Umat Wilayah Paroki Santo Yoseph Mengikuti Rekoleksi Keluarga

October 12, 2016
Umat Wilayah Paroki Santo Yoseph Mengikuti Rekoleksi Keluarga

Dalam rangka pesta emas Paroki Santo Yoseph Palembang diadakan berbagai kegiatan salah satunya rekoleksi keluarga yang mulai dilaksanakan tgl. 21 Februari  s/d 27 Nopember 2016. Rekoleksi keluarga   dipimpin oleh Romo Guntoro, SCJ  didampingi oleh Tim Kerasulan Keluarga.

wil-2      wil-3     wil-7

Tim Kerasulan Keluarga                    Umat wilayah 7                            Sharing keluarga

Untuk wilayah 7 Kegiatan diadakan hari Minggu 24 Juli 2016  di SMP Frater Xav.1 Kamboja, wilayah 7 terdiri dari Lingkungan Santo Stefanus, Lingkungan  Maria Magdalena, Lingkungan Santa Theresia, Lingkungan Santo Thomas dihadiri oleh kurang lebih 40 orang, juga dihadiri oleh Ketua Wilayah 7  Yohanes Sunaryo.

wil-5       wil-6        wil-1

Umat wilayah 7 mengikuti diskusi kelompok dan presentasi kelompok

Yakobus Salim ketika menyampaikan kata sambutannya mewakili Rm. Paroki dan DPP Santo Yoseph Palembang mengucapkan terimakasih kepada tim yang sudah mempersiapkannya dan rekoleksi sudah dilaksanakan sebanyak 7 kali, diharapkan dengan mengikuti kegiatan rekoleksi ini kita bisa berkembang dari segi rohani.  Acara diisi dengan pemberian materi oleh Rm. Guntoro, SCJ, sesi sharing kelompok dan perayaan Ekasristi, Sessi sharing keluarga diisi oleh  pasangan Bapak dan Ibu Didik serta pasangan Bapak dan Ibu Anton yang berbagi cerita dalam menjalani kehidupan perkawinannya.

wilayah-3      sharing       wilayah-1
Rm. Guntoro, SCJ                           Sharing keluarga                    Anak-anak wilayah 10

Rekoleksi keluarga untuk wilayah 10 diadakan pada hari Minggu 28 Agustus 2016 bertempat di SMP Frater Xav. 1 Kamboja dihadiri oleh 114 orang terdiri dari anak-anak, orang muda dan orang tua.  Wilayah 10 terdiri dari : Lingkungan Santo Titus, Lingkungan Santo Antonius dan Lingkungan Santa Lucia, hadir juga ketua wilayah 10, Assuan.  Romo Guntoro, SCJ memberikan materi tentang keluarga sebagai Ecclesia Domestica, selain itu dalam rekoleksi ini umat dibagi dalam beberapa kelompok untuk masuk diskusi dan hasilnya akan dipresentasikan bersama-sama, kemudian juga ada sharing keluarga. Yang cukup menarik dalam rekoleksi wilayah 10 adalah keterlibatan anak-anak yang tidak mau kalah dengan orang tuanya untuk menyuarakan isi hatinya dalam diskusi kelompok.  Sharing keluarga disampaikan oleh pasangan Bapak dan Ibu Bernardi dalam kehidupan perkawinannya yang sudah 43 tahun dengan suka dukanya serta pasangan Bapak dan Ibu Frans.

wilayah-7      wilayah-8      wilayah-6

Umat wilayah 10 mengikuti rekoleksi, diskusi kelompok dan presentasi kelompok

Sementara itu rekoleksi keluarga untuk wilayah 3 dan 8 dilaksankan hari Minggu 9 Oktober 2016 bertempat di aula gedung SMP dan SMA Santo Louis Sukabangun Palembang. Umat wilayah 3 terdiri  dari : Lingkungan Santo Agustinus, Lingkungan Santa Maria Ratu Damai serta Lingkungan Santo Yohanes dan umat wilayah 8 terdiri dari : Lingkungan Santo Beda serta Lingkungan Santo Emmanuel 1,2,3  kurang lebih 70 umat yang berpartisiapsi dalam kegiatan tersebut, acara ini juga dihadiri oleh Ketua Wilayah 3, Suwirya dan Ketua Wilayah 8, Supriantoro.

wil-3       wil-4        wil-7
Umat wilayah 3 dan 8 mengikuti rekoleksi dan diskusi kelompok

Tema yang diambil dalam kegiatan rekoleksi keluarga, yaitu :  “ Bersyukur & Berjuang Menjadi Semakin Beriman dan Sehati Sejiwa Dalam Semangat Belas Kasih.” Sebagai pembicara dalam rekoleksi keluarga, yaitu : Romo Guntoro, SCJ didampingi oleh Tim Kerasulan Keluarga Santo Yoseph Palembang. Dalam kata sambutannya Yohanes Maria Budianto,  Ketua Bidang Kerygma (Pewartaan)  mewakili DPP  Santo Yoseph Palembang mengatakan “ Semoga apa yang didapatkan hari ini bisa dibagikan kepada keluarga serta orang-orang terkasih dan kegiatan ini  bisa dilaksanakan dengan baik “.

Kegiatan rekoleksi diawali dengan penyampaian materi oleh Romo Guntoro, SCJ dilanjutkan tanya jawab dan sesi sharing kelompok. Peserta dibagi dalam 5 kelompok dan masing-masing kelompok akan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Acara rekoleksi yang dimulai pukul 09.00 berakhir pukul 14.00 Wib, dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi dipimpin oleh Rm. Guntoro, SCJ.

wil-5      wil-6              wil-2

Presentasi kelompok                                            Rm. Rakidi memberikan kata sambutan

Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang, Rm. Laurentius Rakidi, Pr  yang hadir dalam rekoleksi tersebut berpesan “ Melalui kegiatan ini kita bisa menimba pengetahuan dan pengalaman hidup lewat sharing kelompok, masukan dari Romo Guntoro, Ibu Soedadi dan lain-lain. Kegiatan ini bukan semata mata karena program DPP atau perayaan pesta emas paroki tetapi menjadi kebutuhan supaya semakin   bisa menghayati panggilan hidup kita sebagai orang beriman kepada Kristus dan kalau ada kegiatan lagi bisa  ikut serta yang berguna untuk kehidupan beriman kita “.

 

Leave a Reply


9 + 9 =