Pertemuan Perdana Calon Krisma 2018

July 24, 2018
Pertemuan Perdana Calon Krisma 2018

RD. Laurentius Rakidi memberikan pengarahan dalam pertemuan perdana calon krisma

Sebanyak 100 an calon krisma anak-anak dan remaja mengikuti pertemuan perdana di Aula Pastoran Santo Yoseph Palembang, Minggu 22 Juli 2018. Kegiatan juga dihadiri oleh para pendamping calon krisma dan Pastor Paroki RD. Laurentius Rakidi. Menurut rencana persiapan penerimaan calon krisma  diadakan mulai bulan Juli sampai Nopember 2018.  Sakramen Krisma/Penguatan mempunyai peran penting bagi orang Katolik karena jika belum menerima maka Kekatolikannya belum lengkap.  Melalui persiapan ini para peserta nanti sungguh-sungguh dalam iman, mempunyai pola pikir dan pandangan tentang iman yang sungguh  mantap sebagai orang Katolik yang bisa dipertanggungjawabkan.

Dalam sambutannya RD. Laurentius Rakidi mengatakan persiapan Sakramen Krisma sudah seharusnya dijalani kalau sungguh-sungguh  ingin menjadi orang Katolik yang baik, militant dan bertanggung jawab.  Melalui Sakramen Penguatan  ada 3  target yang haurs  dicapai yaitu :  dewasa dalam iman dan  harus lahir secara baru untuk mengikuti Kristus secara pribadi, menjadi pedoman dan pegangan dalam hidup serta mempunyai  semangat pertobatan dengan mengikuti pola hidup seperti  diteladankan oleh Kristus yang menjadi tanda orang Katolik sejati dan dewasa dalam iman.

Pertemuan calon krisma dewasa di Kapel Santa Faustina

Melalui penerimaan Sakramen Penguatan akan mendapatkan jaminanan keselamatan kalau sungguh-sungguh menghayati Rahmat penguatan. Jaminan keselamatan hanya ada dalam diri Yesus Kristus dengan mengikuti pola hidupnya. Dinyatakan dewasa dalam iman dan diberi mandat untuk menjadi pewarta Injil/kabar sukacita.  Menjadi pewarta Injil juga bisa dilakukan melalui kesaksian  hidup yang benar di tengah masyarakat, tidak mudah tergoda tawaran-tawaran duniawi dan tidak mengikuti pola hidup duniawi. Berani menetang hal-hal negatif yang bisa menghancurkan kehidupan.  Diharapkan melalui proses persiapan ini nantinya bisa menjadi orang Katolik yang semakin berkembang menjadi baik, bijaksana, dewasa dan berkualitas.

Sesudah pembukaan pertemuan perdana calon krisma peserta diajak utnuk saling mengenal satu sama lain, bernyanyi bersama, dibagikan buku pelajaran dan pembagian kelas. Sementara itu untuk pertemuan calon krisma dewasa diadakan di Kapel Santa Faustina bersama pendamping Sr. M.Luisa, FSGM , Bruder Gatot, SCJ dan Fr. M. Ubaldus, BHK.

Leave a Reply


3 + 5 =