Baptisan Baru Menjadi Anak-Anak Allah

April 8, 2017
Baptisan Baru Menjadi Anak-Anak Allah

Prosesi Penerimaan Sakramen Baptis

Kamis 23 Maret 2017 merupakan hari yang bersejarah bagi 21 calon katekumen Santo Yoseph Palembang karena mereka menerima Sakramen Baptis yang merupakan sakramen pertama yang diterima oleh seorang yang hendak menjadi anggota Gereja Katolik. Misa dipimpin Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidi mulai pukul 18.00 Wib.  Para calon katekumen ini sebelum dibaptis mengikuti pelajaran selama kurang lebih 1 tahun dibawah bimbingan para frater, suster, bapak dan ibu guru, selain itu mereka wajib mengikuti rekoleksi dan pengakuan dosa.

Penerimaan Sakramen Baptis dan Pemberian Minyak Krisma

Melalui pesan homilinya Rm. Rakidi mengatakan “ Peristiwa baptisan merupakan peristiwa iman yang menjadikan anda memiliki hidup Ilahi diangkat martabatnya menjadi lebih tinggi menjadi anak-anak Allah yangn harus disyukuri dalam perkataan dan sikap sehari-hari dan nanti harus menjalankan tugas perutusan ” Setelah homili dilanjutkan dengan upacara sakramen Baptis satu persatu calon baptis maju kedepan untuk menerima baptisan dari Rm. Rakidi. Para baptisan baru juga menerima minyak krisma, kain putih dan lilin bernyala. Dengan menerima sakramen baptis sesorang dilahirkan kembali dalam air dan Roh “.

Pemberian Kain Putih dan Lilin Bernyala

Dalam kesempatan ini ada 1 orang yang mengikuti prosesi penerimaan menjadi umat Gereja  Katolik dan 1 orang lagi mengikuti prosesi penerima hari Jumat 31 Maret 2017,  seusai mengucapkan Doa Syahdat Singkat mereka mendapatkan berkat dan minyak krisma dari Rm. Rakidi sebagai tanda resmi menjadi umat Gereja Katolik Santo Yoseph Palembang.

 

Para Baptisan Baru Menerima Komuni Kudus

Rangkaian sakramen baptis diakhiri dengan foto bersama dan acara ramah tamah serta santap malam bersama di Aula Pastoran yang dihadiri oleh baptisan baru, wali baptis, para pembimbing dan pastor paroki.  Michael Evan Ketua Panitia Syukuran mengucapkan banyak terima kasih untuk semua pihak yang sudah berpartisipasi hingga menerima baptisan. Ketua DPP C.Wintoko, memperkenalkan diri tentang kepengurusan DPP yanga ada sekitar 60 orang, selamat atas perjuangannya selama 1 tahun baptisannya, mudah-mudahan setelah dibaptis menjadi setia dan  lebih baik serta siap mengembangkan cinta kasih untuk menjadi terang diantara sesama dan diharapkan aktif di lingkungan masing-masing.

 

Prosesi Penerimaan Menjadi Anggota Gereja Katolik

Dalam kesempatan Micahel Evan juga menyerahkan cinderamata yang mewakili para pembina, yaitu : Frater Patrik, BHK dan Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang, RD.Laurentius Rakidi dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan santap malam bersama.

Acara Ramah Tamah dan Foto Bersama Baptisan Baru

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply


1 + 1 =