci

pintu 1                     pintu 2
           Pintu Suci Gereja Katedral Santa Maria palembang

Hari Sabtu 2 April 2016 pukul 08.30 Wib sekitar 600 umat Dekanat 1 berkumpul di sekitar Rumah Walikota Jl. Tasik Palembang untuk memulai peziarahan ke Pintu Suci Gereja Katedral Santa Maria Palembang.  Mereka berjalan menuju Gereja Katedral Santa Maria dan sesampainya disana umat satu persatu mulai memasuki Pintu Suci dengan terlebih dahulu berlutut dan membuat tanda salib dengan air suci. Suasana di dalam gereja penuh sesak semua tempat duduk sudah terisi dengan umat Dekanat 1 dan panitia akhirnya mempersiapkan kursi di bawah tenda luar gereja.

     simon         tarsis

Rm. Simon Margono, Pr      Rm. Tarsisius Leisubun, MSC

Pastor Paroki Katedral Santa Maria Palembang, Rm. Simon Margono, Pr membuka acara dengan penjelasan seputar gereja Katedral Santa Maria Palembang dan ucapan selamat datang pada seluruh peziarah.  Rangkaian acara dilanjutkan dengan ibadat dan sakramen tobat yang dipimpin oleh Rm. Tarsisius Leisubun, MSC, setelah itu satu persatu umat mulai melakukan pengakuan dosa secara pribadi yang dilayani oleh sekitar 16 pastor. Setelah pengakuan dosa umat diajak untuk  Doa Koronka dipandu oleh devosan kerahiman Illahi  dan diteruskan dengan Perayaan Ekaristi.

     peserta 1       peserta 3 

Umat di dalam gereja                Umat di luar gereja

“ Sakramen tobat membuat kita menjadi manusia baru, menjadi  orang yang terbuka akan kehadiran Tuhan dan kita berbagi belas kasih dengan semua orang  di sekitar kita, kita mohon kepada Tuhan agar punya keberanian  untuk mewartakan kabar sukacita Injil lewat karya pelayanan yang dibagikan dan tutur kata dan perbuatan kita, semoga Paskah kebangkitan ini membuat kita bangkit menjadi manusia-manusia baru yang berani mewartakan kabar sukacita tekun, teguh, ulet dan sabar,” ungkap Rm. FX. Edi Prasetyo, Pr.

antri 2        antri 1

Umat menunggu giliran untuk pengakuan dosa

Setelah itu umat diajak untuk novena kerahiman Illahi yang dipimpin oleh Rm. Gunardi Emmanuel, Pr. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Rm. FX. Edi Prasetyo, Pr, didampingi oleh Rm. Simon Margono, Pr, Rm. Tarsisius Leisubun, MSC, Rm. Gunardi Emmanuel, Pr dan Monsinyur Aloysius Sudarso, SCJ.

     gun         misa 1

Rm. Gunardi , Pr                       Perayaan Ekaristi

“ Terimakasih atas kunjungan umat Dekanat 1 dan semoga pengalaman iman ini bisa disebarluaskan kepada umat yang lain sehingga semakin banyak umat yang berziarah  ke Pintu Suci Gereja Katedral Santa Maria dalam rangka tahun belas kasih,” kata Pastor Paroki Gereja Katedral Santa Maria Palembang Rm. Simon Margono, Pr.

     edi                   komuni 1

Rm. Edi menyampaikan homilinya        Umat menerima komuni

Uskup Agung Palembang, Monsinyur Aloysius Sudarso, SCJ yang hadir dalam misa ini berpesan, semoga dengan devosi anda sekalian hari ini  juga semakin memancarkan wajah gereja yang penuh belas kasih untuk keluarga, anak-anak, suami istri dan terhadap semua orang, maka marilah kita penuh syukur kepada Tuhan atas hari ini dan hari Minggu Kerahiman Illahi dengan demikian Gereja semakin memancarkan wajah Allah yang kita imani dalam Yesus Kristus yang bangkit dan hidup menerangi kita semua.

komuni 2           uskup                    Umat menunggu komuni          Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ

Ziarah pintu suci berakhir pukul 13.00 Wib membawa pengalaman iman bagi seluruh umat yang mengikuti peziarahan hari ini dan semoga bisa semakin meneguhkan iman kita.  Semua umat Katolik diundang  untuk melakukan ziarah ke Pintu Suci Suci Gereja Katedral Santa Maria, Jl. Tasik Palembang.

devosan 1         devosan 2

Devosan Kerahiman Illahi

 

 

Leave a Reply


3 + 2 =