Umat Gereja Santo Yoseph Palembang Pesta Kerahiman Illahi

April 4, 2016
Umat Gereja Santo Yoseph Palembang Pesta Kerahiman Illahi

Umat Gereja Santo Yoseph Palembang Pesta Kerahiman Illahi

       yesus                santo
      Gambar Yesus            Santa Faustina, Santo Paulus II,

Santo Yohanes   Paulus XXIII

“ Aku mau supaya ada Pesta Kerahiman, Aku mau supaya gambar itu  diberkati secara mulia pada Hari Minggu Pertama sesudah Paskah. Hari Minggu ini harus menjadi Pesta Kerahiman,” pinta Yesus kepada Santa Faustina dari Polandia pada penampakannya tanggal 22 Februari 1931. Permintaan Yesus ini baru terwujud pada tahun 2000, ketika Bapa Suci Santo Paulus II menetapkan Hari Minggu setelah Minggu Paskah sebagai Minggu kerahiman Illahi. Sejak saat itu Gereja universal secara resmi merayakan Pesta Kerahiman Illahi.

    tahta       mahakudus

Pentahtahan Sakramen Mahakudus

Kepada Santa Faustina Yesus berjanji untuk menganugerahkan pengampunan penuh atsa dosa dan penghukuman pada Pesta Kerahiman Illahi.  Paus (Santo)  Yohanes Paulus II tanggal 13 Juni 2002, memaklumkan bahwa Gereja memberikan Indulgensi-Pengampunan, baik penuh maupun sebagian, kepada mereka yang mempraktekkan Devosi Kerahiman Illahi dengan syarat-syarat yang ditetapkan gereja.

perarakan          misa1

Perarakan                       Suasana di dalam Gereja

Umat Paroki Santo Yoseph Palembang tidak ketinggalan untuk merayakan Pesta Kerahiman Illahi, Hari Minggu 3 April 2016  pukul 08.00 s/d 12.00 Wib diadakan Sakramen Tobat dan pukul 12.00 s/d 14.45 Wib upacara pentahtahan Sakramen Mahakudus yang dipimpin oleh Rm. Avien, Pr dan umat dipersilahkan untuk berdoa di hadapan Sakramen Mahakudus.

   rakidi pimpin misa                   Koor Kerahiman Illahi & Lingkungan Titus

Rm. Avien, Rm. Rakidi, Rm. Tarsis      Koor Kerahiman & Titus

Perayaan Pesta Kerahiman Illahi dimulain pukul 15.00 Wib yang dihadiri oleh para suster, frater dan umat Santo Yoseph Palembang. Di dalam Gereja sendiri terlihat dengan foto Yesus, Santa Faustina, Santo Paus Paulus II dan Santo Paus Yohanes Paulus XXIII. Acara diawali dengan perarakan misdinar, foto Yesus, prodiakon dan imam menuju ke dalam Gereja setelah itu melakukan Doa Koronka bersama-sama. Misa dipimpin oleh Rm. Laurentius Rakidi, Pr didampingi oleh Rm. Avien, Pr dan Rm. Tarsisius Leisubun, MSC, diiringi lagu-lagu dari anggota koor Kerahiman Illahi dan Lingkungan Titus.

    avien              berkat gambar

Rm. Avien, Pr berkotbah         Imam memberkati gambar Yesus

Dalam homilinya Rm. Avien, Pr mengatakan, “ Kita bangga sebagai orang Katolik karena punya keselamatan yang datang dari Tuhan, ada sakramen sebagai tanda dan keselamatan. Dengan merayakan pesta kerahiman kita ingin berupaya bersama gereja seluruh dunia memberikan obat penawar bagi dunia supaya dosa  bertambah banyak rahmat kita alurkan semakin berlimpah walaupun ini merupakan tugas berat bagi kita tetapi ini menjadi keharusan dan kepantasan bagi kita orang-orang yang sudah diselamatkan .  Semoga kita menjadikan Devosi Kerahiman Illahi ini sebagai doa kita yang rutin dilakukan untuk sarana paling ampuh menjaga diri kita sendiri supaya tetap setia kepada Tuhan dan membagikan rahmat Tuhan bagi dunia ini.”

       benda suci faustina               umat benda suci

Benda Suci Santa Faustina          Umat menghormati benda suci

Tidak lupa pula dalam kesempatan ini imam memberkati gambar Yesus dan umat memegang gambar tersebut. Sebelum perayaan berakhir diperlihatkan juga benda suci Santa Faustina yang sudah diberkati oleh Rm. Rakidi, Pr dan umat diberi kesempatan untuk memberikan penghormatan secara khusus. Rangkain perayaan Pesta Kerahiman Illahi diakhiri dengan menikmati snack bersama yang sduah disiapkan oleh panitia.

   umat 2         umat 1

Umat di dalam gereja              Umat di samaping gereja

Semoga dengan perayaan pesta kerahiman Illahi kita sungguh biasa merasakn Kerahiman Allah yang berbelas kasih dan kita dimampukan untuk berbelas kasih kepada sesama sehingga membuat dunia ini menjadi  rukun, damai dan bahagia

Leave a Reply


7 + 3 =