34 Katekumen Baru Dilantik

March 8, 2018
34 Katekumen Baru Dilantik

  

RD. Rakidi memimpin pelantikan calon katekumen

Sebanyak 34 calon baptisan/katekumen Paroki Santo Yoseph Palembang dilantik oleh RD. Laurentius Rakidi dalam Perayaan Ekaristi Minggu 4 Maret 2018 pukul 17.00 Wib. Pelantikan/penerimaan tahap pertama calon katekumen dilakukan sebagai tanda mereka akan memulai pelajaran hingga tiba saat baptisan. Sebelumnya para clon katekumen ini melakukan pertemuan perdana dengan para pembina hari Minggu 4 Februari 2018 di Aula Serbaguna Santo Yoseph Palembang.

   

Suasana misa dan Sr. Petra, FCh menyerahkan calon katekumen

Dalam homilinya RD. Rakidi mengatakan “ Menjadi orang Katolik harus berjuang bersama Kristus untuk membuat hidup kita menjadi semakin baik dan untuk membuat orang menjadi semakin baik.”  Dalam masa pertobatan ini kita diajak untuk kembali menggemakan 10 perintah Allah dan 5 perintah Gereja. Karena melalui 10 perintah Allah kita mempunyai pedoman/aturan untuk menjalani hidud ini terhadap Tuhan dan sesama. Mari kita mohon agar Tuhan memampukan kita semua untuk menekuni dan menghayati hukum keagamaan aturan-aturan yang ada dalam Gereja kita dengan sepenuh hati, sehingga bisa membawa kita semua menjadi semakin berkenan di hadapan Tuhan dan sesama

Prosesi penerimaan diawali dengan penyerahan calon katekumen oleh Sr. Petra, FCh mewakili para Pembina kepada RD. Laurentius Rakidi. Kemudian satu persatu calon katekumen dipanggil oleh RD. Rakidi berdiri di depan altar dan  menanyakan kesiapan para calon katekumen untuk menjadi pengikut Yesus. Dalam kesempatan ini  para calon katekumen juga mendapatkan Alkitab untuk dibaca dan direnungkan serta memperkenalkan kepada seluruh umat yang hadir.

  

Pelantikan calon katekumen

Melalui upacara penerimaan ini diharapkan para katekumen akan semakin memantapkan diri dalam upaya mengikuti Kristus yang telah memanggil mereka/dipilih oleh Tuhan untuk menjadi pengikutNya supaya mendapatkan keselamatan.

 

Leave a Reply


1 + 8 =