3 Anak Mendapat Rahmat Kekudusan

December 22, 2016
3 Anak Mendapat Rahmat Kekudusan

     

Rm. Rakidi memimpin upacara baptisan

Untuk mendidik anak-anak secara Katolik maka anak harus dibaptis terlebih dahulu sehingga secara resmi menjadi Katolik. Baptisan merupakan rahmat yang luar biasa sebagai orang Katolik  karena dengan dibaptis dimasukkan dalam kekudusan Allah  dan harus sungguh-sungguh untuk mempertahankannya. Hari Sabtu 17 Desember 2016 ada 3 anak mengikuti upacara baptisan, pukul 15.30 Wib di Kapel Faustina Santo Yoseph Palembang dipimpin oleh Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang, RD Laurentius Rakidi.

Romo Rakidi dalam homilinya mengatakan “ Semoga sakramen baptis yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada anak-anak kita ini sungguh bisa membawa anak-anak kita bertumbuh dan berkembang  menjadi orang Katolik yang sejati, berguna untuk gereja dan untuk masyarakat pada umumnya serta berbakti pada orang tua”.

  

Prosesi upacara baptisan

Tugas orang tua belum selesai karena ini baru dimulai mempunyai tanggung jawab untuk mendidik anak-anaknya menjadi orang Katolik yang sejati. Orang tua dan wali baptis  diajak untuk konsekuen dengan membiasakan anak terlibat dan mengikuti perayaan Ekaristi setiap hari Minggu. Setelah besar anak diajari untuk membuat tanda salib dan diikut sertakan dalam pendidikan iman Katolik dengan sekolah minggu supaya anak-anak ini berkembang menjadi orang Katolik yang militant dan sungguh-sungguh menguasai ilmu dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Orang tua harus bertanggung jawab terhadap iman anak-anaknya sehingga rahmat baptisan yang diterima semakin bertumbuh dan berkembang dalam kekudusan dan semakin hari semakin baik sehingga anak sungguh bersatu  dalam kebahagiaan surgawi menjadi orang-orang yang berguna.

          

Prosesi upacara baptisan

Prosesi baptisan diawali dengan pemberian tanda salib oleh imam di dahi anak kemudian orang tua juga memberikan tanda salib, setelah itu anak-anak dibaptis dan diberi minyak suci, dalam kesempatan ini anak-anak juga diberi kain putih dan lilin, acara diakhiri dengan pemberian selamat kepada orang tua, wali baptis dan anak yang dibaptis serta foto bersama Romo Rakidi.

Nama baptisan bulan Desember 2016

  1. Gisela Marselin
  2. Christhoper Jacob Zhang
  3. Monica Gresella Vianni

    

Keluarga dan baptisan

Leave a Reply


3 + 8 =