Umat Paroki Santo Yoseph Palembang Ziarah ke Pintu Suci

October 8, 2016
Umat Paroki Santo Yoseph Palembang Ziarah ke Pintu Suci

ziarah-1          ziarah-2         ziarah-4

Rekoleksi umat wilayah 3 dan 4 bersama  Rm. Gunadi sebelum melakukan ziarah

Tahun Yubelium Luar Biasa “ Belas Kasih Allah “ yang berlangsung 8 Desember 2015 sampai 20 Nopember 2016 dimanfaatkan dengan baik oleh  Paroki Santo Yoseph Palembang, setiap bulan umat  diundang untuk  mengadakan ziarah ke Pintu Suci Gereja Katedral Santa Maria Palembang juga dalam rangka pesta emas Paroki Santo Yoseph untuk umat di Paroki Santo Yoseph Palembang yang dimulai tgl. 21 Mei 2016 untuk wilayah  1 terdiri dari : Lingkungan Santa Agnes, Lingkungan Santa Agatha serta Linfkungan Santo Paulus  dan  wilayah 2 terdiri dari Lingkungan Santo Donatus, Lingkungan Santa Rosa serta Lingkungan Santa Bernadeth.

Umat Wilayah 3 dan 4

Untuk wilayah 3 yang terdiri dari : Lingkungan Santo Agustinus, Lingkungan Santa Maria Ratu Damai serta Lingkungan Santo Yohanes dan wilayah 4 terdiri dari :  Lingkungan Santo Petrus 1, Lingkungan Santo Yoseph 2 serta Lingkungan Santo Yohanes Paulus II melakukan ziarah pintu suci pada hari Sabtu 4 Juni 2016, mulai pukul 08.00 Wib mereka sudah berkumpul di aula Katedral Santa Maria Palembang untuk mengikuti rekoleksi  yang dibawakan oleh Romo Gunadi. Setelah rekoleksi selesai umat  diajak masuk ke dalam gereja untuk melakukan pengakuan dosa yang dilayani oleh  7 orang imam,  sesudah selesai pengakuan dosa umat mulai memasuki pintu suci Gereja Katedral Santa Maria Palembang. Sekitar 120 orang mengikuti ziarah ini juga dihadiri oleh  murid-murid SDK Frater Xaverius 2 kelas 4, 5 dan 6 yang sudah menerima komuni sekitar 80 anak beserta gurunya, sebelumnya mereka mengadakan rekoleksi di sekolah pukul 07.30 Wib yang dipimpin oleh Frater Diakon Sigit, SCJ.

             ziarah-3              ziarah-5
                             Umat wilayah 3 dan 4 memasuki pintu suci

Umat Wilayah 5 dan 6

Sementara itu hari Sabtu 23 Juli 2016 giliran wilayah 5 dan 6 yang melakukan kegiatan tersebut  mulai pukul 08.30  Wib.  Sekitar 100 umat mengikuti acara  ziarah pintu suci tersebut yang berasal dari wilayah 5 terdiri dari :  Lingkungan Santo Aloysius,  Santo Fransiskus Xaverius, Santa Regina dan wilayah 6 terdiri dari :  Lingkungan Santa Elizabeth, Lingkungan Mgr. Sugiyopranoto serta Lingkungan Santo Timotius.  Acara diawali dengan rekoleksi singkat bersama Rm. Paulus Guntoro, SCJ bertempat di aula gedung Santa Maria mulai pukul 09.00 Wib. Dalam rekoleksi ini Rm. Guntoro mengulas mengenai Porta Santa dilanjutkan dengan tanya jawab.  Setelah rekoleksi umat diajak untuk melakukan sakramen tobat sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan Indulgensi (pengampunan penuh)  yamg dilayani oleh 5 orang pastor.

 doa2      doa1      doa3
Umat wilayah 5 dan  6 sedang menunggu giliran untuk melakukan sakramen tobat

Selanjutnya semua umat diajak  untuk  memasuki pintu suci dan mengikuti perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Rm. Paulus Guntoro, SCJ. Dalam homilinya Rm. Guntoro mengatakan untuk mendapatkan indulgensi lakukanlah ziarah  ke tempat yang sudah ditentukan,  karena berziarah merupakan jalan menuju pertobatan. Ziarah merupakan kesadaran diri dan perlu meluangkan waktu untuk menemukan sesuatu. dengan melakukan peziarahan akan menemukan jalan menuju pertobatan.  Seusai rekoleksi seluruh peserta ziarah masuk ke dalam Gereja untuk melakukan Sakramen Tobat, memasuki pintu suci serta mengikuti perayaan Ekaristi dengan menerima komuni suci dan  kegiatan berakhir pukul 13.30 Wib.

Jalan Salib Lingkungan Mgr. Sugiyopranoto

jalan-3        jalan-2        salib1
Umat Lingkungan Mgr. Sugiyopranoto mengadakan jalan salib

Setelah melakukan ziarah ke pintu suci Katedral Santa Maria Palembang, sebanyak 25 orang umat dari Lingkungan Mgr. Sugiyopranoto berkunjung ke Gereja Santo Petrus Kenten untuk mengadakan Jalan Salib. Pukul 15.30 Wib rombongan yang dipimpin oleh Bapak FX. Sukarman tiba di lokasi dan langsung melakukan prosesi jalan salib mulai dari perhentian pertama sampai perhentian ke 14 untuk ikut mengenangkan kisah sengsara Yesus hingga disalib. Acara jalan salib berakhir pukul 16.30 Wib diakhiri dengan foto bersama seluruh umat yang ikut serta.

Umat Wilayah 7 dan 8

ziarah-3      ziarah-7       ziarah-8

Umat wilayah 7 dan 8 berlutut terlebih dahulu sebelum masuk ke pintu suci

Kegiatan ziarah pintu suci terus berlanjut kali ini  sebanyak 114 umat dari wilayah 7 dan 8  melakukan kegiatan tersebut hari Sabtu tgl. 13 Agustus 2016. Rekoleksi diikuti oleh umat wilayah 7 terdiri dari Lingkungan Santa Maria Magdalena,  Lingkungan Santo Stefanus, Lingkungan Santa Theresia dan Lingkungan  Santo Thomas, wilayah 8 terdiri dari Lingkungan Santo Beda dan Santo Emmanuel 1,2,3, acara dimulai pukul 08.30 Wib diawali dengan  rekoleksi singkat yang dipimpin oleh Rm. Avien, Pr sampai pukul 10.15 Wib. Dalam rekoleksinya Rm. Avien mengatakan tahun luar biasa diidentikan dengan  belas kasih Allah karena dunia dengan segala isinya kehilangan rahmat dan harus didatangkan secara berlimpah supaya Gereja menampakkan wajah belas kasih Allah dengan meneladan Yesus. Tak lupa umat diberi kesempatan untuk melakukan sharing dan tanya jawab.

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Rm. Avien Pr dan dalam homilinya menyatakan “ Rahmat sakramen tobat yang sudah kita terima membuat kita memberikan relasi dengan Allah berupa penebusan dan dapat kita pakai sebagai sarana untuk untuk mengampuni mereka yang bersalah kepada kita dan mendoakan mereka yang menguji kita dan memohon ampun bagi mereka yg merencanakan celaka kita supaya yang keluar dalam diri kita berkat dari Tuhan “.

Ziarah Umat Wilayah 9 dan 10

ziarah-1      ziarah-5       ziarah-4
Pastor Paroki Gereja Katedral Santa Maria menyambut umat wilayah 9 dan 10 di depan pintu suci

Hari Sabtu 17 September 2016 kegiatan ziarah pintu suci diadakan untuk wilayah 9 terdiri dari Lingkungan Santo Blasius, Pater Leo Dehon, Lingkungan Romo Sanjoyo serta Lingkungan Santa Monica dan wilayah 10 terdiri dari Lingkungan Santo Titus, Lingkungan Santo Antonius dan  Lingkungan Santa Lucia, kurang lebih 140 umat hadir. Acara ziarah pintu suci disi dengan rekoleksi singkat  di Gereja Katedral Santa Maria Palembang yang dipimpin oleh Rm. FX. Edy Prasetya, Pr yang diselingi dengan sesi sharing dan tanya jawab. Setelah mengikuti rekoleksi uamt diajak untuk melakukan Ibadat tobat, Sakramen Tobat yang dilayani oleh 6 orang imam.  Kegiatan yang tidak kalah penting ketika umat memasuki pintu suci Gereja Kaedral Santa Maria Palembang yang disambut oleh Rm. Simon Margono, Pr selaku Pastor Paroki. Satu persatu umat berlutut terlebih dahulu sebelum masuk melalui pintu suci untuk mengikuti perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang Rm. Laurentius Rakidi, Pr  didampingi oleh Rm. Yustinus, Pr. Dalam homilinya Rm. Rakidi mengatakan “ Melalui ziarah ke pintu suci ini dan melalui terang sabda Tuhan yang dikumandangkan kepada kita,  mari kita jadikan diri kita lahan yang subur untuk bertumbuhnya benih sabda Allah, untuk bertumbuhnya semangat kasih, supaya akhirnya di dunia ini banyak orang yang bisa merasakan kasih dari Allah karena kehadiran kita semua “.

ziarah-2       rm-rakidi       komuni-1

Sesi tanya jawab                       Rm. Rakidi memimpin misa          Umat menerima komuni

 

 

 

 

Leave a Reply


3 + 6 =